10 Cara Instant untuk Membangun Keyakinan Diri

Keyakinan diri itu berbeda dengan merasa diri tidak bisa dihentikan atau merasa takut dengan kecerdasan yang kamu miliki. Persepsi mu mengenai diri sendiri punya dampak yang sangat besar terhadap persepsi orang lain mengenai diri mu. Dan persepsi adalah realitas, dimana, semakin besar keyakinan mu, maka semakin besar kemungkinan mu untuk sukses.

Meski banyak faktor diluar kendali mu yang bisa mempengaruhi keyakinan diri, tapi ada berberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun keyakinan diri. Dengan menggunakan 10 strategi ini, kamu bisa mendapatkan keunggulan secara mental yang kamu sangat kamu perlukan agar bisa memaksimalkan seluruh potensi mu.

1. Berpakaian Rapi

Meski pakaian tidak membuat seseorang jadi yakin, tapi pakaian bisa mempengaruhi perasaan seseorang terhadap dirinya.

Tidak ada yang lebih sadar akan penampilan fisik mu dibanding diri mu sendiri.

Saat kamu terlihat tidak menarik, itu akan mempengaruhi cara mu dalam membawa diri, dan cara mu dalam berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, manfaatkan faktor ini untuk memberi keuntungan pada mu, yaitu dengan cara merawat penampilan fisik mu secara teratur. Dalam sebagian besar kasus, peningkatan yang significant akan terjadi saat kamu memakai pakaian yang bersih dan tahu mengenai gaya-gaya busana terbaru.

Tapi ini tidak berarti bahwa kamu perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian. Salah aturannya yang sangat baik untuk diikuti adalah, "belanjakan dua kali lebih banyak, beli setengahnya." Dari pada membeli setumpuk pakaian murah, beli setengahnya, dengan kualitas yang lebih tinggi.

Untuk jangka panjang ini akan mengurangi pengeluaran karena pakaian yang mahal umumnya lebih jarang digunakan dan akan bertahan lebih lama dibanding pakaian yang lebih murah. Dengan membeli lebih sedikit, itu juga akan memberi ruang yang lebih banyak di dalam lemari.

2. Berjalan Lebih Cepat

Salah satu cara termudah untuk mengetahui bagaimana seseorang merasa terhadap dirinya adalah dengan mengamati cara dia berjalan. Apakah dia berjalan dengan lambat? Letih? Kesakitan? Atau dengan cepat dan penuh semangat?

Orang yang yakin pada diri sendiri berjalan dengan cepat. Mereka punya tempat untuk dituju, orang untuk ditemui, dan tugas yang penting untuk diselesaikan.

Jadi, meski jika kamu sedang tidak terburu-buru, kamu bisa meningkatkan keyakinan diri dengan cara menambahkan energi pada setiap langkah mu. Dengan berjalan 25 persen lebih cepat, itu akan membuat mu tampak dan merasa lebih penting.

3. Postur yang Bagus

Cara seseorang membawa diri juga akan mengungkap keyakinan dirinya. Orang yang bahunya membungkuk dan bergerak dengan lesu, menunjukkan keyakinan dirinya yang kurang. Dia tidak antusias terhadap apa yang dikerjakannya, dan dia menganggap dirinya tidak penting.

Dengan melatih postur yang bagus, secara otomatis kamu akan merasa lebih yakin terhadap diri sendiri. Berdirilah dengan lurus, angkat kepala mu, dan lakukan kontak mata. Kamu akan memberi kesan yang positif pada orang lain, dan secara instant akan merasa lebih waspada dan bersemangat.

4. Mengiklankan Diri

Salah satu cara terbaik untuk membangun keyakinan diri adalah dengan mendengarkan pembicara motivasional. Akan tetapi, peluang untuk bisa mendengarkan pembicara yang hebat itu sangat jarang dan langka.

Tapi kamu bisa mengisi kebutuhan ini dengan cara membuat iklan pribadi. Tuliskan 30 - 60 menit pidato yang mengungkapkan semua kelebihan dan target mu. Kemudian, bacakan di depan cermin dengan keras (atau dalam hati jika kamu lebih suka) setiap kali kamu ingin meningkatkan keyakinan diri.

