Perawatan dan Produk Anti-ageing

Produk dan perawatan anti-ageing telah menjadi bisnis yang besar akhir-akhir ini. Satiap orang, mulai dari yang usia 20 sampai yang berusia 60, terus mencari satu produk yang bisa menjadi kunci untuk menghilangkan tanda-tanda usia, dan memberikan mereka penampilan yang lebih muda dan sehat.
Akan tetapi, dengan begitu banyaknya obat "ajaib", dan cara perawatan yang ada di pasaran, akan sulit untuk mengetahui produk mana yang benar-benar bisa memberikan hasil, dan hasil seperti apa yang bisa di harapkan.
Hasil yang paling di harapkan dari usaha memerang efek penuaan (anti-ageing) ini adalah menghilangkan atau mengurangi kerutan dan garis pada kulit. Saat usia makin bertambah, kulit mulai berkeriput. Ini adalah hasil dari pelenturan kulit, hilangnya collagen, hilangnya sifat elastisitas, pergerakan facial yang berulang-ulang, kehilangan kelembaban dan gravitasi.
Selain menghilangkan garis dan kerut, hasil yang paling di inginkan adalah kulit dengan warna yang tampak lebih muda dan cerah, kulit menjadi lebih lembut, menghilangkan warna kulit yang rusak, dan menjadi lebih kencang. Perawatan dan Produk anti-ageing bisa mengurangi tanda-tanda dari penuaan ini dengan cara meremajakan kulit, membuang sel kulit yang mati, mencerahkan kulit, dan beberapa teknik penyehatan kulit lainnya.
Dengan perawatan atau produk anti-ageing yang tepat, di kombinasikan dengan perawatan kulit yang tepat, anda bisa mendapatkan hasil yang significant. Yaitu berkurangnya garis dan kerut pada kulit, kulit menjadi lebih lembut, terlihat segar, kencang, rapat, dam tampak lebih muda dari sebelumnya.
Anda bisa menggunakan berbagai produk anti-ageing ini di rumah. Misalnya cream, lotion, masker, dan cleanser, yang bisa di aplikasikan pada kulit dan akan memberikan penampilan yang lebih muda. Termasuk juga moisturizer yang mengandung retinol atau unsur anti-ageing lainnnya, firming masks, scrub atau cleanser, pemutih, dan cream atau jel untuk mengurangi kerutan.
Hampir semua produk perawatan kulit atau perusahaan kosmetik, ingin mengambil tempat di hati para pencari perawatan dan produk anti-ageing. Produk yang mereka sediakan umumnya adalah jenis produk yang memberikan perawatan rutin kulit secara total. Misalnya cleanser yang bisa membantu mempercepat peremajaan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati. Langkah ini akan mengubah kulit yang pudar menjadi lebih halus dan segar.
Langkah berikutnya dalam usaha memerangi garis-garis penuaan adalah menggunakan masker atau toner yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori, dan membuat kulit menjadi lebih halus dan tampak lebih muda. Dan yang terakhir digunakan adalah moisturizer khusus yang mengandung vitamin C,  retinols, antioxidant, atau zat-zat anti-ageing lainnya, yang berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan, serta mengembalikan warna kulit.
Untuk menghilangkan bintik pada kulit, digunakan produk yang khusus untuk memerangi tanda-tanda dari penuaan. Contoh dari produk ini adalah gel atau cream yang berfungsi untuk mengencangkan kulit yang berkerut, mengisi garis-garis yang terdapat di kulit, merawat kulit sensitif yang berada di bagian sekitar mata, dan juga mengembalikan warna kulit.
Jika produk-produk yang bisa anda gunakan sendiri di rumah ini tidak memberikan hasil yang diharapkan, anda bisa mencari solusi lain dengan melakukan pendekatan yang lebih aggresif, dan mulai keluar untuk mencari perawatan anti-ageing yang lebih tepat.
Perawatan anti-ageing adalah berbagai teknik yang ditujukan bukan hanya untuk memperbaiki kulit bagian luar. Dan umumnya dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli serta berpengalaman. Yang termasuk ke dalam jenis perawatan ini antara lain: chemical peels, microdermabrasion, laser therapy, dan collagen atau botox ijeksi.
Chemical peels adalah bentuk lain dan exfolation yang lebih aggersif. Teknik ini menggunakan bahan-bahan kimia yang di aplikasikan ke dalam kulit untuk mempercepat proses pembuangan sel-sel kulit yang mati. Dan setelah itu, kulit akan menjadi lebih cerah, lembut, dan garis serta kerutan menjadi berkurang.
Microdermabrasion adalah contoh lain dari perawatan exfoliation. Perawatan ini menggunakan kristal mineral atau bahan lain yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit yang mati, sekaligus untuk melapisi kulit. Dengan melakukan perawatan kulit jenis ini akan memberikan hasil yaitu: berkurangnya garis-garis pada kulit, kulit yang kusam akan tampak lebih cerah dan segar, dan mengembalikan warna asli kulit.
Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, anda mungkin bisa mencoba menggunakan therapy laser. Therapy ini akan memberikan hasil: berkurangnya kerutan, kulit menjadi kencang, menghilangkan tanda-tanda penuaan, dan mengembalikan kecerahan kulit, serta kulit akan tampak lebih muda dari sebelumnya. Teknik laser ini di gunakan pada permukaan kulit.
Dan yang terakhir, untuk benar-benar menghilangkan garis dan kerutan, serta untuk mendapatkan penampilan kulit yang lebih kencang, digunakan injeksi botox atau collagen. Meski hasil yang diberikan oleh perawatan jenis ini hanya bersifat sementara (3 - 8 bulan), tapi ijeksi yang diberikan akan membuat kulit dan otot menjadi lebih lentur. Perawatan jenis ini sangat baik digunakan untuk mengurangi garis dan kerutan di bagian dahi, sekitar mulut, dan daerah sekitar mata.
Meski semua jenis perawatan dan produk anti-ageing yang telah di sebutkan diatas bisa memberikan hasil yang efektif, akan tetapi tanpa sedikit bantuan, semua produk dan perawatan itu tidak bisa menghilangkan gejala-gejala penuaan. Ikuti beberapa tips berikut ini untuk membantu anda memaksimalkan usaha memerangi tanda-tanda penuaan:
  • Jauhi rokok. Sebab rokok akan mempercepat terjadinya garis dan kerutan, membuat kulit tampak kusam, membuat kulit menjadi kering, dan membuatnya rentan terhadap tanda-tanda penuaan.
  • Hidari terlalu lama terkena sinar matahari. Sinar matahari yang merusak dapat membuat kulit menjadi bergaris, mengkerut, dan berubah warna. Gunakan selalu tabir surya saat hendak meninggalkan rumah dan gunakan topi jika memungkinkan.
  • Waspadai dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tampak kusan, dan berkerut. Minumlah air yang cukup setiap hari dan gunakan lotion pelembab setiap habis menggunakan cleanser.
Dengan mengikuti beberapa tips ini, akan membantu anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal terhadap usaha memerangi tanda-tanda penuaan (anti-ageing) sebelum tanda-tanda tersebut benar-benar tampak.