Cleanser untuk Mengatasi Jerawat


Sering bolak-balik dan mondar mandir ke toko kosmetik untuk mencari cleanser yang tepat untuk mengatasi jerawat? Tapi kemudian menjadi bingung karena terlalu banyank pilihan yang tersedia? Jangan kuatir. Dengan sedikit pengetahuan, kamu pasti bisa mencari dan menemukan cleanser anti jerawat yang sesuai untuk mu. Berikut ini caranya:

1. Pilih jenis cleanser yang paling cocok untuk mu.

Foaming atau non-foaming? Batangan atau cair? Ini sebenarnya tergantung dari selera masing-masing. Karena pada dasarnya semua jenis cleanser bisa berfungsi secara efektif. Jadi, pilihlah jenis cleanser yang sudah kamu kenal dan sesuai dengan mu.
Umumnya, non-foaming cleanser dan yang berbentuk lotion tidak membuat kulit menjadi kering. Jadi, mungkin cleanser ini adalah pilihan yang paling cocok jika kulit mu sudah terlanjur kering akibat penggunaan obat jerawat.
Banyak juga yang menganjurkan untuk menghindari cleanser batangan. Tapi sebenarnya menggunakan cleanser batangan itu sah-sah saja, asalkan kamu bisa memilih cleanser batangan yang tepat.

2. Tentukan apakah kamu perlu pengobatan atau tidak.

Obat jerawat tersedia dalam dua pilihan. Yaitu yang di jual bebas, dan jenis yang satunya lagi memerlukan resep dokter. Obat jerawat umumnya mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, atau sulfur. Meski obat-obatan ini cenderung membuat kulit menjadi kering, tapi jika di gunakan secara teratur akan mengurangi resiko tersumbatnya pori yang mengakibatkan jerawat.
Jika kamu memutuskan untuk tidak ingin menggunakan obat jerawat, maka jenis cleanser yang sekaligus bisa berfungsi dan mengandung obat jerawat mungkin adalah pilihan yang paling cocok untuk mu. Dan sebaliknya, jika saat ini kamu tengah menggunakan obat jerawat, maka cleanser yang mengandung obat jerawat mungkin malah akan menyebabkan kulit menjadi semakin kering dan tidak nyaman.

3. Pastikan bahwa cleanser tersebut hanya untuk wajah, bukan untuk tubuh.

Itu karena kulit yang berada di bagian wajah, leher dan dada, umumnya lebih tipis dan lembut di banding bagian tubuh yang lain. Jadi, meski cleanser untuk tubuh umumnya sangat efektif dalam membersihkan kulit, tapi belum tentu cocok untuk wajah.
Kuat atau keras belum tentu adalah yang terbaik. Terutama jika hal itu berhubungan dengan kulit. Jadi kesimpulannya, selalu pilihlah cleasner yang secara khusus di rancang untuk kulit wajah untuk mengurangi resiko terkena iritasi.

4. Focus pada rasa, bukan cuma harga.

Harga yang mahal tidak menjamin akan memberikan hasil yang terbaik. Jadi, jangan terlalu khawatir jika merasa tidak mampu membeli cleanser yang mahal. Melakukan yang terbaik untuk kulit tidak harus melalui harga. Lebih fokuslah terhadap apa yang di butuhkan dan rasakan oleh kulit. Jika terasa kaku, kering atau gatal, berarti bukan cleanser jenis itu yang di butuhkan oleh kulit mu. Cobalah untuk memilih yang lain.

5. Minta saran.

Masih bingung? Tanya sama mereka yang lebih ahli dan mengerti tentang masalah kulit dan jerawat! Misalnya ahli kecantikan, dokter, atau ahli penyakit kulit. Mereka umumnya bukan cuma tahu tentang jenis cleanser yang paling sesuai dengan mu. Tapi juga obat apa dan bagaimana cara mengatasi jerawat mu.