5. Bersyukur

Saat kamu terlalu memfokuskan pada apa yang kamu inginkan, maka pikiran mu akan menciptakan alasan kenapa kamu tidak bisa mendapatkannya. Ini akan mengarahkan mu untuk menggali kelemahan mu.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memfokuskan diri untuk bersyukur.

Sediakan waktu setiap hari untuk mengingat-ingat semua yang telah kamu miliki untuk disyukuri. Ingat-ingat kembali semua kesuksesan mu dimasa lalu, kemampuan mu yang unik, hubungan yang membahagiakan, dan momen-momen positif.

Kamu akan kagum dengan betapa banyak yang telah kamu miliki lalu termotivasi untuk mengambil langkah lebih jauh ke arah kesuksesan.

6. Puji Orang Lain

Saat kita berpikir negatif mengenai diri sendiri, seringkali kita memproyeksikan perasaan tersebut pada orang lain dalam bentuk hinaan atau gossip.

Untuk memutuskan rantai negatif ini, biasakan untuk memuji orang lain. Tolak keinginan untuk menikamnya dari belakang dengan gossip, dan berusahalah untuk memuji orang-orang disekitar mu.

Dalam prosesnya, kamu akan menjadi orang yang sangat disukai dan itu akan membangun keyakinan diri mu. Dengan mencari hal-hal terbaik yang ada di dalam diri orang lain, secara tidak langsung kamu akan mencarinya juga di dalam diri mu sendiri.

7. Duduk di Barisan Depan

Di sekolah, kantor, dan pada acara-acara publik, orang-orang berebut untuk duduk dibarisan belakang. Orang umumnya lebih suka dibelakang karena mereka takut menjadi pusat perhatian. Ini merefleksikan keyakinan diri yang kurang.

Dengan memutuskan untuk duduk di barisan depan, kamu bisa menyingkirkan rasa takut yang tidak rasional ini dan membangun keyakinan diri mu. Kamu juga akan lebih mudah untuk terlihat oleh-oleh orang-orang penting yang sedang berbicara di depan.

8. Berbicaralah Dengan Tegas

Selama diskusi kelompok, banyak orang yang tidak mau berbicara karena mereka takut bahwa orang-orang akan menghakiminya karena telah mengatakan sesuatu yang konyol. Ketakutan ini sangat tidak beralasan.

Umumnya, orang jauh lebih mudah untuk menerima dibanding yang kita bayangkan. Dan faktanya, hampir semua orang juga punya ketakutan yang sama.

Dengan berusaha untuk berbicara setidaknya satu kali dalam diskusi kelompok, maka kamu akan mampu untuk berbicara dengan lebih baik di depan publik, lebih yakin terhadap pemikiran mu, dan dikenali sebagai pemimpin oleh teman-teman mu.

9. Berolah raga

Sama halnya dengan penampilan fisik, kebugaran fisik juga punya efek yang besar terhadap keyakinan diri. Jika bentuk tubuhmu tidak mendukung, maka kamu akan merasa tidak nyaman, tidak menarik, dan kurang energik.

Dengan berolah raga, maka penampilan fisik mu akan meningkat, kamu merasa lebih berenergi, dan merasa mampu untuk mencapai sesuatu yang positif.

Dengan membiasakan diri untuk berolah raga secara teratur bukan hanya akan membuat mu jauh lebih baik, tapi juga akan menciptakan momentum positif yang bisa kamu pertahankan sepanjang hari.

10. Fokus pada Kontribusi

Seringkali, kita terperangkap di dalam keinginan kita sendiri. Kita terlalu fokus pada diri sendiri sehingga kurang memperhatikan kebutuhan orang lain.

Jika kamu bisa berhenti sejenak untuk memikirkan diri sendiri, dan mengkonsentrasikan untuk memberikan kontribusi pada orang lain, maka kekhawatiran mu akan jauh berkurang. Ini akan meningkatkan keyakinan diri mu dan membuat mu bisa berkontribusi dengan lebih efektif.

Semakin besar kontribusi mu, maka semakin besar kesuksesan dan pengakuan yang akan kamu dapatkan.