Bagaimana Agar Merasa Cantik Tidak Peduli Bagaimanapun Penampilan Mu

Belajar cara untuk merasa cantik, tidak peduli bagaimanapun penampilan mu itu membutuhkan waktu, tapi itu akan mengubah hidup mu untuk selamanya!

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keyakinan dan rasa percaya diri yang diinspirasi oleh wanita-wanita yang tetap merasa bahagia dengan tubuhnya meski tidak sempurna.

Mereka memang punya kekurangan dan kelemahan, akan tetapi mereka tetap bisa menerima dan mencintai dirinya. Itulah yang dimaksud dengan merasa cantik dan yakin, tidak peduli bagaimanapun penampilan mu atau berapapun berat badan mu.

Cobalah untuk menerima diri mu selama dua minggu. Hargai dan hormati apa yang telah dilakukan oleh tubuh mu untuk mu, meski mungkin tidak sesuai dengan keinginan dan harapan mu. Jika ini sulit bagi mu, coba pertimbangkan untuk mengikuti kursus body image, rasa pecaya diri, dan keyakinan diri.

Atau jika kamu penasaran mengenai bagaimana make up kosmetik bisa meningkatkan kecantikan mu, dan bagaimana cara membeli make up terbaik, baca tips-tips mengenai kosmetik yang ada di blog ini.

Dan berikut ini beberapa tips untuk tetap merasa cantik, tidak peduli bagaimana mu penampilan atau berat badan mu...

1. Jangan bandingkan diri mu dengan selebritis atau bintang film, sebab mereka itu dibayar untuk menjadi cantik.

Tubuh dan wajah para model, bintang film dan celebritis yang cantik itu tidaklah normal. Mereka adalah pengecualian, sebab mereka dibayar untuk berolah raga, berlatih dengan pelatih pribadi, dan memakan makanan terbaik dengan nutrisi yang cukup.

Dari pada membandingkan diri dengan bintang film atau model, lebih baik fokuskan untuk menerima diri mu apa adanya. Tidak peduli bagaimanapun penampilan mu saat ini, kamu tetap berharga, bernilai, dan cantik.

2. Fokuskan pada kehidupan mu, untuk mencapai tujuan mu.

"Aku terlalu sibuk untuk memikirkan masalah," kata Alice seorang wanita yang telah berumur 95 tahun dalam buku This Is Who I Am: Our Beauty in All Shapes and Sizes. Dari pada memfokuskan pada apa yang kamu impikan mengenai tubuh mu, lebih baik tetapkan target untuk karir, personal, dan finansial. Sibukkan diri. Nikmati hidup. 

Semakin kamu memfokuskan pada apa yang ingin kamu capai, maka semakin berkurang waktu mu untuk membandingkan diri dengan orang lain, dan semakin cantik diri mu akan merasa, tidak peduli bagaimanapun penampilan mu.

3. Hargai berbagai jenis kecantikan.

"Apa yang tidak aku sadari adalah bahwa kecantikan itu tidak hanya satu macam. Tidak ada satu orang atau kelompokpun yang memonopoly kecantikan," kata Jennifer yang berusia 33, dalam buku This Is Who I Am.

"Tidak ada satu wajah, tubuh, rambut, mata atau warna kulit yang menjadi defenisi dari kecantikan. Sekarang Aku tahu bahwa kecantikan itu tidak ada batasnya, dan bisa ditemukan dalam berbagai cara dan bentuk."

4. Cintai tubuh mu, meski kamu tidak selalu menyukainya.

Untuk merasa cantik tidak peduli bagaimanapun penampilan mu, belajarlah untuk mencintai tubuh mu, termasuk kekurangan mu. Kamu bisa tetap menerima dan menjadi diri sendiri, meski tidak menyukai sebagian dari tubuh dan kepribadian mu.

5. Terimalah fakta bahwa untuk tetap merasa cantik tidak peduli bagaimanapun penampilan mu itu adalah sebuah target seumur hidup.

Wanita umumnya tidak mau menerima dan tidak menyukai tubuhnya. Sedangkan untuk meningkatkan body image itu membutuhkan proses penerimaan diri secara konstant. "Setiap jam, setiap hari, aku mencoba untuk mempertahankan bentuk tubuh ini," kata Susan 48 tahun.

"Ini adalah tantangan seumur hidup, dan itu membuat ku frustasi." Menjadi dan mempertahankan kebugaran tubuh adalah bagian dari merasa cantik tidak peduli bagaimanapun penampilan mu, dan ini adalah sesuatu yang harus kamu kerjakan setiap hari.

6. Carilah sesuatu yang berharga dari kekurangan mu.

Apakah wajah atau tubuh mu mempunyai tanda bekas luka? Maka, gunakan itu untuk mengingatkan mu bahwa diri mu itu kuat, ulet, sehat, dan hidup.

"Tanda bekas luka ku telah membantu ku untuk memilih pria yang baik dan lembut," kata sarah 29 tahun, dalam This Is Who I Am. Bekas luka bisa meningkatkan hidup mu dengan cara mengingatkan mu akan masa lalu, yang telah membentuk mu hingga menjadi diri mu seperti saat ini.

7. Lihat photo dari wanita yang sesungguhnya.

Salah satu cara terbaik untuk merasa cantik tidak peduli bagaimanapun penampilan mu adalah dengan mendidik diri mengenai tubuh manusia.

Saat melihat tubuh wanita dalam This Is Who I Am: Our Beauty in All Shapes and Sizes, maka persepsi mu mengenai kecantikan dan tubuh mu akan berubah. Wanita itu sungguh berbeda. Ada yang tinggi, gemuk, bertatto, kurus, pirang, hitam, mulus, dan lain-lain.

Kamu tidak akan percaya apa yang kita lihat dibalik pakaian kita. Tapi kita jarang melihat wanita yang real, yang kita lihat kebanyakan adalah wanita imitasi yang ada dimajalah. Dan itu bukanlah kecantikan yang sesungguhnya.