Perawatan Rambut Menggunakan Essential Oils

Menurut para ahli, rambut hanyalah jaringan mati yang keluar dan tumbuh dari akar rambut yang menempel di kulit. Karena itulah, anjuran untuk menggunakan essential oils untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, telah menjadi perdebatan dan kontroversi di kalangan ilmuwan modern.
Akan tetapi, pada tahun 1998, sebuah penelitian yang di lakukan oleh para peneliti dari Scotlandia, yang di publikasikan pada jurnal Archives of Dermatology (1998; 134:1349-1352), membuktikan bahwa ternyata aromatherapy sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut.
Dalam penelitian yang melibatkan 84 orang pasien ini, sebagian pasien di pijat menggunakan kombinasi dari minyak essensial setiap hari selama tujuh bulan. Sementara setengahnya lagi di pijat menggunakan jojoba oil dan grapeseed oils. Berikut ini resep yang di gunakan:
  • Thyme oil - 2 tetes
  • Rosemary oil - 3 tetes
  • Lavender oil - 3 tetes
  • Cedarwood oil - 2 tetess
  • Jojoba oil - 3 ml
  • Grapeseed oil - 20ml
Setelah tujuh bulan, 44% dari pasien yang menggunakan essential oils menujukkan pertumbuhan rambut yang sangat cepat. Sementara yang kelompok lainnya hanya mendapat peningkatan sebanyak 15%. Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa perawatan rambut menggunakan essential oils memang benar-benar efektif.
Semenjak pulalah, di pasaran, mulai banyak produk perawatan rambut yang mengklaim menggunakan essential oils sebagai bahan utamanya. Pengobatan dan perawatan rambut menggunakan herbal ini tentu lebih murah dan memiliki resiko yang lebih kecil dan tidak menyebabkan efek samping. Tapi tetap punya tingkat kesuksesan yang sama dengan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia.
Sebenarnya, ada dua macam minyak natural yang sangat bermanfaat bagi rambut. Yaitu essential oils dan carrier oils. Essential oils adalah minyak pengharum yang di olah dari tumbuhan, ringan, tidak terasa seperti minyak, dan cepat meresap. Sementara carrier oils adalah cairan yang berbentuk minyak, di buat dari tumbuhan, buah-buahan, sayuran atau kacang-kacangan.
Masing-masing minyak punya efek dan manfaat yang berbeda pada rambut:
Essential Oils. Bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuatnya adalah: lavender, chamomile, dan mawar. Beberapa jenis essential oils lain yang sering di gunakan untuk sebagai bagian dari perawatan rambut adalah:
  • Tea Tree Oil. Sangat bermanfaat bagi rambut karena dapat mengatasi kulit kepala yang kering, rambut berminyak, dan ketombe.
  • Sandalwood Oil. Gunakan minyak ini untuk merawat rambut yang kering dan kulit kepala yang iritasi. Minyak ini juga memilki kemampuan sebagai anti-inflammatory dan antiseptic.
  • Orange Oil. Dapat merangsang produksi minyak alami pada kulit kepala.
Carrier Oils. Carrier oils dapat di gunakan bersama essential oils atau sendiri-sendiri. Olive oil, almond oil, dan castor oil adalah contoh-contoh carrier oils yang sering di gunakan untuk merawat rambut. Contoh lainnya adalah:
  • Jojoba Oil. Sangat bermanfaat bagi rambut karena sangat mirip dengan minyak alami yang terdapat pada kulit (sebum).
  • Avocado Oil. Kaya akan vitamin yang di butuhkan oleh rambut. Misalnya vitamin vitamins A, E, D dan potassium.
  • Grapeseed Oil. Sangat populer karena tidak berbau dan kaya akan mineral serta vitamin yang membantu menguatkan, mencerahkan, dan melembabkan rambut. Selain itu, minyak ini juga banyak mengandung linoleic acid.