Aktivitas untuk Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah kekuatan pendorong yang paling penting dalam kehidupan kita. Istilah 'rasa percaya diri' didefenisikan dengan berbagai cara, dan jika kita simpulkan, maka rasa percaya diri itu bisa dikatakan sebagai cara yang kita gunakan saat memikirkan diri sendiri.

Semakin tinggi tingkat kepercayaan yang kita miliki terhadap diri sendiri, maka semakin tinggi pula rasa percaya diri kita.

Banyak orang yang bingung membedakan antara keyakinan diri dengan percaya diri. Menurut Nathaniel Branden, seorang psychotherapy dan penulis yang sangat terkenal dari Canada, rasa percaya diri itu didefenisikan sebagai pengalaman untuk menjadi kompeten dalam menghadapi tantangan hidup, dan merasa layak untuk mendapatkan kebahagiaan.

Membangun rasa percaya diri itu sebenarnya tidak sulit. Yang dibutuhkan hanyalah mengkondisikan pikiran. Lagi pula, pikiran kita memegang peranan utama dalam pengembangan diri.

Tentu, ada faktor-faktor eksternal yang akan mempengaruhi rasa percaya diri dan hidup kita. Akan tetapi, dengan pikiran yang sehat, kita akan mampu untuk membangun kembali rasa percaya diri yang runtuh.

Mendengarkan kata hati itu juga sangat penting. Ide inti dari 'mendengarkan kata hati' adalah untuk melakukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Itu akan membantu dalam usaha mu untuk mewujudkan berbagai impian dan tujuan dalam hidup.

Hidup hanya sekedar untuk mencoba menyenangkan orang disekitar adalah bukti bahwa akan ada penghalang dalam perjalanan mu untuk membangun rasa percaya diri. Singkirkan sejenak semua aktivitas dan kesibukan, agar setiap hari tersedia waktu yang cukup untuk berada dalam kesunyian.

Itu akan membantu mu untuk meredakan ketegangan dan membangkitkan kekuatan yang ada di dalam. Singkirkan pikiran-pikiran negatif sebab semua itu cuma akan membuat mu semakin lemah.

Jangan terlalu mengkritik semua tindakan mu. Tantang terus diri mu, sebab, itu adalah salah satu cara untuk membangun rasa percaya diri. Itu akan membantu mu untuk menyingkirkan semua sifat mental yang jadi penghalang, yang sebenarnya kita ciptakan sendiri, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Aktivitas-aktivitas untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa ditumbuhkan melalui berbagai jenis permainan. Meski menumbuhkan rasa percaya diri adalah tujuan utama dari permainan ini, tapi kualitas-kualitas lain misalnya mampu bekerja sama dan bersimpati pada orang lain juga bisa ditumbuhkan.

Selain itu, permainan-permainan dan aktivitas ini juga dapat membantu mu untuk memahami pentingnya kualitas-kualitas ini. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa membantu mu untuk menumbuhkan rasa percaya diri:

  • Iklankan diri mu. Dalam aktivitas ini, seseorang harus berusaha untuk meyakinkan audience agar mau menjadi temannya. Dalam prosesnya, orang tersebut mencoba untuk menemukan kualitas dirinya, sekaligus membiarkan orang lain untuk mengetahuinya. Dia bisa memanfaatkan kata-kata dan gambar untuk membujuk orang. Disini, para peserta menganggap dirinya sedang mengiklankan diri agar bisa menjadi teman, sehingga saat itu, berpikir positif akan terasa sebagai sesuatu yang natural. Jika dia merasa kesulitan saat melakukannya, maka audience bisa berpartisipasi dalam aktivitas ini dengan cara memberikan dorongan. Interaksi ini berfungsi sebagai cara untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.
  • Gauntlet. Sebuah gauntlet adalah sejenis sarung tangan yang menjadi bagian dari pakaian untuk perang pada abad pertengahan. Dalam aktivitas ini, dua barisan dibentuk dengan orang-orang saling yang saling berhadapan. Karena jalur yang berada diantara dua baris ini adalah sebuah tabung, maka permainan ini di kenal sebagai gauntlet. Setiap peserta diharuskan untuk melewati baris ini. Saat seorang peserta berjalan diatasnya, dibagian belakang para peserta lain akan memberikan dukungan dengan cara mengucapkan kata-kata yang membuatnya senang. Para peserta dianjurkan untuk berjalan dengan perlahan sehingga dia bisa memberi perhatian yang lebih terhadap setiap gerakanya. Aktivitas ini, gauntlet, mengingatkan kita pada permainan cricket dimana seorang pemain akan melewati penonton yang menyoraki dan menepuk punggungnya.
  • Diskusi. Aktivitas ini dilakukan dalam sebuah kelompok. Setiap orang dalam kelompok diberikan sebuah tugas untuk menulis tentang suatu tema. Setelah itu, dia ditugaskan untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan tema tersebut. Melalui aktivitas ini, seseorang akan belajar untuk mempersentasikan topik secara sistematis, yang pada akhirnya akan meningkatkan keyakinan dirinya.

Tips-tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri

  • Katakan hal-hal positif pada diri sendiri. Jika kamu melakukan sesuatu berulang-ulang, maka kamu akan mulai mempercayainya. Berpikir positif membuat mu percaya pada potensi mu. Aktivitas ini bukan bertujuan untuk menanamkan kepercayaan-kepercayaan yang palsu, melainkan untuk mengingatkan mu mengenai kualitas-kualitas yang kamu miliki.
  • Mulailah membuat diary atau jurnal untuk merekam aktivitas harian mu. Begitu kamu mulai mengekspresikan diri melalui tulisan, kamu akan kaget dengan jumlah kualitas yang kamu miliki. Kamu akan menemukan jati diri mu.
  • Tuliskan target yang ingin kamu capai dalam hidup. Manusia cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap kata-kata yang tertulis. Kata-kata ini akan mendekatkan mu ke arah target yang ingin dicapai.
  • Terima diri mu apa adanya. Meskipun kamu ingin memperbaiki kekurangan mu, langkah pertamanya adalah dengan menerima diri sendiri.
  • Hadapilah ketakutan mu. Ini kedengarannya memang sulit, tapi ini mungkin adalah solusi terbaik untuk membangun rasa percaya diri.
  • Bertanggung jawablah secara penuh atas semua tindakan mu. Ma'afkan diri mu jika berbuat salah dan berhentilah mengkritik diri sendiri atas kegagalan yang dialami.
  • Berbuat baiklah terhadap orang-orang disekitar. Selalulah perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan oleh mereka.
  • Jika kamu bersama teman-teman yang baik, maka energi positif akan mengelilingi mu.
  • Tidak peduli betapapun sibuknya diri mu, cobalah untuk menyatu dengan alam. Udara yang segar, pemandangan yang indah, suasana yang tenang, adalah kekuatan yang besar bagi penyembuhan.
  • Ubah dirimu untuk menyesuaikan situasi. Adaptasi adalah sifat yang positif.
  • Pertahankan kebugaran tubuh dan pikiran. Lakukan olahraga dan meditasi setiap hari, kamu akan takjub dengan efeknya bagi kesehatan mu.
  • Belajarlah untuk menikmati hidup mu. Bersenang-senang adalah aktivitas penghilang stress sekaligus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh mu.

Kekuatan untuk berkembang dan meningkat dalam hidup itu ada ditangan mu. Memang, ada orang-orang yang yang bisa membimbing mu, tapi pada akhirnya, orang yang paling bertanggung jawab untuk membantu diri mu adalah, diri mu sendiri.

Jujurlah pada diri mu dan mulailah membangun rasa percaya diri mu!