Formula 7 Langkah untuk Menetapkan Target

Ada banyak formula dan resep untuk menetapkan target. Tapi sebagai aturan umum, "Rencana manapun itu lebih baik dibanding dibading tidak punya rencana."

Berikut ini salah satu formula atau perencanaan terbaik dan paling efektif, yang akan pernah anda pelajari untuk menetapkan target:

Langkah Satu: Putuskan dengan pasti apa yang anda inginkan dalam area tertentu, lalu tuliskan dengan jelas dan detil. Buat itu jadi terukur dan spesifik.

Langkah Dua: Tentukan deadline untuk pencapaiannya. Jika itu sebuah target yang besar, pecah menjadi bagian-bagian kecil, dan tetapkan sub-deadlinenya masing-masing.

Langkah Tiga: Buat daftar yang berisi semua yang perlu anda lakukan untuk mencapai target ini. Saat terpikir suatu item baru, tambahkan ke dalam daftar, sampai itu menjadi lengkap.

Langkah Empat: Susun daftar aksi anda hingga menjadi sebuah perencanaan. Sebuah perencanaan itu diatur menurut dua elemen, prioritas dan urutan.

Dalam menyusun prioritas, anda harus lebih dulu menentukan hal-hal paling penting dalam daftar, yang mungkin bisa anda lakukan agar target tercapai. Terapkan kaidah 80/20. Yaitu, 20% dari hal-hal yang anda lakukan, akan menentukan 80% dari hasil.

Jika tidak menetapkan prioritas, anda akan banyak melakukan dan menghabiskan waktu untuk hal-hal kecil yang tidak relevan dan tidak bisa membantu tercapainya target-target anda.

Saat mengatur urutannya, anda harus menentukan apa yang harus diselesaikan lebih dulu, sebelum sesuatu yang lain bisa diselesaikan. Karena akan selalu ada aktivitas yang bergantung pada terselesaikannya aktivitas lain. Aktivitas yang mana sajakah itu, dan bagaimana urutannya?

Langkah Lima: Identifikasi semua penghalang atau hambatan yang mungkin akan menghadang, baik yang berasal dari situasi dan kondisi, maupun dari dalam diri anda sendiri. Tanyakan pada diri, "Mengapa aku belum juga mencapai target ini?"

Identifikasi penghalang atau hambatan yang terbesar, kemudian fokuskan untuk mengatasinya. Itu mungkin berupa modal atau sumberdaya yang menjadi kunci. Atau mungkin skill, kebiasaan, informasi, bantuan atau pertolongan dari orang lain. Apapun itu, identifikasi dengan jelas lalu berusahalah mengatasinya.

Langkah Enam: Setelah menetapkan target, menyusun rencana, dan mendata semua penghalang utama, segeralah melakukan aksi ke arah pencapaian target. Melangkahlah dengan yakin. Lakukan hal pertama yang muncul dipikiran. Tapi pilihlah yang bisa segera memulai proses pencapaian target.

Langkah Tujuh: Lakukan sesuatu setiap hari, yang bisa mendekatkan anda ke arah tercapainya target yang paling penting. Biasakan untuk bangun lebih awal setiap pagi, susun rencana untuk hari itu, kemudian lakukan sesuatu, apapun itu, yang bisa mendekatkan anda minimal satu langkah ke arah hal yang paling penting.

Kebiasaan dari melakukan sesuatu setiap hari yang mendekatkan anda ke arah pencapaian target, akan memberikan anda kekuatan momentum. Aksi harian ini akan memperkuat keyakinaan anda dan mengaktifkan Law of Attraction.

Sebagai hasilnya, anda mulai bergerak lebih cepat ke arah target. Dan sebaliknya, target anda bergerak makin cepat ke arah anda.

Tetapkan Target Setiap Hari

Salah satu kebiasaan paling penting yang bisa anda tanamkan adalah membiasakan diri untuk menetapkan target setiap hari. Sudah tak terhitung jumlah orang yang telah membuktikan keampuhan dari proses yang sangat luar biasa ini.

Untuk menetapkan target setiap hari itu cukup simpel. Siapkan buku catatan untuk menuliskan target anda, dan tekadkan untuk selalu berada di dekatnya, seumur hidup. Setiap pagi, sebelum memulai hari, buka buku ini dan mulailah lembaran baru.

Tuliskan, "Target ku adalah..." Lalu tuliskan 10-15 target dalam kalimat ke kinian, seolah-olah anda sudah mencapainya. Sebab pikiran bawah sadar anda hanya bisa diaktifkan dengan perintah yang dinyatakan secara kekinian, positif, dan personal.

Jadi, jangan menuliskan misalnya, "Berat badan ku akan turun dibulan-bulan yang akan datang," tuliskan menjadi, "Berat badanku adalah .... kilogram pada (tentukan tanggal spesifik)." Jangan menuliskan, "Tahun depan penghasilanku meningkat," tuliskan menjadi, "Penghasilan ku ... rupiah mulai tanggal sekian."

Semakin spesifik anda mengenai apa yang diinginkan dan waktu pencapaiannya, yang diekspresikan dalam pernyataan yang positif, kekinian, dan dimulai dengan kata "Aku," semakin ampuh efek yang diberikannya pada pikiran bawah sadar anda.

Setiap target yang ditulis dan dinyatakan dengan cara seperti itu, akan mengaktifkan Hukum-hukum Penarikan dan Harapan (Laws of Attraction dan Expectation). Hukum-hukum tersebut akan membentuk kepercayaan-kepercayaan baru mengenai apa yang mungkin bagi anda.

Hukum-hukum tersebut mengaktifkan Hukum-hukum Emosi dan Persesuaian (Laws of Emotion and Correspondence). Mereka akan membuat energi anda jadi meningkat drastis, dan memacu kreativitas anda.

Target-target yang dituliskan setiap hari dengan cara seperti ini, akan mengaktifkan pikiran bawah sadar dan supra sadar anda, serta menempatkan kaki anda di atas percepatan dari potensi anda. Sebagai hasilnya, anda mulai bergerak lebih cepat ke arah pencapaian target, dan target bergerak lebih cepat ke arah anda.