Moisturiser Terbaik untuk Kulit Berminyak

Saat sore hari, saat menatap wajah di cermin, mungkin kamu akan mengucap kata yang sama setiap hari "alangkah berminyak dan kotornya wajah ku ini." Itu karena memang kulit berminyak membutuhkan perawatan yang khusus. Kulit akan tampak berminyak dan kotor saat produksi sebum meningkat. Ini mungkin akibat perubahan hormon selama masa pertumbuhan, atau selama masa kehamilan.
Keadaaan cuaca dan pola makan atau diet yang tidak sehat, juga bisa membuat kulit menjadi semakin berminyak  Kelebihan minyak ini juga bisa di akibatkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, atau efek samping dari beberapa jenis obat dan pengobatan tertentu.
Kulit berminyak yang tidak di rawat akan menjadi kotor, tampak lelah dan kusam. Mereka yang kulitnya berminyak, umumnya punya masalah di daerah T pada bagian wajah. Daerah tersebut akan terlihat lebih berminyak di banding daerah-daerah lain. Jadi sangat penting untuk memilih produk kosmetik yang paling sesuai untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih pada wajah.
Apapun masalah yang sering di timbulkan oleh kulit berminyak, tapi sebenarnya kulit berminyak cenderung untuk tampak awet muda dan lebih lembut, meski usia terus bertambah. Kulit berminyak membutuhkan moisturiser yang ringan dan bebas minyak. Moisturiser tersebut seharusnya berbahan dasar air, berbentuk jell, bebas minyak, cepat menyerap, mengecilkan pori dan menghaluskan kulit.
Jangan pernah menggunakan moisturiser yang mengandung mineral oil, vitamin E, lanolin atau petrolatum. Sebab, bahan-bahan tersebut akan menyumbat pori, menimbulkan bintik dan menyebabkan jerawat. Moisturiser terbaik untuk kulit berminyak adalah yang mengandung Alpha hydroxy acid (AHA). Juga mudah larut dalam air dan menggunakan bahan organik.
Moisturiser tersebut juga seharusnya mengandung bahan-bahan yang mirip dengan AHA. Misalnyalactic acid dan glycolic acid. Bahan-bahan ini akan membuat kulit tampak bersih dari minyak. Bahan lain yang juga bisa di tambahkan adalah glycerin dan yang non comedogenic. Bahan-bahan ini pasti akan sangat bermanfaat jika di tambahkan ke dalam moisturiser untuk mereka yang kulitnya berminyak.
Saat ingin menggunakan tabir surya, pastikan bahwa tabir surya tersebut tidak berminyak dan mengandung minyak. Ini untuk mencegah agar kulit tidak menjadi kusam. Gunakan tabir surya yang berbahan dasar air, dan mengandung setidaknya 15 SPF.
Jell yang terbuat dari lidah buaya, minyak lavender, dan tree tea oil adalah contoh-contoh herbal yang sangat baik untuk kulit berminyak. Herbal ini akan membuat kulit tampak bersih dan cerah tanpa membuatnya berminyak. Kamu juga bisa membuat moisturiser sendiri di rumah. Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka ke dalam 2 gelas air. Simpan di dalam refrigerator, lalu gunakan pada bagian wajah setelah di bersihkan.
Moisturiser tidak akan menunjukkan efeknya sampai kamu melengkapinya dengan beberapa jenis produk perawatan kulit yang khusu untuk kulit berminyak. Untuk kulit berminyak mu, pilihlah cleanser yang bebas sabun, dan bisa mengontrol minyak pada wajah.
Lakukan exfoliate untuk membuang sel-sel kulit mati. Gunakan toner yang bebas alcohol, atau air mawar, atau bisa juga astringen yang berbahan dasar acetone. Saat wajah telah bersih, gunakan moisturiser.
Jadi, jika kulit mu berminyak, ikuti langkah-langkah perawatan kulit di atas, dan pilihlah moisturiser yang terbaik untuk kulit berminyak mu. Jangan menggunakan produk yang akan membuat kulit menjadi kering. Lebih baik bersihkan wajah lebih sering, dan biarkan kemilau alami keluar dari kulit mu. Bersyukurlah atas kulit berminyak mu, karena mereka yang kulitnya berminyak, akan lebih awet muda.