Mengapa Kulit Menjadi Kering?

Salah satu kondisi kulit yang paling umum, dan yang paling mungkin akan kamu alami adalah kulit kering. Dan kamu bisa mengalaminya di seluruh bagian tubuh, atau bisa juga di bagian-bagian tertentu saja. Meski untuk kasus yang ringan kondisi ini tidak berbahaya secara medis, tapi setidaknya kondisi tersebut akan membuat mu merasa tidak nyaman.
Dalam kasus kulit kering yang extreme, beberapa daerah kulit akan menjadi bersisik atau pecah-pecah. Ini adalah kondisi yang harus segera di atasi. Ringan ataupun extreme, kulit seharusnya tidak boleh di biarkan menjadi kering. Ada beberapa cara untuk memperbaiki sekaligus mencegahnya. Akan tetapi, sebelum itu, kamu harus tahu dulu apa itu kulit kering, dan apa yang menjadi penyebabnya.
Kulit kering mempunyai banyak bentuk. Pada kasus yang ringan, kulit kering bisa dikenali dari penampilannya yang terlihat kering dan terasa kaku. Untuk kasus yang lebih berat, kondisi tersebut akan di iringi dengan rasa gatal, memerah atau pucat, pecah-pecah, sangat kaku, dan terasa menyakitkan.
Kulit memiliki daya lentur yang alami, yang membuat mu bisa meregang dan bergerak bebas. Saat kulit menjadi kering, itu akan membuat daya lentur tersebut menjadi berkurang, dan membutnya menjadi kaku. Sehingga, akan menyebabkan berbagai masalah, misalnya timbulnya bekas peregangan, dan kerutan.
Ada beberapa sebab yang membuat kulit menjadi kering, antara lain:
  • Kondisi medis. Misalnya infeksi, eksim, dan psoriasis. Jika kamu menduga bahwa salah satu dari penyakit ini yang menyebabkan kulit menjadi kering, segeralah periksa dan berkonsultasi dengan dokter.
  • Kondisi lingkungan. Ini adalah penyebab yang paling umum, terutama di saat musim kering. Itu karena kondisi udara panas yang membuat kulit menjadi hilang kelembabannya.
  • Sinar matahari. Kulit akan menjadi kering jika terlalu lama terkena sinar matahari, sekalipun sudah menggunakan tabir surya.
  • Kelenjar minyak. Kamu mungkin sering mendengar orang yang mengeluh karena kulitnya terlalu berminyak. Kondisi ini diakibatkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif memproduksi minyak. Dan sebaliknya, jika kelenjar tersebut kurang aktif, akan membuat kulit menjadi kering.
  • Pola makan. Pola makan yang tidak sehat akan merampas kelembaban kulit, dan juga akan mengakibatkan masalah-masalah serius yang menyangkut kesehatan.
Jika pola makan mu tidak benar, itu akan terlihat pada kulit. Dengan memakan makanan yang sehat, dan meminum air yang cukup, itu akan mencegah kulit menjadi kering di seluruh bagian tubuh. Untuk mencegah sekaligus mengobati kulit yang kering, ikuti beberapa tips berikut ini:
  • Minum setidak nya 8 gelas sehari.
  • Atur pola makan yang seimbang dengan cara membatasi jumlah makanan yang harus di proses saat sedang makan. Sertakan juga sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Jangan lupa vitamin A dan C. Karena vitamin ini akan membantu kulit mempertahankan kelembabannya.
  • Hindari junk food, termasuk gorengan, coklat, dan permen. Sebab, makanan tersebut akan merampas kelembaban kulit.
  • Minimalkan kafein dan alkohol. Sebab, kedua zat tersebut akan membuat kulit menjadi kering.
Dengan menjaga pola makan yang sehat, kamu telah membantu kulit agar terhindar dari kekeringan dan menjadi lebih cantik, sehat dan bercahaya. Sekaligus akan mengurangi resiko untuk terkena gangguan penyakit kulit lainnya.