5 Tips untuk Kulit yang Sehat

Tidak punya waktu untuk melakukan perawatan kulit yang intensif? Maka, manjakan diri mu dengan perawatan dasar berikut ini. Dengan perawatan kulit yang rutin dan memilih gaya hidup yang sehat, itu bisa membantu untuk menunda proses penuaan kulit, dan mencegahnya berbagai jenis masalah kulit. Mulailah dengan lima tips berikut ini:

1. Lindungi diri dari sinar matahari.

Cara yang paling ampuh untuk menjaga kulit adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Terlalu lama dan sering terkena sinar matahari akan menyebabkan kulit menjadi berkerut, berbintik, kering dan kasar. Terlalu lama terkena sinar matahari juga akan menimbulkan masalah-masalah yang serius, misalnya kanker kulit. Untuk mencegahnya, lakukan hal berikut ini:
  • Hindari terkena sinar matahari antara pukul 10 pagi sampai 4 sore. Saat-saat seperti inilah sinar matahari sedang mencapai puncaknya.
  • Gunakan pakaian pelindung. Tutupi seluruh bagian tubuh dengan pakaian dan topi. Kamu mungkin juga ingin menggunakan pakaian yang di rancang khusus untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan sinar ultraviolet, tapi tetap membuat mu merasa segar dan nyaman.
  • Gunakan tabir surya. Gunakan 30 menit sebelum ke luar dan terkena sinar matahari. Dan gunakan lagi setiap 2 jam sekali, atau setelah banyak berkeringat, atau juga setelah terkena air.

2. Hindari rokok.

Rokok akan membuat kulit tampak lebih tua dari yang sebenarnya. Rokok juga akan menyebabkan kulit menjadi berkeriput. Itu karena rokok dapat memperkecil pembuluh darah, yang mengakibatkan terhambatnya peredaran darah. Sehingga, kulit jadi lebih sulit untuk mendapatkan oksigen dan berbagai vitmain, misalnya vitamin A yang penting untuk kulit.
Merokok juga akan merusak collagen dan elastin, yaitu serat yang di butuhkan agar kulit tetap kuat dan elastis. Selain itu, pengulangan ekspresi wajah yang dilakukan saat merokok, misalnya mengerutkan bibir saat sedang menghisap, dan mengedipkan mata saat menghembuskan asap rokok, akan mengakibatkan kulit menjadi berkerut. Jadi, jika saat ini kamu masih merokok, tapi ingin punya kulit yang sehat, maka berhentilah merokok.

3. Perlakukan kulit dengan lembut.

Membersihkan wajah dan bercukur bisa membuat kulit menjadi rusak, jika tidak di lakukan dengan benar. Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tips berikut ini:
  • Batasi waktu berendam. Air yang panas dan waktu mandi atau berendam yang terlalu lama, akan menyebkan kulit kehilangan minyak. Jadi, batasi waktu untuk mandi atau berendam dan gunakan air hangat, jangan yang panas.
  • Hindari sabun yang keras. Sabun yang keras akan menghilangkan minyak dari kulit. Jadi, gunakan sabun yang lebih ringan.
  • Berhati-hatilah saat bercukur. Untuk melindungi dan meminyaki kulit, gunakan krim, lotion, atau jell untuk mencukur. Untuk mencukur rambut atau bulu yang pendek, gunakan pisau cukur yang tajam. Bercukurlah dengan mengikuti arah pertumbuhan rambut, dan jangan sebaliknya.
  • Menepuk. Setelah membersihkan wajah ataupun mandi, keringkan kulit dengan cara menepuk-nepuknya dengan lembut. Itu untuk menjaga agar kulit tidak menjadi kering.
  • Gunakan Moisturiser. Carilah moisturiser yang sesuai dengan jenis kulit agar kulit tampak dan terasa lembut.

5. Makanlah makanan yang sehat.

Diet yang sehat, akan sangat membantu penampilan. Makanlah buah, sayur, biji-bijian dan sumber makanan yang banyak mengandung protein. Meski hubungan antara jerawat dengan diet masih belum jelas, tapi para peneliti menganjurkan untuk memakan makanan yang sehat, dan banyak mengandung vitamin C, serta menjauhi makanan yang banyak mengandung lemak dan karbothidrat.

5. Atasi stress.

Stress yang tidak terkendali akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan bisa merangsang munculnya jerawat, atau masalah-masalah kulit lainnya. Agar kulit dan pikiran menjadi lebih sehat, lakukan berbagai hal yang bisa membantu untuk mengurangi dan mencegah stress. Misalnya, dengan mengurangi jadwal kegiatan yang terlalu padat. Atau bisa juga dengan cara lebih sering melakukan hal-hal yang di sukai.
Lakukan 5 tips diatas, dan penampilan yang cantik serta kulit yang lebih sehat akan segara kamu dapatkan.