Tips untuk Menjaga Kebersihan Make Up

Kaum wanita membeli, menggunakan, dan ber-eskperimen dengan makeup, dengan harapan kulit menjadi lebih segar, awet muda, dan tampak lebih cerah.

Tapi apa yang akan terjadi jika makeup yang mereka sayangi tersebut malah berubah menjadi musuh mereka yang paling menakutkan, dan tidak lagi mampu lagi memberikan kecantikan seperti yang mereka harapkan?

Sebelum kamu mulai menyalahkan kosmetik yang menjadi penyebab rusaknya kulit, mungkin akan lebih jika kamu melihat dulu bagaimana cara kamu menjaga dan menggunakan makeup.

Saat makeup masih terbungkus di pabrik, itu berarti makeup tersebut bebas dari bakteri dan kuman. Tapi saat kamu mulai membuka dan menggunakan nya, saat itu pula kuman dan bakteri mulai masuk ke dalamnya.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Dan saat makeup mulai terkontaminasi kuman dan bakteri, itu akan membuatnya menjadi perusak kulit setiap kali di gunakan.

Sebab, setiap kali kamu menggunakan makeup tersebut, itu sama artinya kamu membiarkan kuman dan bakteri masuk ke dalam kulit. Dan akan mengakibatkan pori menjadi tersumbar, jerawat, bintik hitam, dan permasalahan kulit lainnnya.

Penyebab lain kenapa makeup bisa menjadi penyebab kulit menjadi rusak adalah karena batas waktu penggunannya yang telah habis. Makeup yang telah habis masa berlakunya, lebih rentant mengundang bakteri untuk berkembang biak. Dan juga, beberapa bahan yang terdapat di dalamnya telah berubah menjadi bahan yang bisa menimbulkan akibat buruk dan menyebabkan reaksi yang tidak di inginkan pada kulit.

Untuk menjaga agar makeup tetap efektif dan mampu memberikan hasil yang terbaik, berarti kamu harus membuang makeup yang sudah kadaluarsa. Pabrik kosmetik umumnya menganjurkan untuk membuang liquid foundation setelah 6 bulan, dan based foundation setelah satu tahun.

Blush, eyeliner dan penggaris bibir harus di ganti setiap 6 bulan sekali. Sedangkan eye shadow umumnya lebih tahan lama dan baru harus di ganti setelah 14 bulan. Akan untuk mascara, umumnya harus di ganti setelah 6 minggu. Dan yang terakhir, lipstick harus di ganti setiap 3 bulan.

Memang, untuk melakukan itu semua sepertinya sangat merugikan, dan membutuhkan banyak uang untuk membeli makeup yang baru setiap beberapa bulan sekali. Tapi mengingat efek positif yang bisa di dapat, hal itu layak untuk dilakukan.

Cara lain untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dari makeup adalah dengan menjaganya agar selalu bersih. Banyak pengguna kosmetik yang tidak begitu peduli mengenai cara yang benar untuk mengurus kosmetik nya.

Padahal, dengan menjaga agar makeup dan kosmetik selalu bersih, itu sama artinya dengan menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat.

Ikuti beberapa tips berikut ini untuk menjaga agar make tetap bersih dari kuman dan bakteri:
  • Selalu cuci tangan sebelum menggunakan makeup. Ini akan mencegah makeup terkontaminasi, dan membantu menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri.
  • Gunakan peralatan atau perantara makeup yang bisa di ganti. Atau gunakanlah kuas saat akan menggunakan makeup. Jangan pernah menggunakan kuas dua kali sebelum terlebih dulu mencucinya dengan air hangat dan sabun. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan busa atau kapas yang bisa dibuang setelah di gunakan.
  • Jangan pernah meminjamkan makeup. Sebab, orang yang kamu pinjami tersebut mungkin tidak mencuci tangannya. Atau mungkin dia menggunakan kuas yang berminyak. Atau mungkin juga dia memiliki infeksi yang akan menular melalui makeup.
  • Gunakan air untuk mencairkan atau melembutkan kosmetik. Jangan pernah menggunakan saliva atau cairan lain.
  • Simpan kosmetik dengan benar. Simpan di tempat yang kering, sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Itu akan membuat kuman dan bakteri lebih sulit untuk berkembang biak. Juga pastikan bahwa makeup tertutup dengan benar untuk membatasi kontaminasi.
  • Buang makeup jika wadahnya rusak. Sebab, wadah yang rusak akan membuat bakteri lebih mudah untuk masuk.
  • Buang makeup yang telah berubah warna, bau, atau bentuknya. Perubahan itu bisa menjadi tanda bahwa makeup tersebut sudah kadaluarsa atau terkontaminasi dan tidak boleh di gunakan lagi.
Dengan mengikuti beberapa tips sederhana ini, akan membuat makeup selalu terjaga kebersihannya, hingga mampu berfungsi sebagaimana mestinya.