Di Bisnis Apa Anda Berada?
Akhir-akhir ini, pernahkah anda memikirkan pertanyaan dibisnis apa anda berada?
Pernahkah akhir-akhir ini, anda memikirkan pertanyaan dibisnis apa yang mungkin bisa berada?
Tujuh pertanyaan kunci berikut ini dan jawabannya, jika diaplikasikan berulang-ulang sepanjang karir atau kehidupan dari bisnis anda, bisa membantu anda untuk memfokuskan pikiran dan mengarahkan keputusan anda yang terpenting.
Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan strategis ini secara teratur. Sebab, sebuah jawaban baru pada salah satu dari pertanyaan ini, bisa mengubah arah bisnis dan karir anda secara dramatis.
- Dibisnis apa aku berada?
- Dibisnis apa aku mungkin bisa berada?
- Siapa atau apa pesaing ku?
- Siapa konsumen ku?
- Apa yang menjadi bidang keunggulan ku?
- Apa penghalang utama ku?
- Dimana posisi ku dalam pengembangan diri dan karir ku?
Defenisikan Karir atau Bisnis Anda dengan Jelas
Pertanyaan pertama dan paling penting adalah: Dibisnis apa aku berada. Pertanyan ini tidak sesimpel kelihatannya.
Untuk bisa mengidentifikasi target karir atau bisnis anda, pertama-tama anda harus belajar untuk mendefinisikan bisnis anda dalam hal apa yang anda lakukan untuk konsumen atau perusahaan anda.
Kembangkan definisi dari bisnis anda sehingga itu menjadi seluas mungkin. Jangan berhenti pada jawaban pertama. Ambil jawaban pertama dari pertanyaan ini dan carilah penerapan, pasar, dan definisi baru untuknya.
Sebagai contoh, pada awal abad terakhir, jawatan kereta api yang mendefinisikan dirinya secara kaku sebagai jawatan kereta (penyedia jasa transport kereta) gagal untuk melihat bahwa berbagai teknologi dan metode tranport terbaru, misalnya truck dan pesawat udara, berpotensi mengancam bisnisnya.
Jika mereka mendefinisikan dirinya sebagai pengantar barang dan orang (penyedia transportasi) maka respon mereka terhadap perubahan dalam teknologi mungkin akan berbeda.
Begitu juga yang terjadi ditahun-tahun awal booming internet, banyak perusahaan yang beroperasi di sektor tersebut, mendefinisikan dirinya sebagai penyedia informasi gratis yang memiliki target untuk memancing trafik sebanyak mungkin.
Perusahaan tersebut gagal untuk memfokuskan diri dalam menjual berbagai produk atau jasa dan menghasilkan keuntungan dari bisnisnya. Mereka tidak memandang internet sebagai sarana komunikasi dan distribusi yang harus difokuskan untuk memberikan penghasilan dan keuntungan, sama seperti bisnis lain.
Kegagalan untuk mendefinisikan lingkungan dan bisnis mereka dengan akurat ini mengarah pada kerugian jutaan dollar yang diinvestasikan.
Saat anda mendefinisikan bisnis anda, pikirkan mengenai bagaimana produk atau jasa anda mempengaruhi atau berinteraksi dengan kehidupan atau pekerjaan dari orang-orang atau organisasi.
Pertimbangkan konsumen yang sudah anda dan konsumen yang ingin di dapat. Saat anda mendefinsikan pekerjaan pribadi anda, pertimbangkan orang-orang yang anda layani, dan orang-orang yang menjadi rekan kerja anda.
Pikirkan tentang efek atau dampak yang anda, produk atau jasa anda berikan pada organisasi, baik konsumen internal maupun eksternal.
Target Masa Depan: Dibisnis Apa Aku Mungkin Bisa Berada?
Pertanyaan berikutnya yang perlu ditanyakan adalah: Dibisnis apa aku mungkin bisa berada jika hal-hal terus seperti apa adanya mereka saat ini?
Pikirkan mengenai karir atau bisnis anda dua tahun dari sekarang, lalu dalam lima tahun. Jika anda tidak mengubah cara anda mendefinsikan pekerjaan atau bisnis anda, jenis pekerjaan apa yang akan anda kerjakan?
Apakah itu strategi yang sehat dan efektif untuk dilanjutkan dalam cara anda bekerja dan melakukan bisnis saat ini, atau seharusnya anda mencari cara untuk mengubahnya? Mulailah dengan membayangkan dibisnis apa anda mungkin bisa berada.
Is it a sound and viable strategy to continue in your current way of working or doing business, or should you be looking at changing it in some way? Start by imagining what business you could be in. Where