Cara Membangun Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Punya rasa percaya diri yang tinggi itu pasti sangat menyenangkan. Sebab, dengan rasa percaya diri yang tinggi, kita akan merasa mampu untuk melakukan, mencapai, dan mendapatkan hampir semua yang kita inginkan.

Rasa percaya diri adalah refleksi seseorang mengenai nilai dirinya, dalam hal evaluasi diri dan pengharapannya. Dalam perjalanan hidup, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan dan membangun rasa percaya diri yang tinggi, agar kita mampu untuk mengatasi masa-masa sulit yang pasti akan muncul diwaktu-waktu yang tidak kita harapkan.

Menurut Jerry Gillies, seorang penulis, rasa percaya diri itu adalah salah satu faktor terkuat yang paling mempengaruhi kesadaran seseorang mengenai kesejahteraannya. Dengan rasa percaya dirinya, seseorang akan percaya bahwa dia bisa dan berhak untuk mendapatkan apapun yang dia inginkan.

Menurut Abraham Maslow, seorang psycholog, kebutuhan untuk meningkatkan rasa percaya diri itu berasal dari kebutuhan kita untuk mendapatkan rasa cinta, kasih sayang, persahabatan, penghargaan, dan pengakuan, dan sangat berhubungan dengan psychology seseorang.

Rasa percaya diri yang tinggi, berhubungan dengan perasaan seseorang mengenai kemampuan, kecakapan, dan kebebasannya. Rasa percaya diri yang tinggi akan membuat seseorang menjadi di akui dan dihormati oleh orang lain, serta mampu memaksimalkan seluruh potensinya.

Teori modern mengenai rasa percaya diri menjelaskan bahwa orang yang punya rasa percaya diri akan selalu lebih termotivasi untuk mempertahankan rasa hormat yang tinggi terhadap dirinya.

Menurut teori sociometer, rasa percaya diri itu tidak lebih dari sekedar sistem evaluasi, dimana seseorang bisa mengevaluasi tingkat status dan peneriman terhadap dirinya dalam suatu kelompok sosial. Bagi banyak orang, membangun rasa percaya diri adalah hasil dari peningkatan peniliaian diri seseorang dipandangan dirinya dan masyarakat sekitarnya.

Tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Membangun rasa percaya diri itu adalah sebuah proses yang panjang. Sebuah proses yang membutuhkan banyak usaha, keberanian, dan kesabaran, saat menghadapi naik turunnya gelombang kehidupan, dan masa-masa yang sulit maupun menyenangkan.

Rasa percaya diri banyak membutuhkan keyakinan untuk membangunnya. Sebab, rasa percaya diri itu adalah keyakinan terhadap diri dan kemampuan yang dimiliki. Ini termasuk kemampuan internal dan rasa penghargaan terhadap diri sendiri.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat membantu seseorang untuk membangun rasa percaya dirinya:

Tenerima Diri Mu - Cara yang paling utama untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan menerima diri apa adanya.

Belajarlah untuk mengenali kelebihan dan kelemahan mu.

Begitu kamu mulai menerima diri mu apa adanya, maka kamu akan mulai menjadi lebih kritis terhadap kemampuan dan kapasitas mu.

Ada perbedaan yang tipis antara menjadi kritis dengan menjadi pengkritik. Menjadi kritis berarti mengevaluasi antara diri saat ini dengan diri mu di saat yang akan datang ketika kamu telah menjadi seperti orang yang kamu cita-citakan. Menjadi kritis itu berarti mengevaluasi diri secara positif, dan berusaha untuk menyingkirkan hal-hal yang negatif.

Sedangkan mengkritik, lebih bertujuan untuk mencari kesalahan, alasan untuk tidak melakukan sesuatu, dan percaya bahwa diri mu tidak berharga atau sama sekali tidak berguna.

Teguhkan diri mu secara positif dengan pernyataan-pernyataan, aksi, dan perbuatan yang positif. Lakukan setiap hari, dan lihat perubahan yang diberikan terhadap diri mu, dalam waktu yang singkat.

Hakimi Dengan Positif - Menghakimi dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah sifat dasar manusia. Meski kita tidak bisa menghindar untuk tidak melakukannya, tapi kita bisa mengarahkannya agar memberikan hasil yang positif bagi diri sendiri.

Saat kita terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang yang kita anggap lebih baik, tanpa berusaha untuk ikut menjadi lebih baik, berarti saat itu kita sedang merendahkan diri sendiri. Dan itu tidak akan membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Akan jauh lebih baik jika kita belajar untuk berpikir lebih positif dan mengambil aspek-aspek yang unggul dari orang yang lebih baik, dan menerapkannya dalam kehidupan kita sendiri. Hargai setiap kesuksesan, baik yang besar maupun yang kecil.

Berhenti Mengeluh - Mengeluh hanya akan memberikan pengaruh yang negatif. Ada banyak kejadian dalam hidup, yang tidak bisa kita kendalikan. Tapi ada juga yang sebenarnya adalah kesalahan kita sendiri, dimana kita sendirilah yang harus bertanggung jawab untuk memperbaiki dan merelakannya.

Merelakan luka emosional, itu sangat penting untuk penyembuhan dan membangun rasa percaya diri. Sangat penting juga untuk berhenti hidup dimasa lalu, dan menyesali semua yang telah terjadi. Berhentilah menyalahkan orang lain dan situasi mu. Ambil tanggung jawab, dan lanjutkan hidup.

Pelajaran mengenai Cara Membangun Rasa Percaya Diri

  • Tunjukkan rasa syukur terhadap keluarga, teman, kesehatan, dan semua aspek positif dalam kehidupan mu.

  • Terkadang, akan sangat membantu untuk keluar dari hubungan yang memberikan efek negatif terhadap mu. Kelilingi diri mu dengan orang-orang yang positif dan supportif.

  • Berbuatlah sesuatu untuk membuat masa depan jadi lebih baik, dari pada sekedar merisaukannya.

  • Ma'afkan diri sendiri atas kesalahan mu yang tidak bisa lagi diperbaiki. Relakan.

  • Perbaiki penampilan, berpakaianlah dengan rapi. Jika kamu menyenangkan untuk dilihat, maka kamu akan menjadi lebih baik.

  • Bergabunglah dengan kelompok aktivitas organisasi amal yang bisa membantu mu untu membangun rasa percaya diri.

  • Tetapkan target yang realistis, dan wujudkan untuk memaksimalkan seluruh potensi mu.

Dengan semua tekanan dalam hidup, adalah hal yang biasa untuk terjatuh. Di masa-masa tersebut, rasa percaya diri akan menurun bahkan runtuh. Akan tetapi, membangun rasa percaya diri itu adalah tentang mempercayai diri sendiri dan belajar untuk mengatasi rintangan. Sadarilah bahwa semua orang itu berhak untuk mendapatkan kebahagian dan kesuksesan, begitu juga dengan diri mu!