Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa itu punya banyak sekali manfaat, antara lain untuk merawat rambut, kulit, gigi, tulang, menghilangkan stress, mempertahankan level kolesterol, menigkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar proses pencernaan dan metabolisme, meringankan penyakit ginjal, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, HIV dan kanker.

Itu karena minyak kelapa mengandung lauric acid, capric acid dan caprylic acid, serta punya kemampuan untuk bertindak sebagai antimicrobial, antioxidant, antifungal, antibacterial, penenang, dan lain-lain.

Tubuh manusia akan mengubah lauric acid menjadi monolaurin yang diklaim bisa membantu dalam menghadapi berbagai virus dan bakteri berbahaya yang jadi penyebab berbagai penyakit, misalnya herpes, influenza, cytomegalovirus, bahkan HIV.

Komposisi minyak kelapa

90 persen minyak kelapa itu terdiri dari lemak saturated, dan sisanya adalah lemak unsaturated fatty acids, misalnya monounsaturated fatty acids dan polyunsaturated fatty acids. Berikut kandungan minyak kelapa secara detil:

  • Saturated Fatty Acids : Sebagian besar adalah Medium Chain Triglycerides, yang seharusnya bisa berasimilasi dengan baik. Lauric Acid adalah bagian yang terbesar (lebih dari 50 persen), dan sisanya adalah Capric Acid, Caprylic Acid, Myristic Acid and Palmitic.
  • Polyunsaturated Fatty Acids : Linoleic Acid.
  • Poly-phenols : Poly-phenols adalah zat yang bertanggung jawab terhadap bau dan rasa dari minyak kelapa.
  • Beberapa zat yang mirip fatty acid misalnya Betaines, Ethanolamide, Ethoxylates, Fatty Esters, Fatty Polysorbates, Monoglycerides and Polyol Esters.
  • Fatty Chlorides, Fatty Alcohol Sulphate dan Fatty Alcohol Ether Sulphate, yang semuanya berasal dari Fatty Alcohols.
  • Vitamin-E, Vitamin K, dan beberapa mineral misalnya zat besi.

Manfaat minyak kelapa dalam perawatan rambut

Minyak kelapa adalah salah satu nutrisi natural terbaik untuk rambut. Dia membantu perkembangan rambut dengan memberikannya warna yang berkilau.

Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelapa, akan membantu menghilangkan ketombe, kutu, dan telur kutu.

Minyak kelapa adalah conditioner yang sempurna dan membantu memperbaiki kerusakan rambut.

Minyak kelapa juga mengandung protein essensial yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut yang rusak.

Karena itulah, minyak kelapa banyak didigunakan sebagai bahan utama dari produk perawatan rambut, conditioner, dan cream penghilang ketombe.

Manfaat minyak kelapa untuk penyakit jantung

Ada pemahaman keliru yang mengatakan bahwa minyak kelapa itu tidak baik untuk jantung karena banyak mengandung lemak saturated.

Padahal sebenarnya minyak kelapa itu bermanfaat untuk jantung karena mengandung sekitar 50% lauric acid, yang membantu tubuh dalam proses mencegah berbagai masalah jantung termasuk kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Lemak saturated yang terkandung di dalam minyak kelapa itu tidak seberbahaya minyak lain yang terdapat di dalam sayuran, karena tidak menyebabkan level kolesterol LDL meningkat.

Minyak kelapa juga mengurangi timbulnya luka di dalam pembuluh darah, karenanya bisa membantu mencegah atherosclerosis.

Manfaat minyak kelapa untuk diet

Minyak kelapa sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung short dan medium-chain fatty acids.

Minyak kelapa juga mudah untuk dicerna dan membantu thyroid dan enzym-enzym. Selain itu, minyak kelapa juga meningkatkan metabolisme dengan cara menghilangkan stress pada pankreas, sehingga bisa membakar energi lebih banyak.

Karena itulah, mereka yang tinggal di daerah tropis, yang menjadikan minyak kelapa sebagai bahan utama masakan biasanya tidak mengalami obesitas.

