Penyebab Kulit Menjadi Tidak Sehat

Kulit yang sehat akan terlihat muda, cerah, lembut dan tanpa noda. Sedangkan kulit yang tidak sehat akan terlihat kusam, letih, berkerut, dan tampak lebih tua dari yang sebenarnya.
Itulah sebabnya kenapa tidak ada orang yang mau kulitnya tidak sehat. Tapi sayang, tidak semua orang tahu apa yang jadi penyebab kulit menjadi tidak sehat. Beberapa hal berikut ini adalah penyebab kulit menjadi tidak sehat: 

Pola makan yang kurang baik.

Kulit adalah organ yang hidup dan bernapas. Itu artinya, untuk terlihat dan terasa sehat, kulit memerlukan nutrisi yang seimbang. Saat kulit tidak mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi yang di butuhkan, maka secara otomatis dia tidak bisa berfungsi secara optimal, dan cepat atau lambat itu juga akan merusak bentuknya. Misalnya menjadi kering, bernoda, tampak kusam, berkerut dan mengalami penuaan dini.
Untuk mencegah hal ini, kamu perlu memberinya makanan yang bernutrisi setiap hari. Makanlah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A untuk mencegah agar kulit tidak menjadi kering dan kusam. Makanan yang banyak mengandung vitamin B bisa membantu kulit agar terlihat lebih sehat, cerah, lembut, dan tampak awet muda.
Sedangkan nutrisi-nutrisi lain misalnya Kalsium, protein, idodine, niacin, folic acid, zat besi dan copper, akan membantu kulit agar tidak menjadi berkerut, tampak pucat, terbakar sinar matahari, bernoda,dan beberapa gejala lainnya. Dapatkan kulit yang lebih sehat dan awet muda dengan cara mengkonsumsi telur, keju, ayam, ikan, sayuran, buah, dan biji-bijian.

Kurang menjaga kebersihan.

Kurang menjaga kebersihan kulit adalah penyebab umum yang membuat kulit menjadi tidak sehat. Entah itu mungkin kerena kurang teratur dalam membersihkan kulit, atau bisa juga kerena penggunaan cleanser yang kurang efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Sebab, debu, kotoran, dan berbagai bahan berbahaya lainnya tersebut, akan membuat pori menjadi tersumbat, kulit menjadi kering dan pecah-pecah, serta menghambat proses peremajaan kulit.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari perawatan kulit, pastikan kamu membersihkan kulit dua kali sehari. Juga, pastikan bahwa kamu menggunakan cleanser yang efektif, yang di formula secara khusus untuk membersihkan kulit secara mendalam.
Saat menggunakan cleanser, tekan secara lembut, jangan menggosok atau menarik kulit. Sebab, itu akan menyebabkan iritasi. Dan yang terakhir, lanjutkan dengan menggunakan moisturizer yang mengandung tabir surya untuk melembabkan dan menjaga kulit dari sinar matahari.

Kebiasaan buruk

Sekalipun kamu sudah menjalankan pola makan yang sehat, dan memberi perhatian yang lebih terhadap perawatan kulit sehari-hari, semua itu tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika kamu masih terus melakukan berbagai kebiasaan buruk. Misalnya, berjemur di bawah sinar matahari secara langsung tanpa menggunakan tabir surya, merokok, dan menggunakan makeup yang terlalu tebal.
Untuk mengatasinya, hindari terkena sinar matahari secara langsung, dan selalu gunakan tabir surya yang mengandung setidak 15 SPF. Jauhi rokok, minum air yang cukup, dan pilihlah kosmetik yang ringan jika kamu ingin menjaga agar kulit mu tetap cantik dan sehat untuk jangka waktu yang lebih lama.