Menggunakan Tabir Surya Dan Makeup

Banyak foundation dan powder yang mengandung tabir surya, tapi apa itu saja sudah cukup untuk melindungi kulit setiap hari?

Menurut para ahli, jika ingin mencegah kerutan dan kanker kulit, tabir surya adalah suatu keharusan. Tapi apa mungkin menggunakan makeup dan tabir surya tanpa terlihat seperti lapisan donat?

Dengan begitu banyaknya foundation dan produk makeup yang menawarkan SPF, kita jadi tergoda untuk lebih memilih dan menggunakannya ketimbang menggunakan tabir surya yang membuat kulit menjadi mengkilat, pucat atau berantakan, terutama di bawah makeup.


"Mengikuti godaan seperti itu adalah suatu kesahalan." Itu yang di katakan oleh Leslie Baumann, MD, direktur cosmetic dermatology dari Miller School of Medicine, Universitas Miami. Menurutnya, "Makeup tidak memberikan perlindungan yang cukup. Perlu foundation 7 kali dan powder 14 kali lebih banyak dari ukuran normal untuk mendapatkan Sun Protection Factor (SPF) yang tertulis pada label. Dan tidak ada yang melakukannya."

Jadi, bagaimana cara menggabungkan makeup dengan tabir surya agar kulit sehat dan tetap terlihat cantik?

Berikut ini langkah-langkah yang di anjurkan oleh Baumann, Karen Houpt, MD, profesor dari University of Texas Southwestern Medical Center, dan makeup artis Tina Turnbow dan Patty Bell:

1. Pilih tabir surya yang sesuai.

Carilah tabir surya yang bisa memberikan perlindungan yang cukup. Skin Cancer Foundation menganjurkan untuk menggunakan moisturizer yang mengandung tabir surya, mininal 15 SPF. Bahan-bahan seperti zinc oxide, avobenzone (Parsol 1789) atau ecamsule (Mexoryl), jika di gabungkan dengan octocrylene dan avobenzone akan bekerja baik di bawah makeup dan memberikan perlindungan yang cukup.

Tips dari pakar:
  • Baumann: Lapisi kulit dengan tabir surya, misalnya Aveeno Ultra-Calming Daily Moisturizer SPF 15, yang mengandung tabir surya kimiawi (misalnya Topix Glycolix Elite Sunscreen SPF 30 atau Blue Lizard Australian Sunscreen Sensitive Skin SPF 30) untuk melindungi kulit.
  • Turnbow: Gunakan moisturizer natural, misalnya Pur-lisse pur-protect SPF 30 yang ringan dan lembut. Arcona Reozone SPF 20 sedikit lebih kaya, tapi memberikan hasil yang sedikit lebih kusut.
  • Bell: Gunakan DDF Matte Finish Photo-Age Protection SPF30 yang bebas minyak.
  • Houpt: Untuk mencegah pecah-pecah yang di akibatkan oleh tabir surya, mungkin akan membantu jika menggunakan tabir surya tidak lebih dari 15 SPF. Untuk mereka yang takut warna kulit jadi tidak merata, hindari produk yang mengandung zinc oxide or titanium dioxide.

2. Gunakan tabir surya secara merata.

“Gunakan secara merata, kira-kira sebanyak satu sendok makan untuk wajah dan leher." Kata Houpt. "Dan telinga, jika ter-expose." Kemudian, biarkan tabir surya meresap ke dalam kulit dan bersihkan selebihnya. Setelah menggunakan tabir surya, bersihkan bekas-bekas yang ada di tangan sebelum menggunakan makeup.

3. Jika perlu, gunakan cream mata yang mengandung SPF.

Jika menggunakan tabir surya di sekitar mata menyebabkan kulit menjadi panas, Skin Cancer Foundation menyarankan untuk menggunakan cream mata yang mengandung 15 SPF.

4. Gunakan foundation atau moisturizer yang mengandung 15 SPF atau lebih.

Jika kamu menggunakan makeup atau moisturizer - foundation ringan dengan lapisan yang tipis - ingatlah bahwa kamu tidak bisa hanya bergantung pada produk ini.

Gunakanlah bersama tabir surya. Meski tabir surya adalah unsur yang paling penting untuk melindungi kulit dari matahari, tapi foundation atau moisturizer yang mengandung SPF juga bisa membantu. Periksa labelnya sebelum membeli produk yang mengandung SPF.

Tips dari pakar:
  • Turnbow: Dia merekomendasikan Prescriptives 1 Oil Free Matte Finish MakeUp SPF 15 sebagai foundation. Dia menyarankan Alison Raffaele Tinted Moisturizer SPF 15 karena memberikan perlindungan, melembabkan, dan menggunakan bahan natural. Saat di gunakan sebagai primer (untuk makeup yang berat) dia menggunakan Smashbox Photo Finish Primer SPF 15 yang mengandung Dermaxyl Complex.
  • Bell: Dia menyukai Laura Mercier Oil-Free Tinted Moisturizer SPF 20.

5. Gunakan powder.

Skin Cancer Foundation merekomendasikan menggunakan compressed powder dengan busa karena partikel dari powder akan memberikan perlindungan, dan powder akan membantu mempertahankan tabir surya dan moisturizer.
Tips dari pakar:
  • Turnbow: Dia merekomendasikan Peter Thomas Roth Instant Mineral SPF 30.
  • Bell: Dia menyukai Clinique Almost Powder Make-Up SPF 15 karena lebih ringan. YSL’s Matt Touch Compact Foundation SPF 20 adalah powder yang akan melembabkan, mengecilkan pori dan menyerap minyak.

6. Jangan lupa dengan bibir.

Lindungi bibir dengan lipstick atau pelembab bibir yang mengandung 15 SPF atau lebih. Covergirl Triple Lipstick, SPF 15 dan Mary Kay Sun Essentials Lip Protector Sunscreen SPF 15 menawarkan perlindungan pada bibir terhadap UVA dan UVB. Jika kamu ingin menggunakan lipstick sebagai pelindung dari sinar matahari, gunakan yang tak tembus cahaya.

7. Gunakan ulang.

Untuk penggunaan sehari-hari, Bauman merekomendasikan mengulangi penggunaan tabir surya satu kali. Itu karena UVA bisa menembus kaca. Jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar, Skin Cancer Foundation merekomendasikan untuk mengulangi penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali. Tapi bagaimana mengatur semua itu bersama rutinitas makeup?

Agar tidak terlihat mengkilat, Turnbow menyarankan untuk menggunakan bedak yang tidak tembus cahaya dan mengandung SPF setelah menggunakan tabir surya. Jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar dan tidak ingin terlalu repot dengan rutinitas di atas, mungkin cukup dengan menggunakan pewarna bibir, mascara dan long-lasting eyeliner.