Cara Sederhana untuk Mengatasi Jerawat

Tubuh kita terus berubah, seiring bertambahnya usia. Seiring perubahan dan pertumbuhan tersebut, bertambah pula masalah yang harus di hadapi.

Coba tanyakan pada kaum remaja, masalah-masalah apa saja yang sering membuat mereka resah. Masalah perawatan kulit mungkin berada pada poisisi yang cukup tinggi dalam daftarnya, terutama masalah jerawat.

Apa lagi kerusakan yang di akibatkannya bukan cuma akan mempengaruhi penampilan secara fisik, tapi juga akan memperngaruhi secara ke jiwaan.

Melihat kondisi yang telah mempengaruhi hampir 90% dari kita ini, masalah jerawat sepertinya tidak bisa lagi di anggap masalah remeh. Memang benar, ada ratusan bahkan ribuan jenis produk anti jerawat yang beredar di luar sana.

Tapi sebenarnya, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai produk dan cara perawatan kulit yang mahal, jika hanya untuk mengatasi jerawat. Sebenarnya, ada banyak tips sederhana yang bisa kamu akses secara gratis di internet. Meski tampak sederhana, tapi tips-tips seperti ini pasti akan sangat membantu untuk memerangi dan mengurangi efek negatif dari jerawat.

Untuk mengatasi jerawat dan mengurangi efek sampingnya yang sangat tidak menyenangkan itu sebenarnya cukup sederhana. Yang pertama, kamu harus ingat bahwa air adalah teman baik mu. Coba perhatikan dan selidiki semua teknik dan produk perawatan kulit yang ada. Semua pasti akan menyebutkan dan menyertakan proses hidrasi dan air sebagai elemen yang sangat penting bagi kesehatan kulit.

Itu artinya, agar kulit menjadi lebih sehat dan mampu mencegah serta memerangi jerawat, dia memerlukan air dalam jumlah yang cukup. Jadi, minumlah air setidak 6-8 gelas sehari. Selain untuk mencegah jerawat, air juga di gunakan oleh tubuh untuk membuang racun dan meningkatkan kesehatan. Saat tubuh mendapat air yang cukup, kulit akan tampak lebih cerah dan energi mu akan bertambah.

Langkah berikutnya adalah menggunakan facial cleanser atau pembersih wajah secara teratur. Lakukanlah mininal 3 kali sehari. Pastikan juga bahwa cleanser yang kamu gunakan itu terbuat dari bahan-bahan natural dan bebas dari pewangi buatan.

Jika memang perlu, gunakan sabun yang mengandung sulphur untuk melawan jerawat. Lalu, gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan kulit. Dan ingat, hindari menggosok daerah yang terkena jerawat, karena akan menyebabkan iritasi dan infeksi.

Selain perawatan dari luar, imbangi juga perawatan kulit dari dalam. Yaitu dengan cara mengatur diet yang seimbang. Kita semua tahu bahwa diet yang seimbang adalah bagian yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit. Jadi, makanlah buah dan sayuran yang segar.

Serta hindari makanan-makanan yang banyak mengandung minyak dan gula. Karena makanan dan minuman seperti itu hanya akan merangsang hormon untuk memproduksi minyak berlebih. Yang pada akhirnya akan mengundang bakteri untuk masuk ke dalam kulit dan menyebabkan jerawat.

Dan yang terakhir, jangan pernah memencet jerawat, apapun alasan dan godaannya. Sebab, memencetnya hanya akan memperbesar resiko untuk membuat kulit menjadi terluka, iritasi, dan infeksi. Selain itu, pemencetan akan memudahkan bakteri untuk berpindah dari tempat ke tempat yang lain, yang akan membuat kondisi mu menjadi semakin parah. Jadi, hindari sebisa mungkin.

Jerawat adalah masalah yang harus kita hadapi seumur hidup. Untuk mencegah dam merawatnya, tidak harus melalui proses yang rumit dan mahal. Lakukan beberapa tips sederhana di atas untuk memastikan agar kita selalu terbebas dari masalah jerawat.