Perawatan Untuk Jenis Kulit Berminyak

Jika kulit mu berkilat dan berminyak serta mudah berjerawat, atau bahkan tetap merasa nyaman meski sering menggunakan sabun, maka bisa dipastikan bahwa kulit mu termasuk jenis kulit yang berminyak. Ciri lain dari kulit berminyak adalah setiap kali sehabis dibersihkan kulit akan terasa segar, dan saat siang hari terlihat lebih mengkilat.
Dan teksture kulit sepertinya kasar dan tebal. Ciri penting lain dari kulit berminyak ini adalah mudah untuk terkena bintik Kulit jenis ini adalah kulit yang kaya akan minyak dan rentan berjerawat, bintik, bahkan bisul. Keseimbangan minyak pada kulit ini bisa berubah menjadi sangat terganggu oleh beberapa sebab, misalnya yang berhubungan dengan stress atau hormon yang tidak seimbang.

Kulit berminyak biasa akan mulai muncul saat memasuki usia puber saat level minyak mulai meningkat akibat perubahan hormon. Umumnya, jerawat yang timbul pada jenis kulit ini masih di kategorikan sebagai jerawat remaja. Tapi, jika jerawat tetap ada saat memasuki usia dewasa, maka sudah saatnya untuk mencoba mengembalikan keseimbangan kulit (minyak dan air).
Untuk kulit jenis ini, perawatan sederhana sehari-hari (mencuci dengan sabun) umumnya sudah cukup untuk menjauhkan kulit dari jerawat. Perawatan seperti ini akan menghilangkan debu dan minyak yang bisa menyumbat pada pori-pori yang besar. Tapi cara ini tidak akan menghilangkan kelembaban alami dari kulit. Sabun anti septic dan anti bakteri dengan pH balance yang tepat, sangat baik untuk jenis kulit ini.
Bahkan setelah anda membersihkan makeup dengan cleanser, sabun dan air adalah keharusan. Gunakanlah sabun yang khusus untuk kulit berminyak, agar kulit menjadi lebih bersih dan tidak berminyak. Ini dilakukan untuk membersihkan dan membuka pori. Setelah itu, untuk mendapat hasil yang lebih baik lagi, gunakan lotion astringent dan kapas.
Membersihkan menggunakan air dan sabun hanya mampu memberikan kesegaran yang bersifat sementara selama kulit tetap bersih. Sebab, cara itu hanya berpengaruh pada kulit bagian luar, dan tidak sampai menyentuh sumber minyak yang sedang menunggu untuk keluar. Jadi, langkah selanjutnya adalah membalurnya dengan lempung/lumpur satu atau dua kali seminggu.
Untuk membalur kulit berminyak, buat pasta dari tanah dan kaolin atau kemiri. Berbeda dengan kepercayaan orang pada umumnya, penggunaan air mawar tidak benar-benar akan membantu. Akan lebih baik bila kamu menggunakan air biasa. Gunakan pasta tersebut pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering, baru kemudian di bersihkan.
Masalah yang sering timbul pada kulit berminyak ini adalah menjadi mudah dehidrasi dan hilang kelembabannya akibat dari usaha yang terus menerus untuk menghilangkan minyak. Penggunaan sabun dan air secara rutin akan membuat kulit ter-dehidrasi, dan dengan kulit berminyak, anda perlu mengembalikan kelembabannya.
Banyak orang yang berpikir untuk tidak menggunakan moisturizer. Padahal itu sangat penting, dan moisturizer yang ringan sudah cukup untuk melembabkan kulit. Moisturizer yang khusus untuk kulit berminyak, bisa membantu untuk mengembalikan keseimbangan. Lakukan pemijatan pada wajah dan biarkan meresap secara merata.
Kemudian gunakan kertas tisu untuk menghilangkan sisa-sisa moisturizer, sekaligus mencegah kulit menjadi mengkilap. Banyak cleanser atau pembersih yang mengklaim bebas minya. Tapi biasanya tetap mengandung sedikit minyak yang diperlukan untuk menghapus makeup. Jadi, hindari produk-produk seperti ini karena bisa merusak kulit.
Kapsul vitamin A bisa membantu untuk mengendalikan produksi minyak. Sangat penting juga bagi mereka yang memiliki kulit jenis berminyak ini untuk selalu menghindari makanan yang berminyak. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung sayuran, air, dan serat. Sebab, usus yang bersih akan membuat kulit jadi semakin bersih.
Perawatan kulit secara medis untuk kulit yang berminyak adalah dengan menggunakan pengobatan secara teratur dan bersifat topical. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa produk natural seperti evening primrose oil terbukti memiliki efek yang positif terhadap kulit.
