Apakah Diet Bisa Menyembuhkan Jerawat?

Para pakar penyakit kulit telah bertahun-tahun memperdebatkan masalah benar tidaknya pendapat yang mengatakan bahwa makanan memberi pengaruh terhadap jerawat. Jerawat sebenarnya bukanlah di sebabkan oleh diet, dan tidak bisa di sembuhkan melalui diet.
Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu tambahkan ke dalam diet, untuk membantu menghilangkan jerawat. Misalnya vitamin A. Vitamin A, telah lama di percaya berpotensi menyebuhkan jerawat. Bahkan, para dokter umumnya mulai menyertakan vitamin A ke dalam resep. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang terserang jerawat umumnya kekurangan vitamin A.
Pada kulit normal, vitamin A di butuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, dan juga untuk menyeimbangkan hormon. Sedangkan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat adalah hormon yang tidak seimbang. Jadi, vitamin A yang terdapat di dalam makanan, bisa kamu jadikan sebagai salah sumber pengobatan. 
Selain vitamin A, zinc adalah mineral yang terbukti mampu membantu para penderita jerawat. Itu di ketahui karena pada pria, kekurangan zinc bisa umumnya akan menyebabkan produksi hormon meningkat, dan akan beribat timbulnya jerawat.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak pasien yang mengklaim menjadi sembuh setelah menggunakan supplemen zinc gluconate, dan di ikuti dengan diet terhadap lemak. Dalam salah satu penelitian yang terkontrol juga menunjukkan bahwa, zinc secara dramatis mampu mengurangi gejala pada sekitar 60% penderita jerawat.
Selain zinc, unsur lain yang juga penting untuk di pertimbangkan adalah vitamin B kompleks. Semua jenis vitamin B punya peran yang spesifik dalam menyehatkan kulit, terutama vitamin B6. Dan kekurangan vitamin ini terkadang di hubungkan sebagai akibat langsung dari timbulnya jerawat.
Itu karena vitamin B6 berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengolah protein, gula, dan fatty acids. Dan juga, membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin B-compleks juga sangat membantu untuk mengurangi efek negatif dari stress. Sedangkan stress itu sendiri, merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Jadi, mungkin saja benar pendapat ahli yang mengatakan bahwa supplemen vitamin B kompleks itu bisa membantu menyembuhkan jerawat.
Selin vitamin B kompleks, beberapa hasil penelitian menunjukkan hasil yang sangat mengejutkan. Yaitu, sekitar 90% dari populasi, kekurangan chronium. Chronium adalah mineral yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Dan orang-orang yang memiliki kadar gula darah yang tidak seimbang, umumnya mudah terkena jerawat. Dan dari hasil beberapa percobaan, saat penderita diberikan 400 mg chronium, terlihat peningkatan perbaikan kulit.
Beberapa tahun belakangan ini, selenium telah mengundang banyak perhatian para peneliti. Dan hasil penelitan menunjukkan bahwa jika kamu secara rutin mengkonsumsi supplemen yang mengandung selenium, ditambah vitamin A dan E, setelah sekitar 12 minggu kamu mungkin akan bisa mengurangi timbulnya jerawat, sekaligus mengurangi bekas luka yang ditinggalkannya.