Cream dan Lotion Anti Jerawat

Saat ini, di pasaran, ada banyak jenis obat dan perawatan untuk jerawat. Krim dan lotion adalah salah satu jenis perawatan jerawat yang paling populer, karena bisa di beli tanpa harus menggunakan resep dokter.
Akan tetapi, sebelum kamu mencoba salah satunya, akan sangat baik jika kamu mencoba untuk sedikit mengerti tentang bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya, bagaimana cara kerjanya, dan efek apa yang akan di berikannya pada kulit. Sebab, kamu tentu tidak ingin melakukan kesahalan saat akan memilih dan menggunakannya. Salah memilih obat, juga bisa memberikan efek yang mungkin tidak kamu harapkan.
Semua cream dan lotion untuk jerawat mempunyai satu kesamaan. Yaitu, mereka bekerja untuk membersihkan jerawat dan menyehatkan kulit. Akan tetapi, bagaimana masing-masing cream dan lotion tersebut bekerja, akan sangat tergantung dari bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya.
Benzoyl peroxide, salicylic acid, sulfur, resorcinol, dan tea tree oil, adalah bahan-bahan utama yang banyak di gunakan pada cream dan lotion untuk mengatasi jerawat. Benzoyl peroxide bekerja dengan cara mengeringkan minyak yang menyebabkan jerawat. Bahan ini membantu membuka pori-pori yang tersumbat, tapi bisa menyebabkan kulit di sekitar menjadi sangat kering.Salicylic acid, juga bekerja dengan cara mengeringkan minyak yang menyumbat pori. Akan tetapi, bahan ini juga telah terbukti mampu mencegah jerawat menjadi pecah dan membantu mempertahankan kondisi pori-pori. Efek negatif dari perawatan ini adalah kulit bisa menjadi ter-iritasi dan membuat kulit menjadi kemerahan, mengelupas, dan tidak nyaman.
Sulfer dan resorcinol adalah dua bahan aktif yang digunakan sebagai campuran. Bahan ini juga mengeringkan minyak yang menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Tapi bahan ini tidak menyebabkan iritasi. Produk yang mengandung bahan ini sangat baik untuk mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.
Tea tree oil adalah bahan aktif yang unik dan banyak di temukan pada cream dan lotion anti jerawat. Bahan ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul sekaligus mampu mengeringkan minyak yang menyumbat pori. Bahan ini juga sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Karena bahan ini mampu menjaga kulit agar tetap lembab selama masa pengobatan.
Karena begitu banyak bahan yang bisa di pilih, itu mungkin akan membuat mu menjadi kesulitan untuk mencari yang terbaik dan sesuai untuk mu. Akan tetapi, setelah kamu mengerti tentang kulit dan jerawat mu, kamu akan mampu mengambil keputusan yang lebih baik, karena didasari oleh informasi yang sudah kamu peroleh.
Langkah pertama yang harus di ambil sebelum memutuskan jenis cream atau lotion mana yang di butuhkan oleh kulit, adalah mengetahui jenis kulit mu. Mereka yang berkulit sensitif, sebaiknya menggunakan produk yang mengandung tea tree oil. Sebab, bahan tersebut tidak membuat kulit menjadi kering. Sedang untuk mereka yang menderita jenis jerawat berat, mungkin ingin menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, yang memiliki kemampuan lebih kuat dan memberikan hasil yang lebih baik.
Langkah kedua adalah memutuskan keuntungan lain apa yang kamu inginkan dari hasil perawatan. Beberapa produk menawarkan bahan-bahan yang mampu mengurangi penampakan bekas-bekas yang ditinggalkan oleh jerawat. Ada juga produk yang mengandung bahan yang akan meningkatkan kelembaban kulit agar terasa dan terlihat lebih halus. Bacalah labelnya, dan pilihlah perawatan tambahan yang terbaik untuk mu.
Dan akhirnya, apapun jenis kulit ataupun jenis jerawat mu, kamu pasti ingin memilih produk yang sesuai dengan jadwal mu. Beberapa jenis cream dan lotion anti jerawat, harus di gunakan sebanyak 3 kali sehari agar hasil yang di dapat sesuai dengan yang di harapkan. Sementara produk lain hanya perlu di gunakan sesaat sebelum tidur.
Beberapa jenis perawatan hanya membutuhkan satu langkah untuk membersihkan kulit. Sementara jenis lainnya membutuhkan 3 sampai 4 jenis produk untuk mendapat hasil yang maksimal. Dengan memilih jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup mu, kamu bisa tetap mempertahan gaya hidup tersebut sambil terus melakukan perawatan kulit.
Apapun jenis cream dan lotion anti jerawat yang akan kamu pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, yaitu:
  • Bahan aktif yang terdapat di dalamnya bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Untuk melindungi kulit menjadi terbakar dan dari efek negatif yang di timbulkan oleh sinar matahari, selama masa perawatan kamu perlu menggunakan tabir surya yang mengandung setidaknya 15 SPF.
  • Jika di labelnya tertulis bahwa perawatan seharusnya dilakukan satu kali sehari, jangan meningkatkan frequensinya. Beberapa orang beranggapan bahwa semakin tinggi dosis, semakin baik. Akan tetapi, karena bahan yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan iritasi, maka sebaiknya ikuti anjuran yang tertera pada label.
  • Meski bahan aktif tersebut bekerja dengan cara membuka pori, tapi bahan tersebut tidak bisa bekerja dengan efektif bila kulit dalam keadaan kotor. Jadi, selalu bersihkan wajah dengan sabun yang ringan dan air hangat sebelum menggunakannya.
Dengan mengikuti beberapa tips dan diatas, dan memilih cream serta lotion yang sesuai, kamu bisa mengontrol jerawat dan menikmato kulit yang lebih sehat dan cantik.