Gunakan minyak ini sebanyak 500 - 1000 mg setiap hari. Cara ini telah terbukti mampu melembutkan kulit dan membantu mempertahankan kelembaban, bahkan saat sedang membersihkan jerawat. Berikut ini prosedur perawatan secara medis untuk kulit berminyak:
  1. Penggunaan uap pada wajah terbukti secara klinis sangat membantu untuk kulit berminyak.
  2. Bintik hitam juga akan hilang setelah dilakukan penguapan, sekaligus memperbaiki dan membuka pori yang tersumbat.
  3. Setelah itu, kulit harus di lembabkan menggunakan jell.
  4. Perawatan yang lebih intensif diperlukan untuk mengeringkan kulit, juga untuk mengontrol dan membunuh bakteri.
  5. Setelah melakukan perawatan ini, gunakan masker.
  6. Setelah itu, jika kulit masih terasa berminyak, prosedur lanjutan akan dilakukan.
  7. Bersihkan kulit 2-3 kali sehari. Membersihkannya lebih dari 2 atau 3 kali akan mengakitbatkan kulit menjadi mengelupas dan merangsang minyak untuk keluar.
Jerawat telah di kenal sebagai masalah utama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Jerawat bahkan bisa di kategorikan sebagai penyakit yang kronis baik di saat remaja maupun dewasa. Kulit yang mudah berjerawat adalah kulit yang tipis dan memiliki pori yang besar.
Faktor luar yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah antara lain kurang menjaga kebersihan diri, tekanan atau gesekan dari pakaian yang terlalu sempit dan krim komedo serta kosmetik. Faktor internal antara lain faktor genetik, hormon, diet yang buruk serta obat-obatan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah dan mengobati jerawat:
  1. Hindari gorengan dan junk foods seperti kacang, krim, keju, es krim, cokelat, mentega, biji coklat, dan lain-lain.
  2. Makanlah makanan yang mengandung banyak air, buah-buahan segar, ayam, sereal, gandung, ikan yang di rebus, dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Ini akan membantu membersihkan usus.
  3. Tambahkan Vitamin A dan zinc ke dalam supplemen diet.
  4. Sembunyikan dan samarkan area yang berbintik dengan makeup.
Hal-hal yang seharusnya di lakukan:
  1. Pastikan tangan untuk selalu bersih saat menyentuh bagian wajah. Beri perhatian yang khusus pada daerah-daerah yang sering terlihat.
  2. Selalu gunakan cleansing dan moisturizer yang bebas minyak.
  3. Gunakan masker wajah secara teratur.
  4. Berolah raga secara teratur.
  5. Cobalah untuk mengurangi stress.
  6. Makanlah sayur, salad dan biji-bijian.
Hal-hal yang harus di hindari:
  1. Menyentuh atau menekan bintik.
  2. Jangan pernah tidur dengan makeup.
Ada beberapa ramuan tradisional yang di ketahui bisa membantu mereka yang kulitnya berminyak. Hal yang paling penting untuk di ingat adlah bersihkan wajar sesering mungkin agar minyak yang berlebih bisa di kurangi dan dihilangkan. Sebelum tidur, biasakan terlebih dulu untuk membersihkan wajah. Untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan cleansing milk.
Batasi makanan yang berminyak, dan minum setidaknya 8 gelas sehari. Untuk membuat kulit menjadi bersih dan sehat, steam adalah pilihan terbaik untuk membuka pori-pori, kemudian diikuti dengan face-pack setelah steaming. Ini pasti akan meningkatkan penampilan. Ada beberapa ramuan tradisional yang bisa bertindak sebagai face-pack:
  1. Gunakan jus tomat pada kulilt.
  2. Buat pasta dari setengah sendok madu, putih telur, dan satu sendok jus lemon. Tempelkan pada seluruh bagian wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air.
  3. Buat adonan dari satu butir telur, satu sendok teh kapur barus, satu sendok makan skim milk powder, dan satu tetes essensial oil mint. Tempelkan adonan. Usapkan castor oil pada kulit dan kemudian lanjutkan dengan masker yang terbuat dari putih telur. Diamkan selama 50 menit dan kemudian basih dengan air hangat, lalu bersihkan dengan cuka yang terbuat dari sari buah apel dan air.
  4. Gunakan campuran yang terbuat dari satu sendok makan yoghurt ke dalam adonan lumpur. Yoghurt sangat berguna untuk menghaluskan kulit dan juga mengembalikan daya tahan alami kulit terhadap racun.
  5. Buat pasta dari jus lemon dan sedikit susu. Tempelkan pada kulit dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Tapi pastikan untuk berhati-hati karena jus lemon bisa menyebabkan iritasi.
  6. Pepaya adalah anugrah bagi kulit yang berminyak. Sebab pepaya terbukti memiliki efek yang menyenangkan pada kulit. Pepaya memiliki kemampuan untuk membersihkan dan melembutkan sel kulit yang mati, hingga menjadi lebih mudah untuk di hilangkan.