Jerawat

Jerawat adalah penyakit kuit yang umum di jumpai. Di usia dan waktu-waktu tertentu, semua orang pasti akan mengalami penyakit kulit yang menjengkelkan dan menyusahkan ini.
Jerawat juga bisa terjadi kapan saja. Tapi umumnya, para remaja yang akan sering mengalaminya. Jerawat bisa menjadi ganguan yang sangat serius. Sebab, jerawat bisa memberikan banyak sekali efek yang tidak menyenangkan.
Baik secara fisik, seperti mengurangi kecantikan, rasa sakit, pedih, nyeri, dan meninggalkan bekas yang sulit dihalangkan. Maupun efek secara mental dan emosinal, seperti menjadi pemalu depresi, rendah diri, dan susah untuk bergaul.
Nah, untuk mencegah serta mengatasinya, akan sangat baik jika kita mengenali terlebih dulu tanda-tanda munculnya jerawat. Berikut ini tanda-tanda munculnya jerawat:
  • Comedones. Tanda awal kerusakan yang di akibatkan oleh jerawat adalah tertutupnya pori-pori. Dan pada saat awal, kulit tidak terlihat memerah atau seperti terbakar. Tanda awal ini disebut dengan open comedones (blackspecks/blackheads) dan closed comedones atau (whiteheads).
  • Bintik dan bisul. Saat tanda-tanda awal mulai membesar dan memerah, mereka akan berubah menjadi Bintil and bisul (pimples or zits).
  • Nodules. Pada sebagian orang, gumpalan tersebut bisa menjadi sangat besar, ini disebut dengan nodules atau cysts (seperti bisul) dan bisa sangat menyakitkan.
  • Kulit berminyak. Produksi kelenjar minyak meningkat, membuat kulit terlihat dan terasa berminyak.
  • Hyperpigmentation. Setelah kulit memerah, kulit bisa bisa berubah warna menjadi kecoklatan. Ini diakibatkan oleh noda yang di tinggalkan oleh Hyperpigmentation dan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat. Bekas luka ini yang diakibatkan oleh jerawat ini,bisa terjadi pada hampir semua kasus jerawat. Mulai dari yang ringan, sampai yang extreme.
Jerawat adalah penyakit kulit yang umum dijumpai pada hampir semua. Umumnya, semua orang akan mengalami kasus jerawat. Mulai dari yang ringan, menengah, sampai berat. Jadi cuma para remaja yang akan mengalaminya. Kasus jerawat telah ditemukan mulai dari bayi sampai yang berusia lanjut. Tapi memang umumnya, jerawat akan lebih sering ditemukan pada remaja (85-100%) dan yang masih berusia muda (10%).
Faktor jenis kelamin sepertinya juga memberi pengaruh yang berbeda terhadap jerawat. Sebelum memasuki usia puber, jerawat sering muncul dan terlihat pada remaja putri. Sedangkan saat memasuki masa puber, jerawat akan mulai memberi pengaruh, baik pada remaja putra, ataupun putri. Akan tetapi, saat telah menginjak usia dewasa, pria lebih jarang mendapatkannya, di banding wanita.
Jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh manapun, selama disana terdapat kelenjar minyak. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi minyak bagi kulit. Umumnya orang mengalami jerawat di bagian wajah. Tapi kulit di bagian dada dan punggung juga bisa terkena jerawat. Selain itu, jerawat juga terkadang muncul di pergelangan tangan dan paha.
Jerawat umumya mulai muncul dan memberi pengaruh saat kita memasuki usia puber. Dan umumnya hanya kasus menengah. Seringkali, gannguan ini akan akan terus terjadi selama 5 tahun ke depan. Tapi ada juga yang akan terus mengalaminya dari 10 sampai 20 tahun ke depan.
Sekitar 25% remaja yang memiliki jerawat akan tetap beresiko untuk mengalaminya sampai mereka berusia 25 tahun. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Tapi ini umumnya akan lebih sering terjadi pada wanita, saat mereka baru menginjak usia 20, 30 dan 40 tahun.
Jerawat bukan cuma membuat fisik menjadi tidak nyaman. Jerawat juga bisa menyebabkan masalah secara emosional, dan menjadi penghambat dalam hubungan sosial, dan akan berdampak besar terhadap kehidupan sehari-hari. Jerawat bukan cuma menjengkelkan, dia juga bisa sangat menyakitkan.
Bahkan, dalam kasus yang extreme, bintik yang dikibatkan jerawat, bisa mengeluarkan nanah dan darah. Akan lebih berbahaya lagi bila jerawat telah memberikan efek serius terhadap penampilan. Sebab, itu akan memberi efek secara emosional. Yang bisa membuat orang menjadi mudah untuk berubah mood, depresi, anti sosial, dan memiliki kinerja yang buruk, baik di sekolah, maupun di tempat kuliah atau tempat kerja.
Apalagi jika jerawat telah meninggalkan bekas. Sebab bekas itu akan sulit untuk di hilangkan dan akan menyebabkan gannguan secara emosional selama bertahun-tahun.