Membuat Cleanser Sendiri

Sabun kadang terlalu kasar kalo di gunakan untuk membersihkan kulit wajah. Sebab, sabun cenderung untuk menghilangkan minyak alami pada kulit.

Kamu bisa mengatasinya dengan cara membuat cleanser sendiri, yang bersifat lebih lembut, tanpa efek samping, tapi tetap efektif. Itu karena cleanser ini di buat menggunakan bahan-bahan alami yang telah terbukti dan banyak tersedia di sekitar.

Berikut ini beberapa contohnya:

Membuat Cleanser dari Yogurt dan Bubur Gandum. Yogurt dan bubur gandum adalah dua contoh bahan yang sangat efektif jika di gunakan sebagai cleanser. Pijat yogurt secara perlahan pada wajah, tapi hindari daerah sekitar mata. Lalu, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian keringkan dengan handuk yang lembut.

Selain yogurt, kamu bisa menggunakan bubur gandum yang sudah di masak. Bubur gandum memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melindungi kulit dari kekeringan. Atau bisa juga membuat cleanser dari campuran ke dua nya. Jika ditambahkan dengan sedikit bubur jagung, maka campuran ini akan berfungsi sebagai exfoliate.

Exfoliation dengan Bahan Sehari-hari. Bahan sehari-hari lainnya yang juga bisa di gunakan sebagai cleanser dan exfoliate adalah susu. Baik yang berbentuk cream ataupun bubuk. Cleanser yang terbuat dari bahan ini bukan cuma akan membersihkan kulit, tapi juga melembabkan dan menutrisi kulit secara langsung. Lactin acids yang terkandung di dalamnya juga akan bertindak sebagai exfoliate.

Membersihkan Wajah Dengan Minyak dari Sayur-sayuran. Minyak atau bubuk yang di buat dari sayur-sayuran sangat baik jika digunakan untuk mengatasi kulit yang kering atau mengalami penuaan. Minyak dan bubuk ini sangat efektif jika di gunakan untuk membersihkan kulit pada bagian wajah dan leher.

Bahan lain yang sering di gunakan sebagai cleanser adalah minyak zaitun dan madu. Campurkan keduanya dengan air, lalu diamkan beberapa menit pada wajah sebelum di bersihkan.

Selain itu, air yang di pakai untuk memasak sayuran sebagai bahan untuk membuat cleaser. Ambil dan bekukan cairan tersebut, lalu cairkan seperlunya saat ingin di gunakan sebagai cleanser.

Buah Sebagai Cleanser. Buah-buahan juga dapat di gunakan sebagai bahan pembuat cleanser alternatif. Buahan-buahan yang paling sering di gunakan antara lain adalah: timun suri, alpukat, labu dan nanas. Buah-buahan ini juga banyak mengandung minyak yang akan melembabkan kulit. Selain itu, buah nanas juga sangat efektif di gunakan sebagai exfoliate pada kulit.

Air Untuk Menghilangkan Minyak pada Permukaan Kulit. Minyak pada kulit dapat di bersihkan dengan air. Itu artinya, air juga bisa di gunakan sebagai cleanser. Campurkan beberapa sendok makan bubuk teh hijau atau peppermint tea ke dalam air. Lalu gunakan sebagai cleanser.

Nah, itu tadi beberapa contoh bahan natural sangat mudah di temukan, dan paling sering di gunakan sebagai cleanser. Dengan menggabungkan bahan-bahan ini ke dalam runitas perawatan kulit, berarti kamu akan menutrisi kulit agar tampak lebih cantik dan sehat.