Kulit - Berbuatlah yang Terbaik untuk nya

Kulit adalah organ terbesar yang menutupi seluruh tubuh. Kulit berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh, otot, tulang dan persendian yang membentuk tubuh. Coba bayangkan seandainya kita tidak memiliki kulit, pasti tampak mengerikan. Tapi kenapa setiap hari kita melakukan hal-hal yang menyebabkan kulit menjadi tidak sehat bahkan rusak?
Agar kulit menjadi sehat, telihat cantik dan terasa nyaman, dia membutuhkan perawatan yang benar. Tapi, bagaimana cara merawat kulit yang benar? Jawabannya adalah dengan cara merawat diri, baik dari luar maupun dari dalam, dan perlakukanlah kulit sebagai harta yang sangat berharga.
Berbaikhatilah terhadap kulit. Dan sebagai balasannya, dia akan memberi mu penampilan yang memukau, sebagai cermin dari tubuh yang sehat. Kulit punya tugas yang berat dan sangat penting. Yaitu bertindak sebagai perisai yang melindungi tubuh dari bakteri dan bahan-bahan asing yang berusaha masuk dan menyebabkan infeksi atau penyakit.
Kulit juga bekerja keras agar polusi dan berbagai bahan beracun yang ada di lingkungan sekitar tidak bisa masuk. Selain itu, kulit juga melindung kita dari sinar UVB dan UVA. Kulit akan bekerja sama dengan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga kita selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit.
Tapi sayangnya, saat usia kita bertambah, semakin berkurang pula kemampuan kulit dalam tugasnya. Selain usia, ada banyak hal lain yang bisa menghalangi atau menghambat perkembangan kulit. Saat kulit menjadi kering, pecah-pecah, gatal, memerah, berbintik dan membengkak, itu pertanda bahwa beban yang harus di tanggung telah melebihi batas.
Dan tanda-tanda ini bisa menjadi pintu masuk bagi berbagai masalah dan penyakit. Terutama bila sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi mengatasinya. Seiring perubahan waktu, kulit akan ikut berubah, dan akan membutuhkan lebih banyak bantuan untuk membuat sel-sel baru dan meremajakan dirinya. Setiap 21 sampai 28 hari kulit akan memperbarui diri, dan membutuhkan bantuan extra agar tetap mampu memerangi tanda-tanda kerusakan. Baik yang di akibatkan oleh perubahan usia, maupun lingkungan.