Manfaat minyak kelapa untuk pencernaan

Minyak kelapa bisa membantu meningkatkan system pencernaan dan mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan perut dan sistem pencernaan.

Lemak saturated yang terdapat di dalam minyak kelapa punya kemampuan anti microbial dan membantu dalam menghadapi berbagai bakteri, jamur, parasite, dan lain-lain, yang menyebabkan terganggunya sistem pencernaan.

Minyak kelapa juga membantu penyerapan berbagai gizi misalnya vitamin, mineral, dan amino acid.

Manfaat minyak kelapa untuk sistem kekebalan tubuh

Minyak kelapa juga itu bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung antimicrobial lipid, lauric acid, capric acid and caprylic acid, yang punya kemampuan antifungal, antibacterial, antiviral.

Manfaat minyak kelapa untuk penyembuhan dan infeksi

Saat dioleskan pada daerah yang terinfeksi, minyak kelapa akan membentuk lapisan kimia yang melindungi bagian tersebut dari debu, udara, jamur, bakteri dan virus.

Minyak kelapa paling efektif digunakan untuk mengobati memar karena bisa mempercepat proses penyembuhan dengan cara memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Menurut Coconut Research Center, minyak kelapa itu bisa membunuh berbagai virus yang menyebabkan flu, cacar, hepatitis, herpes, SARS, dan lain-lain.

Minyak kelapa juga membunuh bakteri yang menyebabkan bisul, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kencing, pneumonia, dan gonorrhea.

Selain itu, minyak kelapa juga efektif untuk membunuh jamur dan yeast yang menyebabkan cause candidiasis, ringworm, athlete's foot, thrush, diaper rash, dan lain-lain.

Manfaat lain

Liver: Karena mengandung medium chain triglycerides dan fatty acids, minyak kelapa bisa membantu dalam pencegahan penyakit liver karena zat tersebut mudah untuk dikonversi menjadi energi sehingga mengurangi beban kerja dari liver dan mencegah penumpukan lemak.

Ginjal: Minyak kelapa dipercaya bisa membantu dalam pencegahan penyakit ginjal dan kantung empedu, dan batu ginjal.

Pancreatitis: Minyak kelapa juga dipercaya bermanfaat dalam perawatan pancreatitis.

Menghilangkan stress: Karena minyak kelapa itu sangat menyejukkan, sehingga bisa membantu dalam proses penghilangan stress.

Diabetes: Minyak kelapa bisa membantu untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan produksi insulin. Dia juga membantu dalam mengektifkan pemanfaatan gula darah, sehingga bisa menbantu dalam pencegahan dan perawatan diabetes.

Tulang: Seperti yang disebutkan diatas, minyak kelapa itu bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap berbagai mineral penting, termasuk kalsium dan magnesium yang penting untuk tulang. Karenanya, minyak kelapa itu sangat baik untuk wanita yang rentant terhadap osteoporosis.

Perawatan gigi: Kalsium itu juga sangat penting untuk gigi. Karena minyak kelapa memfasilitasi penyerapa kalsium oleh tubuh, itu artinya dia telah membantu dalam memperkuat gigi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa membantu menghentikan proses pembusukan gigi.

Kanker dan HIV: Minyak kelapa dipercaya punya peranan penting dalam mengurangi kerentanan dari pasien HIV dan kanker. Research awal menunjukkan adanya indikasi dari efek minyak kelapa pada pasien HIV.

Yang terakhir, minyak kelapa seringkali dipilih oleh para atlit, body builder dan mereka yang sedang berdiet. Alasannya adalah karena minyak kelapa itu mengandung kalori yang lebih sedikit dibanding minyak lain.

Lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa itu lebih mudah untuk dikonversi menjadi energi, dan tidak mengarah pada terjadinya penumpukan lemak di jantung dan pembuluh darah.

Minyak kelapa juga bisa membantu untuk meningkatkan energi dan daya tahan, serta performa atlit.