Tips untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Anak-anak terkadang punya kesulitan untuk membangun dan mempertahankan tingkat rasa percaya dirinya, terutama saat mereka hampir menginjak usia remaja. Tekanan dari teman, tantangan untuk berkembang, pekerjaan tumah, dan kebutuhan untuk mempelajari skill-skill baru, bisa mempengaruhi tingkat rasa percaya dirinya.

Jika anda merasa bahwa rasa percaya diri anak anda perlu ditingkatkan, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu:

Tunjukkan Hal-hal Positif

Seringkali, orang tua sangat cepat untuk menunjukkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh anak-anaknya. Sedangkan saat anak-anak melakukan sesuatu yang baik, orang tua jarang memperhatikan atau menghargainya.

Jadi, cobalah untuk memperlihatkan dan memperhatikan hal-hal yang dilakukan oleh anak anda dengan baik, meski itu cuma hal-hal kecil. Tentu, anda juga harus selalu memastikan untuk bersikap jujur saat berkomentar, sebab anak-anak bisa mendeteksi pujian yang tidak jujur.

Rayakan Prestasinya

Mensupport dan merayakan keberhasilan anak anda adalah cara lain untuk membantu meningkatkan rasa percaya dirinya. Sebagai contoh, jika anak anda suka berolah raga, cobalah untuk menemaninya sesering mungkin. Photo mereka saat sedang bermain, yang nantinya bisa anda bingkai.

Ini juga adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pada anak anda bahwa anda memperhatikan dan mensupport prestasi mereka. Meski jika nantinya anak anda memutuskan bahwa olah raga tertentu tidak cocok untuknya, tapi mereka tetap akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman tersebut karena sudah pernah mencobanya.

Ajarkan Mereka Tentang Kenikmatan dari Membantu Orang Lain

Membantu orang yang sedang membutuhkan adalah salah satu cara terbaik untuk membuatnya merasa senang terhadap diri sendiri. Dorong anak anda untuk terlibat suatu kegiatan amal, membantu anak lain, atau orang-orang disekitar. Cara ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya sekaligus memberikan mereka pengalaman yang berharga.

Jika memungkinkan, photo mereka saat sedang melakukan aktivitas tersebut. Dengan menempelkan photo tersebut di album, itu akan menunjukkan bahwa anda memberikan dukungan terhadap usaha dan aktivitas mereka.

Memberikan peluang pada anak anda untuk membantu di rumah juga adalah salah satu cara terbaik untuk membangun rasa percaya dirinya. Dengan melakukannya, maka anak anda bisa belajar skill-skill yang berguna, sambil mengembangkan keyakinannya terhadap kemampuan dan skill yang dimilikinya.

Dorong Anak Anda untuk Mencoba Hal-hal Baru

Meski terkadang untuk mencoba hal-hal baru itu bisa membuat mereka stress, tapi itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat mereka bisa belajar mengenai berapa banyak yang akan mereka capai saat mereka mau mencoba sesuatu yang baru.

Mencoba olah raga yang baru, bergabung dalam sebuah kelompok, atau terlibat dalam suatu hobby atau aktivitas, bisa menjadi cara yang bagus untuk menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya dirinya.

Anak anda mungkin akan menemukan hasratnya yang lain, atau bahkan mempelajari skill-skill yang bisa mengarahkannya pada suatu karir di masa depan. Mencoba hal-hal baru juga bisa memberikan mereka pengalaman, mendorong mereka untuk mengembangkan kecerdasannya.

Setiap kali memungkinkan, anda harus mengambil photo anak anda saat sedang melakukan aktivitas ini. Tempelkan photo-photo ini disekitar rumah, sebagai tanda bahwa anda mensupport aktivitas mereka. Bahkan nantinya, anak anda mungkin ingin menempelkan photo tersebut dikamar mereka sendiri.