Perawatan Untuk Jenis Kulit Kering

Jenis kulit kering juga mirip dengan jenis kulit yang lain. Jenis kulit ini membutuhkan perawatan secara teratur dan lebih rentan serta mudah mengalami penuaan dan beberapa masalah serius lainnya. Kulit kering memiliki pori yang rapat dan terlihat kusam. Juga memiliki warna yang pucat dan mudah terkena iritasi. Mereka yang berkulit kering pasti sering mengalami kulit menjadi kaku, berkerut, dan berbintik.
Jenis kulit ini akan lebih nyaman dengan krim malam, moisturizer dan voila. Mereka yang memiliki jenis kulit kering, memiliki tekstur kulit yang tipis. Ini disebabkan oleh pori-porinya yang sangat rapat. Permukaannya yang berkerut adalah hal yang umum terjadi saat siang hari.
Setiap sehabis dibersihkan, kulit akan terasa sangat kaku. Jadi, sangat dianjurkan menggunakan krim pembersih untuk menyingkirkan kotoran. Biarkan krim tersebut meresap ke dalam kulit sebelum membersihkannya. Kemudian, sapukan secara lembut dengan kapas. Untuk membersihkannya, basuh dengan air dingin dan kulit akan terasa segar. Kemudian gunakan moisturizer berbentuk krim untuk menjaga kelembabannya.
Mereka yang berjenis kulit kering, umumnya akan mengalami berbagai kondisi yang membuat mereka menjadi tidak nyaman saat cuaca panas. Ini akibat kulit yang kehilangan kelembabannya, terutama di bagian dalam. Selain itu, hal ini juga bisa di akibatkan dari dehidrasi atau kekurangan air. Kondisi ini bisa bertambah parah saat terjadi perubahan cuaca dan juga akan terjadi kerutan jika tidak di rawat dengan benar.
Terlalu lama bersentuhan dengan sinar ultraviolet dan air conditioner juga akan menyebabkan kulit mudah kehilangan kelembabannya. Umumnya, kondisi seperti ini akan menjadi lebih parah jika kamu melakukan perpindahan secara langsung sinar matahari, ke ruangan yang ber-ac, atau sebaliknya. Kondisi kulit yang kering akan menjadi lebih parah saat menggunakan sabun, deterjen, dan toner.
Jadi, pendekatan yang lembut dengan cara meningkatkan kelembaban dan membuatnya menjadi lebih lentur sangat di anjurkan. Perawatan sehari-hari untuk kulit kering adalah menggunakan krim pelembab. Akan lebih baik lagi jika moisturizer tersebut mengandung Sun Protection Factor (SPF). 
Angka yang terdapat pada SPF, mengindikasikan lamanya waktu untuk kulit tetap terlindungi. Misalnya, kulit mu biasanya akan terbakar setelah 5 menit. Maka SPF 15 akan melindungi mu selama 15 x 5 menit = 75 menit. Akan tetapi, meski moisturizer dengan SPF yang tebal sangat baik untuk kulit kering, tapi harap diperhatikan bahwa semakin tebal SPF, berarti semakin extreme perlindungannya, dan bisa mengakibatkan iritasi.
Beberapa menit sebelum menggunakan makeup, gunakanlah moisturizer dulu, dan biarkan meresap ke dalam kulit. Perawatan yang khusus untuk kulit kering harus di lakukan, terutama saat malam hari. Membersihkan makeup adalah hal yang sangat penting. Pertama, bersihkan makeup di bagian mata menggunakan krim penghapus makeup. Ini akan membantu mengurangi kekeringan pada area tersebut.
Kemudian lanjutkan dengan pembersih wajah (facial cleanser). Biarkan cleanser selama beberapa menit sebelum membersihkannya. Ini dilakukan dengan tujuan agar makeup dan debu bisa hilang dengan sempurna. Lalu, basuh wajah dengan pembersih yang lembut. Ingat, gunakanlah selalu glycerin atau pembersih wajah, itu akan mempertahankan kelembaban kulit anda.
Dan yang terarkhir, gunakan krim malam yang tebal untuk menutup dan mencegah agar kelembaban kulit tidak hilang, dan menyediakan minyak untuk kulit bagian luar. Krim malam sebaiknya di biarkan sepanjang malam. Akan tetapi, untuk mereka yang merasa kurang nyaman dengan anjuran tersebut, bisa membersihkannya dengan air hangat setelah di diamkan setidaknya selama 2 jam. Hal penting lain yang bisa dijadikan sebagai tambahan untuk perawatan kulit kering ini adalah dengan mengkonsumsi kapsul minyak ikan dan vitamin E.
Beberapa hal berikut ini sangat penting untuk di mengerti dan di perhatikan, agar kulit kering mu tetap sehat dan indah:
  1. Pada saat cuaca panas, kulit jadi lebih mudah kering. Ini disebabkan oleh udara panas yang bisa menghilangkan kelembaban alami yang berada di dalam kulit. Meresponnya dengan cara mengeringkan kulit, malah akan membuatnya bertambah parah. Untuk mengembalikan kelembabannya, sangat di anjurkan untuk mencari udara yang lebih sejuk, dan membiarkan kelembabannya kembali secara alami.
