Mengapa Menerima Diri Sendiri Apa Adanya itu Begitu Penting?

Itu begitu penting karena jika kamu tidak mau menerima dirimu apa adanya, itu akan menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan mu. Sebagian dari masalah ini bersifat internal dan akan mempengaruhi kepribadian mu, dan sebagian yang lain akan mempengaruhi bagaimana orang lain akan memperlakukan mu.

Coba kita lihat beberapa contoh dari masalah ini:

  • Kurang percaya diri - dengan menolak kebenaran mengenai siapa dirimu sebenarnya atau buta terhadap apa yang sebenarnya kamu mampu, itu mungkin disebabkan karena kamu kurang percaya diri.
  • Hidup dalam kebohongan - jika kamu tidak mau menerima siapa diri mu apa adanya, maka kamu mungkin akan memaksakan diri untuk menjadi orang lain, dan hasilnya adalah kehidupan yang penuh kepalsuan. Jika kamu merasa bahwa kamu menjalani hidup yang tidak menunjukkan siapa diri mu sebenarnya, berarti kamu mungkin punya masalah ini.
  • Merasa tidak bahagia - ini berhubungan dengan dua point terakhir karena kamu tidak bisa menikmati hidup yang disebabkan karena kamu mengabaikan kata hati mu sendiri.
  • Menjadi korban - jika kamu tidak mau menerima diri sendiri, maka kamu mungkin lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang lain dari pada mempercayai kata hati mu sendiri, dan itu akan menyebabkan mu untuk mudah menjadi korban dari penipuan orang lain.
  • Tidak percaya pada diri sendiri - kurangnya rasa percaya diri bisa mengikuti saat kamu tidak yakin mengenai siapa diri mu sebenarnya dan apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Menerima diri apa adanya berarti kamu memahami siapa diri mu dan dimana kelebihan serta kelemahan mu.

Kamu tahu dengan apa yang kamu inginkan. Dan ini bisa membuat mu merasa nyaman dengan tempat mu di dunia ini.

Jika kamu bisa membangun rasa percaya diri maka kamu akan terbebas dari kebiasaan untuk selalu mengkritik diri sendiri, dan kamu bisa mulai menghadapi tantangan dalam hidup mu dan meraih kesuksesan. Coba bayangkan seandainya kamu menjadi orang yang mudah bergaul, mampu berbicara di depan orang banyak, dan merasa senang terhadap diri sendiri, tidak lagi merasa rendah diri atau takut.

Jika kamu mau menerima diri mu apa adanya, maka kamu bisa akan lebih menghargai diri mu, dan memberitahu orang lain bahwa mereka seharusnya mau menerima dan menghormati diri mu apa adanya. Kamu juga mampu untuk menerima orang lain dan tidak menuntut bahwa mereka harus mencoba untuk menyamai standard mu.

Menerima diri sendiri berarti kamu merasa senang terhadap apa dan siapa dirimu sesungguhnya. Tapi itu bukan berarti bahwa kamu menyerah dan tidak mau memperbaiki diri. Menerima diri adalah langkah awal yang diperlukan dalam proses peningkatan diri karena kamu perlu untuk mengetahui siapa diri mu sebenarnya dan menerimanya, lalu memutuskan apakah kamu ingin memperbaikinya atau tidak.

Langkah apa yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan penerimaan terhadap diri sendiri?

  • Sediakan waktu untuk memikirkan tentang diri mu, tentang siapa diri mu sebenarnya, kepribadian mu, latar belakang mu, dan apa yang jadi penyebabnya.
  • Pahami bahwa ada aspek positif dan negatif dengan menjadi diri mu saat ini, dan kamu harus mau menerima keduanya sebagai bagian dari diri mu.
  • Adakah sesuatu mengenai diri mu yang tidak kamu sukai? Ok, mungkin kamu bisa memperbaikinya, tapi langkah pertamanya adalah kamu harus lebih dulu menyadari dan mau menerimanya.
  • Apakah kamu mencoba untuk menjadi sesuatu yang bukan diri mu? Mengapa? Tidakkah akan lebih baik jika kamu menjadi diri sendiri?