Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Mengatakan Tidak

Apakah kamu punya masalah untuk mengatakan tidak saat kamu menginginkannya? Pelajari cara menyelesaikan masalah ini.

Ketegasan itu penting jika kamu ingin membangun rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pikirkan:

  • Kamu bisa belajar untuk menjadi tegas.
  • Kamu seharusnya tidak merasa bersalah saat mengatakan tidak.
  • Keuntungan dari mengatakan tidak.
  • Kapan waktunya untuk mengatakan tidak.
  • Bagaimana cara mengatakan tidak.

Dalam kehidupan pribadi maupun bisnis, mengatakan tidak itu adalah sebuah skill yang sangat diperlukan.

Sangat tidak mungkin untuk menyenangkan semua orang, dan jika kamu selalu mengatakan iya, maka kamu akan tahu bahwa orang-orang akan memberikan mu lebih banyak dan lebih banyak lagi hal-hal yang harus kamu lakukan, sehingga kamu jadi tidak punya waktu lagi untuk melakukan apa-apa yang perlu kamu lakukan.

Sangat penting untuk tahu bagaimana cara mengatakan tidak. Apakah kamu merasa selalu mengatakan iya, terutama dalam pekerjaan atau di lingkungan keluarga?

Jika kamu merasa punya masalah dengan hal ini, maka kamu mungkin akan merasa bersalah, misalnya saat seorang anak meminta mu untuk melakukan sesuatu. Dan kamu berpikir bahwa kamu seharusnya melakukan apa yang dia minta. Jika tidak, maka kamu akan merasa telah berbuat jahat. Ini sama sekali tidak benar karena sebagai orang tua, kamu perlu waktu untuk diri sendiri dan kamu juga punya tanggung jawab yang mungkin jauh lebih penting.

Begitu juga di lingkungan kerja, mengatakan tidak adalah bagian vital dari kehidupan bisnis. Begitu vitalnya sehingga jika kamu tidak tahu cara mengatakannya, maka cepat atau lambat kamu akan menjadi andalan bagi orang lain yang ingin meminta waktu mu.

Jika kamu terus membiarkan ini terjadi, maka orang lain akan memanfaatkan mu dan kamu akan menjadi semakin sulit untuk berkonsentrasi dengan pekerjaan mu sendiri karena mereka akan berharap kamu mau terus menerus mengerjakan pekerjaan mereka. Jangan masuk ke dalam jebakan ini!

Keuntungan dari Mengatakan Tidak

Mengatakan tidak adalah bagian dari menjadi orang yang lebih tegas. Mengatakan tidak akan membantu mu untuk menjadi lebih percaya diri dan terkendali.

Jika kamu tidak mau mempelajari skill ini, maka kamu akan terus menerus merasa frustasi dan stress. Ini adalah resep untuk merasa rendah diri karena kamu akan merasa bahwa orang lain tidak menghormati mu dan mengambil keuntungan dari mu.

Kamu harus mengakhiri ini dan belajar untuk menjadi orang yang tegas.

Mengapa Kamu Harus Merasa Bersalah Dengan Mengatakan Tidak

Kamu seharusnya tidak merasa bersalah untuk mengatakan tidak karena itu adalah hak mu dan kamu berhak untuk mendahulukan apa yang menurut mu paling penting.

Jika kamu terbiasa untuk mengatakan iya atau terbiasa selalu menyenangkan orang lain, berarti kamu perlu memikirkan lagi mengenai efek negatif dari kebiasaan ini terhadap mu.

Lain kali, saat kamu menghadapi situasi dimana kamu ingin mengatakan tidak, jelaskan pada orang lain mengapa kamu tidak bisa melakukannya. Mereka mungkin sudah terbiasa melihat mu menerima sehingga mereka mungkin akan mempertanyakan alasan mu. Tetaplah yakin pada diri sendiri dan jelaskan bahwa kamu punya tugas lain yang lebih penting untuk dikerjakan. Rasa bersalah tidak seharusnya datang, dan kamu tidak harus merasa seperti itu dan berkata iya.

Kamu merasa perlu untuk mengatakan iya karena ingin mencari persetujuan atau merasakan senang di dalam hati. Tapi ini sesungguhnya menunjukkan bahwa kamu punya rasa percaya diri yang rendah, dan kamu harus melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Tidak saharusnya kamu merasa perlu untuk selalu mengatakan iya pada tuntutan orang lain hanya untuk membuat mu menjadi senang terhadap diri sendiri.

Kapan dan Bagaimana Cara untuk Mengatakan Tidak

Kamu harus mengatakan tidak saat:

  • Apa yang diminta oleh orang lain itu berlawanan dengan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Katakan padanya dan jujurlah!
  • Kamu tidak punya waktu. Jelaskan bahwa kamu sedang sibuk dengan sesuatu yang lebih penting, tolak dengan halus!
  • Seharusnya orang lain yang melakukannya. Jelaskan dengan hati-hati bahwa itu bukan tanggung jawab mu atau mereka bisa melakukan lebih baik dibanding dirimu.
  • Saat tugas itu akan membantu orang tersebut dalam mempelajari sesuatu. Sulit untuk dijelaskan tapi kamu perlu melakukannya demi membantu orang tersebut.
  • Apa yang mereka minta itu salah (menurut pendapat mu). Jangan takut untuk berkata jujur!

Mengatakan tidak akan membantu meningkatkan rasa percaya diri mu, sebab, dengan melakukan itu, kamu memprioritaskan hal-hal yang penting bagi kehidupan mu dan kamu tidak membiarkan orang lain untuk memaksa mu.

Ok, tapi bagaimana cara mengatakan tidak?

  • Dengan menjelaskan perasaan mu.
  • Dengan memberikan alasan mu.
  • Dengan menolaknya secara halus dan meminta ma'af.
  • Dengan membuat orang lain menjadi mengerti.
  • Dengan menunjukkan pada orang lain bahwa kamu tidak suka dipaksa untuk mengatakan iya.