Tips untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Wanita yang kulit nya berminyak seringkali merasa putus asa saat hendak mencoba memerangi minyak tanpa menimbulkan masalah pada wajah. Jika kulit mu berminyak, kamu pasti akan tahu. Itu karena kulit yang berminyak cenderung untuk mudah berjerawat atau berbintik. Kulit tampak mengkilat dan memerlukan banyak bedak untuk menutupinya.
Berbagai produk yang memberikan janji-janji untuk membantu menghilangkan minyak dan mencegah jerawat telah kamu coba, tapi semuanya hanya menambah rasa frustasi. Jadi, apa yang harus di lakukan oleh wanita yang kulitnya berminyak?
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah rilex. Penelitian menujukkan bahwa stress bisa menyebabkan jerawat dan bintik. Memang tidak mudah untuk meminimalkan stress, tapi kamu pasti bisa.
Kamu pasti akan terkejut setelah mengetahui bahwa perubahan kecil bisa memberi dampak yang besar. Misalnya, tidur yang cukup, pemijatan secara rutin, atau berhubungan dengan orang-orang yang kamu sukai.
Langkah berikutnya adalah mulailah merawat kulit secara teratur, dan lakukan dengan penuh keyakinan. Jadikan rutinitas ini sebagai bagian dari kehidupan dan rutinitas sehari-hari, dan kulit mu akan berterima kasih kepada mu. Untuk mendapat hasil yang terbaik, kamu memerlukan cleanser, tone, exfoliate dan moisturiser yang khusus untuk kulit berminyak.
Cleansing adalah langkah pertama yang sangat penting dalam perawatan kulit. Itu dilakukan dua kali sehari, dan jangan pernah tidur dengan makeup masih menempel di wajah. Dengan melakukan cleansing, itu akan mengurangi bakteri pada wajah dan menjaga pori tetap terbuka.
Gunakan cleanser yang ringan dan lembut, dan jangan pernah menggunakan sabun. Sebab, sabun akan membuat kulit menjadi kering. Dan jangan lupa, cuci tangan sebelum melakukan cleansing. Cleanser sebenarnya terdiri dari tiga bagian, yaitu minyak, air dan surfactants.
Setiap komponen tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Minyak pada cleanser, berfungsi untuk melarutkan minyak yang terdapat pada wajah. Dan surfactants berfungsi untuk melarutkan zat-zat dan benda-benda lainnya, misalnya debu dan makeup.
Mulailah dengan menuangkan cleanser pada tangan. Kemudian, pijat dengan lembut pada wajah selama satu atau beberapa menit. Lalu bersihkan beberapa kali untuk membuang sisa-sisa debu, kotoran, dan cleanser.
Toner, digunakan untuk membuat pori menjadi keras. Ini akan membuatnya mengecil dan mengurangi produksi minyak. Toner akan mendinginkan kulit, dan memberi rasa segar. Toner tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari  fresheners, toners, clarifyers dan astringents.
Fresheners adalah jenis yang paling ringan, dan astringents adalah yang terberat. Mulailah dengan freshener atau yang paling ringan dulu. Baru kemudian mencoba yang lebih berat, sampai kamu mendapatkan hasil yang di inginkan. Wanita umumnya tidak suka menggunakan astringents. Akan tetapi untuk para remaja malah sebaliknya.
Lakukan exfoliate seminggu sekali, setelah cleansing dan sebelum menggunakan toner. Setiap tiga minggu, kulit kita akan memperbarui dirinya dengan cara mengganti sel-sel permukaan kulit yang mati dengan sel-sel kulit yang baru. Sel-sel yang mati inilah yang membuat kulit tampak kusam dan menyebabkan bintik.
Jadi, melakukan lakukan exfoliate seminggu sekali sepertinya cukup masuk akal untuk membantu proses pembuangan sel kulit mati. Exfoliate bisa dilakukan dengan cara yang lembut ataupun kasar. Jadi, pilihlah yang tidak terlalu lembut ataupun kasar.
Langkah terakhir adalah menggunakan moisturiser. Ini sangat penting, bahkan untuk kulit yang berminyak. Moisturiser akan menguatkan kulit dan melindunginya dari kekeringan. Kulit tanpa moisturiser akan terlihat tua. Tidak ada orang yang ingin terlihat tua, jadi gunakanlah moisturiser yang mengandung humectants, yang akan mengundang kelembaban.
Humectants adalah unsur-unsur seperti vitamin E dan panthenol. Untuk kulit berminyak, pilihlah moisturiser ringan yang bebas minyak, sehingga kamu tidak akan menambahkan minyak pada wajah. Sebelum menggunakan moisturiser, basuh wajah mu terlebih dulu. Itu akan membantu agar kulit lebih menyerap. 
Dan yang terakhir, berikut ini beberapa tips yang akan membantu menjaga agar minyak tidak terlalu mengganggu. Yang pertama, minum yang banyak. Itu akan meminyaki kulit dan menormalkannya. Gunakan tabir surya, setidaknya yang mengandung 15 SPF untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan AVB. Pilihlah tabir surya yang ringan dan khusus untuk kulit berminyak. Jauhi kosmetik yang mengandung minyak. Sebab, itu akan menambahkan minyak pada kulit, dan akan menambah masalah yang sudah ada.
Ingat, jenis kulit di tentukan secara genetik dan di pengaruhi oleh hormon. Jadi, berterima kasihlah pada ibu mu atas kulit berminyak mu dan lakukan sesuatu yang benar-benar membuat mu senang di akhir minggu.