8 Kesalahan Utama Saat Memulai Diet

Menurunkan berat badan itu bisa meningkatkan kesehatan, menambah keyakinan diri dan meningkatkan level energi. Namun terkadang sulit untuk melakukannya. Bahkan, bagi sebagian besar orang, menurunkan berat badan itu adalah sesuatu yang sangat menantang.

Masing-masing orang itu berbeda, dan juga respon mereka terhadap berbagai kombinasi makanan dan latihan untuk mempertahankan berat badan ideal. Dengan begitu banyak informasi diluar sana mengenai dunia fitness, sulit untuk menentukan mana yang benar dan mana yang kurang benar.

Anda sudah memilih makanan yang sehat, menghitung kalori, mengikuti program diet, dan berolahraga secara teratur, namun lemak ditubuh sepertinya masih saja betah dan merasa enggan untuk pergi.

Jika semua cara sudah anda coba tapi masih saja merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, berarti mungkin anda telah melakukan kesalahan yang tidak anda sadari. Berikut ini 8 kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh mereka yang sedang mencoba untuk berdiet:

1. Tidak punya strategi. Orang seringkali merasa terlalu optimis mengenai target penurunan berat badan yang ingin dicapainya. Saat orang mulai menjalani suatu program diet, mereka biasanya sudah merencanakan apa saja yang akan dimakan dirumah, dan mana yang seharusnya dihindari.

Namun mereka tidak merencanakan apa yang akan mereka makan saat dikantor atau saat berada diluar rumah. Selain itu, mereka juga umumnya tidak merencanakan bagaimana cara mengatasi rintangan saat rasa lapar menyerang.

Dengan lebih dulu mempersiapkan diri dalam menghadapi rintangan yang mungkin akan muncul, bisa memperkecil kemungkinan anda untuk menyerah saat menghadapi masalah.

2. Melewatkan waktu makan. Banyak orang yang memutuskan untuk melewatkan waktu makan agar bisa menurunkan berat badannya. Ini adalah suatu kesalahan. Anda akan gagal jika melakukannya. Sebab, adalah hal yang tidak mungkin (juga berbahaya) bagi pemula untuk bisa tetap mempertahankan gaya hidup seperti itu.

Penurunan berat badan adalah tentang jumlah kalori yang dimakan vs. jumlah kalori yang dibakar. Kembalilah ke dasar, dengan memakan makanan yang sehat, dalam porsi yang lebih terkontrol, dan lebih sering. Bagi jumlah kalori sepanjang hari dari pada cuma makan 2 atau 3 kali sehari dalam porsi yang besar, yang tidak baik untuk tubuh.

Dengan makan dalam porsi yang lebih kecil dan lebih sering, itu bisa meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak lebih banyak.

3. Makan makanan 'diet'. Jutaan orang makan makanan rendah lemak tanpa tahu bahwa tubuh mereka mengubah dan menyimpan kelebihan karbohidrat sebagai lemak. Seringkali, saat lemak dihilangkan dari suatu produk, mereka menggantinya dengan gula.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa label untuk mengetahui berapa jumlah gula, lemak, dan kalori yang terdapat pada suatu produk. Selain itu, banyak produk diet yang mengndung pemanis buatan, misalnya aspartame, yang berhubungan dengan beberapa jenis penyakit, misalnya hilang ingatan, kerontokan rambut, dan kanker.

4. Tidak minum air dalam jumlah yang cukup. Dehydrasi bisa menimbulkan masalah yang serius, terutama jika anda berolahraga dalam lingkungan yang panas.

Air sangat bermanfaat untuk sehatan, dia memberikan anda energi, meningkatkan performa atletis, menghilangkan racun dan zat-zat yang sudah tidak lagi berguna dari dalam tubuh. Air, hanya itu yang anda butuhkan saat ingin minum, dan anda harus minum setidaknya 8 gelas per hari.

5. Mengurangi karbohidrat. Mengurangi karbohidrat untuk meningkatkan proses penurunan berat badan hanya akan menimbulkan masalah.

Seimbangkan setiap menu makanan dengan menyertakan lemak yang sehat, karbohidrat, dan protein, agar proses penurunan berat badan lebih efektif. Sebab jika tidak, maka akan berbahaya bagi tubuh anda karena tidak mendapat salah satu nutrisi yang diperlukannya.

6. Minum kalori. Jus buah dan milkshakes itu dipenuhi dengan kalori. Ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menimbun lemak.

Untuk mempertahankan berat badan, hindari soft drink dan jus buah yang banyak mengandung pemanis. Jika anda masih ingin meminumnya, pilihlah yang 100% jus tanpa gula tambahan.

7. Banyak makan makanan yang sudah diproses. Makanan yang sudah diproses tidak banyak mengandung serat. Hindari pemanis buatan, trans fat, MSG, tepung halus dan nitrate yang terdapat di dalam daging yang sudah diproses.

Makan makanan yang senatural mungkin adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa tubuh anda akan tetap sehat. Nasi, buah, dan sayuran itu banyak mengandung vitamin dan serat. Dengan lebih sering memakannya, akan membantu anda untuk merasa lebih kenyang, menurunkan kolesterol, dan memperbaiki pencernaan.

8. Terlalu sering mengawasi berat badan. Ada orang yang akan selalu mencoba memeriksa berat badannya setiap malam. Anda tidak harus melakukannya. Memeriksa berat badan anda setiap hari seringkali akan menimbulkan rasa frustasi yang sebenarnya tidak perlu. Sebaiknya, cukup lakukan pemeriksaan setiap 1 - 2 minggu sekali.

Jika anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan ini dimasa lalu, jangan risau. Sangat penting untuk belajar dari kesalahan, sehingga anda bisa mencapai sukses dikemudian hari. Bersabarlah dengan diri sendiri. Menurunkan berat badan itu adalah sebuah perjalanan dan seharusnya menjadi bagian dari hidup anda.