Tips Merasa Percaya Diri

Merasa kurang percaya diri? Ingin menjadi orang yang lebih percaya diri? Ingin tahu caranya?
Meski memang benar bahwa rasa percaya diri tidak bisa ditumbuhkan dalam waktu semalam, tapi percayalah bahwa rasa percaya diri itu bisa di dapatkan. Kau cuma perlu sedikit dedikasi dan sadar bahwa kau juga layak untuk di hormati, di hargai dan di cintai.
Berikut ini beberapa tips yang akan membantu mengembalikan rasa percaya diri:
Selidiki apa yang membuat mu merasa tidak aman. Apa yang di katakan oleh suara-suara yang ada di dalam pikiran mu? Apa yang membuat mu merasa malu pada diri sendiri? Itu bisa berarti apa saja. Mulai dari jerawat, sesuatu yang di sesali, atau mungkin seorang teman. Identifikasi, beri nama dan tuliskan apapun yang membuat mu merasa tidak berharga, malu, atau rendah diri. Kau juga boleh menumpahkan perasaan pada setiap poin yang di tuliskan untuk mulai mendapatkan perasaan yang positif terhadap poin tersebut.
Bicarakan dengan teman atau orang yang di cintai. Jangan merahasiakannya. Ungkapkan setiap permasalahan yang membuat mu merasa kurang percaya diri. Lakukan ini setiap hari, satu persatu. Mulailah menyelesaikan akar permasalahan, fokus dan pahamilah bahwa kau harus lebih dulu menyelesaikannya sebelum bisa melangkah maju. Tapi berarti bahwa kau harus bisa menyingkirkan semua hal yang tidak menyenangkan. Kau cuma perlu belajar untuk menerima diri sendiri, masa lalu, dan keadaan. Tanpa menganggapnya sebagai sesuatu yang buruk.
Ingat, tidak orang yang sempurna. Bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun terkadang merasa tidak aman. Dalam hidup, kita pasti akan merasa kurang terhadap sesuatu. Ini adalah fakta. Jadi, belajarlah untuk mengerti dan menerima kenyataan bahwa hidup penuh dengan ketidakpastian.
Ketahui kesuksessan mu. Setiap orang pasti ahli dalam sesuatu. Jadi, cari tahu hal-hal yang bisa kau lakukan dengan baik. Kemudian fokus pada bakat. Izinkan diri mu untuk memperoleh kebanggaan dari hal tersebut. Beri pujian terhadap kesuksessan mu. Merasa rendah diri adalah kondisi pikiran yang menyatakan bahwa diri mu adalah korban. Jadi, jangan biarkan diri mu menjadi korban.
Expressikan diri mu. Entah itu melalui musik, seni, menulis, olahraga, dan lain-lain. Cari sesuatu yang bisa kau nikmati. Setiap orang terlahir dengan bakat dan kelebihannya sendiri. Asah dan kembangkan. Jika merasa kesulitan untuk mengenali kelebihan atau hal-hal yang disukai, coba pikirkan hal-hal yang dilakukan oleh orang lain yang ingin kau lakukan juga. Kemudian pelajari, atau bergabunglah dengan sebuah komunitas.
Mengikuti hasrat, bukan cuma memberi efek theraphy, tapi juga membuat mu merasa unik dan telah mencapai sesuatu. Semua itu akan sangat membantu untuk membangun kembali rasa percaya diri. Di tambah lagi, dengan menambahkan berbagai hal menarik ke dalam hidup, itu bukan cuma akan menambah rasa percaya diri, tapi juga meningkatkan peluang untuk bertemu dengan orang-orang yang compatible.
Bersyukur terhadap apa yang di miliki. Seringkali, rasa tidak aman dan kurang percaya diri itu akibat dari merasa kurang terhadap sesuatu. Entah itu bersifat emosional, keberuntungan, uang, teman, karir, pekerjaan, dan lain-lain. Menyadari dan menghargai semua yang di miliki, akan melawan perasaan tersebut, menemukan ketenangan batin, dan mempercepat proses meningkatnya rasa percaya diri.
Menjadi lebih positif, meski sedang tidak merasakannya. Hindari mengasihani diri, atau mengharap belas kasihan dan simpati dari orang lain. Jangan pernah membiarkan orang lain membuat mu merasa rendah diri. Mereka bisa begitu hanya jika kau yang mengijinkan. Jika terus membenci dan merendahkan diri, orang lain juga akan mempercayai dan memperlakukan mu seperti itu.
Jadi, bicaralah hal yang positif mengenai diri mu, masa depan mu, dan hal-hal yang sedang kau lakukan. Jangan takut untuk menampakkan kelebihan dan kekuatan mu di hadapan orang lain. Sebab, itu akan memperkuat ide yang ada di kepala, dan mengembangkannya ke arah yang positif.
Terimalah pencapaian dengan penuh syukur. Jangan pernah meremehkannya. Simpan dalam hati dan meresponlah dengan cara yang positif.
Bercerminlah dan tersenyum. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa expressi wajah akan merangsang otak untuk memunculkan emosi tertentu. Jadi dengan bercermin dan tersenyum setiap hari, kau mungkin akan merasa lebih bahagai dan lebih percaya terhadap diri mu.
Palsukan. Sama halnya dengan memaksa diri untuk tersenyum agar merasa bahagia, berakting seolah merasa percaya diri mungkin benar-benar akan membuat mu menjadi orang yang percaya diri. Berpura-puralah menjadi orang yang sangat percaya diri. Nikmati dan rasakan, lalu lihat apakah kau menyukainya.
Teguh pada prinsip. Ini mungkin agak sulit. Tapi, jika kau tidak pernah memiliki sesuatu untuk di percayai, kau tidak akan pernah memiliki apapun. Jika kau tidak mau teguh terhadap sesuatu, kau juga akan mudah terombang-ambing. Jadi, apapun yang terjadi dalam hidup, kumandangkan klaim bahwa mulai hari ini kau akan tetap memegang prinsip untuk menjadi yang terbaik.
Bantu orang lain. Saat tahu bahwa kau telah berbuat baik terhadap sesama, dan membuat perubahan yang positif terhadap kehidupan orang lain, itu akan meningkatkan rasa percaya diri mu.