Shampo & Conditioners Terbaik untuk Semua Jenis Rambut

Shampo berfungsi untuk membuang debu, kotoran, minyak dan sisa-sisa produk perawatan rambut yang menumpuk. Tapi ada puluhan jenis dan mereknya. Begitu juga dengan conditioner. Conditioner berfungsi untuk membuat rambut tampak bersinar, melindungi rambut dari kekeringan, dan membuatnya mudah di atur. Berikut ini cara untuk memilih shampo dan conditioner terbaik untuk masing-masing jenis rambut.
Shampo dan Conditioner untuk jenis rambut kasar dan keriting.
Rambut keriting adalah jenis rambut yang mudah kering. Itu karena minyak yang di produksi di bagian kulit kepala sulit menyebar ke batang rambut. Beda dengan jenis rambut yang lurus. Jadi, jenis shampo dan conditioner yang terbaik untuk tekstur rambut keriting ini adalah yang berbentuk cream. Sebab, shampo jenis ini cenderung untuk melapisi batang rambut dan menyekap air di dalamnya.
Jenis rambut ini juga adalah jenis rambut yang paling membutuhkan conditioner, jika di bandingkan dengan jenis-jenis rambut yang lainnya. Jadi, setiap sehabis keramas, gunakanlah conditioner untuk mencegah rambut menjadi kering. Carilah conditioner yang mengandung ultra-moisturizer dan di rancang khusus untuk jenis rambut kasar. Dan sebulan sekali, rawatlah rambut dengan hot oil treatment.
Untuk rambut yang extra kering, rawatlah menggunakan moisturiser secara lebih intensif setiap dua minggu sekali. Rambut keriting sebaiknya jangan di keramas setiap hari. Sebab, itu malah membuatnya semakin kering, bercabang dan susah di atur. Sebagai alternatif untuk membersihkan rambut, cukup basahi rambut kemudian gunakan conditioner. Hindari juga penggunaan blow dryer, dan biarkan rambut menjadi kering secara alami.
Shampo dan Conditioner untuk jenis rambut halus dan berminyak.
Rambut halus sangat mudah terlihat berminyak. Gunakan shampo cair dan hindari shampo cream. Carilah shampo yang lembut agar bisa di gunakan lebih sering, atau bahkan setiap hari. Gunakanlah shampo yang mengandung panthenol. Sebab, para ahli penata rambut mengatakan bahwa panthenol ini akan masuk ke dalam kulit dan membuat rambut menjadi tebal.
Gunakan dry shampo atau talcum powder untuk membersihkan. Talcum powder berfungsi untuk membuang minyak dan membuat rambut menjadi tebal. Jenis rambut ini tidak selalu membutuhkan conditioner. Jika rambut mudah di atur setelah keramas, berarti tidak membutuhkan conditioner. Condiotioner sebenarnya bagus agar rambut mudah di atur. Tapi hati-hati, jangan sampai menyentuh kulit kepala.
Usapkan conditioner dari bagian tengah, hingga ke ujung rambut. Jangan biarkan terlalu lama. Jika rambut terlalu berminyak, carilah conditioner yang mengandung tree tea oil untuk menghilangkan minyak. Atau bisa juga menggunakan spray conditioner yang cenderung lebih ringan dan tidak membuat rambut menjadi berat. Jika rambut tidak terlalu berminyak, tidak perlu dibersihkan berulang-ulang, satu kali sudah cukup.
Shampo dan Conditioner untuk jenis rambut yang di bentuk, diwarnai, di luruskan.
Menambahkan moisturiser adalah kunci untuk rambut yang di warnai, di bentuk, dan di luruskan. Akan tetapi sayangnya, proses penataan rambut yang terlalu berlebihan, akan menyebabkan akar rambut menjadi lebih berminyak, tapi kering di bagian batang dan ujungnya.
Karena itulah, proses pembersihannya pun, membutuhkan trik tersendiri. Karena hasil yang di inginkan adalah minyak di bagian akar menjadi hilang, sambil memberikan kelembaban di bagian batang dan ujung rambut. Kami menganjurkan untuk menggunakan shampo yang di buat untuk jenis rambut normal. Fokuskan untuk membersihkan bagian kulit kepala. Lalu, gunakan conditioner hanya pada bagian batang dan ujung rambut.
Berikut ini beberapa tips untuk rambut yang di proses (di tata atau di bentuk):
  • Di warnai. Para pentata rambut bersumpah bahwa shampo pelindung warna itu mengandung cleanser yang lembut dan akan mengawetkan warna. Sementara para ahli lain mengatakan bahwa shampo seperti itu cuma trik dari perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak uang. Mereka lebih menganjurkan menggunakan jenis shampo yang lembut, misalnya shampo bayi. Jadi mau pilih yang mana? Menurut kami, yang manapun jadi. Asalkan cocok dengan mu.
  • Di bentuk atau di luruskan. Untuk jenis rambut ini, gunakan shampo yang mengandung moisturiser. Tapi gunakan hanya di bagian akar. Lalu bersihkan secepatnya dengan air. Sambil membasuhnya dengan air, usap rambut secara perlahan untuk membuang debu dan kotoran. Kemudian bersihkan. Jangan lupa menggunakan conditioner, tapi pastikan tidak menyentuh bagian akar.
Untuk jenis rambut ini, gunakan conditioner yang kaya akan moisturiser. Hindari conditioner yang mengandung silicon, sebab akan menghilangkan warna. Bersihkan rambut hanya setiap beberapa hari sekali, itu untuk mencegah kekeringan. Dry shampo shampo juga boleh di gunakan.
Shampo dan Conditioner untuk jenis rambut yang kering dan rusak. Untuk rambut jenis ini, jauhi shampo cair dan gunakan yang berbentuk cream. Dan jangan lupa, conditioner adalah kunci nya. Carilah conditioner yang mengandung ultra-moisturiser.