  2. Sinar matahari bertindak sebagai agen yang berbahaya bagi kulit, terutama untuk jenis kulit kering. Karena itu, kulit seharusnya mendapat perlindungan dari berbagai bahan yang tidak memberi efek negatif pada kulit. Carilah produk yang mengandung sun protection. Selain matahari, angin juga berperan negatif terhadap kulit.
  3. Selalu gunakan air untuk mempertahankan kelembaban yang terdapat di dalam kulit. Kopi, bisa mengurangi kelembaban kulit, dan membiarkannya terdehidrasi.
  4. Berendam terlalu lama dengan air busa adalah hal yang tidak baik bagi kulit. Akan lebih baik jika menggantinya dengan oil.
  5. Beberapa bagian kulit bisa mengalami efek yang sangat tidak menyenangkan jika dibiarkan terlalu kering. Misalnya di daerah sekitar kuku, yang dikenal sebagai cuticless. Kekeringan di dareha ini akan mengakibatkan bintik pada kuku, dan akan sangat terlihat bila kekurangan moisturizer. Bagian-bagian ini seharusnya tidak boleh di biarkan kering. Gunakan lotion untuk melebabkannya.
  6. Gunakan moisturizer setiap hari.
  7. Selalu gunakan tabir surya.
  8. Makanlah buah, yoghurt, sayuran, dan minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.
  9. Cobalah gunakan krim malan untuk memperbaiki kulit.
  10. Beri perhatian yang lebih pada area sekitar mata.
  11. Jangan biarkan kulit terlalu lama terkena sinar matahari.
  12. Jangan menggosok kulit saat menggunakan atau menghilangkan makeup, itu akan menyebabkan kulit menjadi mudah berkerut.
Fakta telah membuktkan bahwa tidak ada resep yang permanen untuk jenis kulit kering. Tapi, dengan beberapa ramuan dan pelembut yang tepat, bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan lotion dan krim yang banyak tesedia di pasaran.
Untuk menghilangkan masalah kekeringan yang bersifat sementara, gunakan sabun yang ringan atau lotion pembersih tubuh. Cara ini terkadang juga tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan, jika kulit memiliki masalah secara genetik atau sangat kering. Seluruh proses ini bisa dilakukan di rumah, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli produk-produk kecantikan yang mahal.
Ada beberapa cara untuk memanjakan kulit kering:
  1. Gunakan masker yang terbuat dari buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan air. Ada banyak jenis buah yang bisa di gunakan untuk melakukan ini. Misalnya nenas dan pepaya.
  2. Untuk hasil yang lebih berkilau, gunakan avocado.
  3. Setelah menggunakan masker, gunakan lotion yang lembut atau bahkan moisturizer. Inii akan mengembalikan kelembaban yang telah di peroleh saat menggunakan masker. Moisturizer yang berbentuk minyak sangat di anjurkan.
  4. Saat menggunakan moisturizer, mulailah dengan gerakan sirkulasi dari bawah ke atas setiap kali menggunakannya.
  5. Untuk merasa segar di pagi hari, sangat dianjurkan untuk menggunakan krim malam yang mengandung alpha hydroxyl acids. Di anjurkan juga untuk menggunakan krim malam yang berminyak yang akan bekerja lebih lama dibanding moisturizer biasa.
  6. Untuk perawatan dari dalam, gunakan vitamin A, B, dan E.
  7. Kelembaban di dalam kulit bisa di dapat melalui sayuran.
  8. Jumlah air yang cukup akan sangat menjaga kesegaran tubuh. Atau bisa juga dengan meminum jus untuk melembutkan kulit.
  9. Beberapa ramuan misalnya mawar air, minyak almond, madu, minyak zaitun juga baik untuk digunakan sebagai masker
  10. Pijat harian atau facial sauna bisa memberikan efek yang dramatis pada kulit.
  11. Selalu gunakan pengharum yang lembut atau bebas sabun untuk mendapatkan penampilan yang lebih mempesona.
  12. Gunakan jell yang terbuat dari lidah buaya, minyak ikan cod atau vitamin E untuk hasil yang lebih efektif.
  13. Campur dua sendok makan madu dengan dua sendok susu untuk membuat pasta. Usapkan pada wajah sampai leher, dan biarkan selama 5 menit. Bersihkan dengan air hangat.
  14. Buatlah pasta di campuran apricot dan minyak zaitun yang hangat. Gunakan pada wajah dan biarkan selamat 10 menit, lalu bersihkan dengan air.
  15. Setelah mandi, gunakan baby oil atau vaseline untuk mendapatkan rasa seperti berminyak.
  16. Untuk kulit yang sangat kering, gunakan krim malam yang terbuat dari minyak mawar sebanyak 3-4 mg perhari. Butuh waktu sekitar dua minggu untuk mulai melihat hasilnya.
  17. Gunakan mimyak almond pada seluruh tubuh dan gunakan tiap hari. Pijat dengan lembut sampai meresap ke dalam kulit. Dan kulit akan menjadi lebih lembut serta kekeringan akan menjadi hilang.
  18. Saat akan tidur, pijat menggunakan minyak almond pada daerah sekitar mata
  19. Gunakan minyak almond setiap hari pada daerah siku dan lutut, dan anda akan melihat hasilnya setelah dua minggu.