Memahami Proses Perubahan

Nah, sekarang anda sudah lebih mengerti kenapa anda menjadi begitu penakut. Anda sudah hidup dengan cara seperti ini untuk jangka waktu yang lama, tapi sekarang anda sudah siap—atau setidaknya sedang bersiap—untuk berubah.

Bagaimana anda bisa membuat perubahan-perubahan tersebut terjadi? Bagaimana anda bisa belajar skill-skill yang diperlukan untuk membuat hidup jadi lebih baik bagi diri sendiri?

Mungkin anda sedang membayangkan tentang betapa menyenangkannya jika anda cuma tinggal menjentikkan jari, lalu perubahan terjadi begitu saja. Sebagian orang mengatakan seolah-olah seperti itulah perubahan akan terjadi.

Saya yakin anda pernah berhadapan dengan teman, anggota keluarga, rekan kerja, bahkan orang yang sama sekali tidak dikenal, yang percaya bahwa anda bisa menghilangkan rasa takut hanya dengan kekuatan kemauan.

Mungkin sebagian dari orang-orang tersebut pernah mengatakan pada anda, “Tidak ada yang perlu ditakutkan,” “Jangan takut,” “Jangan begitu pemalu,” “Jangan terlalu khawatir,” “Kuatkan tekad mu,” atau pernyataan-pernyataan yang serupa. Tapi anda dan saya tahu bahwa tidak semudah itu.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perubahan

One doesn’t discover new lands without consenting to lose sight of the shore for a very long time.

—AndrĂ© Gide

Hanya dengan disuruh atau ingin berubah, bukan seperti itu cara terjadinya perubahan. Perubahan itu adalah sebuah proses, bukan suatu kejadian instant.

Waktu akan mengubah anda. Kondisi kehidupan akan mengubah anda. Pilihan yang anda buat akan mengubah anda. Tapi anda tentu tidak ingin hanya menunggu sampai event-event tersebut terjadi dengan sendirinya. Anda ingin menjadi pro-aktif dan membuat perubahan terjadi.

Selain itu, anda pasti ingin menghindari perubahan terjadi ke arah yang berlawanan—menjadi semakin takut atau menciptakan suatu kejadian yang lebih membatasi kehidupan bagi anda. Saat anda secara sadar mulai berubah, akan lebih membantu bagi anda untuk menghargai konsep-konsep berikut ini:

  • Perubahan itu pasti terjadi.

Mencoba menghentikan perubahan itu sama seperti menghentikan arus sungai. Itu tidak mungkin. Betapa pun banyaknya energi yang anda habiskan untuk usaha ini, kekuatan sungai akan jauh lebih besar dibanding anda.

Jadi, kenapa tidak memiliki suatu pemikiran yang terbuka dan menerima perubahan, dari pada menolaknya secara otomatis?

  • Perubahan itu tidak selalu sulit atau menyusahkan.

Sebagian perubahan itu sebenarnya mudah dan menyenangkan, jadi jangan panik saat anda mendengar bahwa akan terjadi suatu perubahan.

Saat anda menjadi lebih nyaman dengan perubahan, anda akan percaya bahwa apapun perubahan yang perlu anda buat, atau betapapun awalnya anda menolak terhadap suatu situasi baru, tapi pada akhirnya anda akan tetap harus menghadapinya.

  • Perubahan mungkin sebenarnya membuat hidup anda jauh lebih nyaman dan menyenangkan setelah anda mengadopsinya.

Beberapa contohnya adalah mempelajari cara menggunakan komputer, menghilangkan keengganan anda untuk berolahraga, dan merelakan kebutuhan anda untuk mengontrol suatu hubungan.

Memang, jangan kaget jika sebagian perubahan yang awalnya anda perangi malah akan menjadi aspek yang paling anda senangi dari kehidupan anda.

  • Penolakan anda untuk berubah itu seringkali adalah suatu pertentangan antara faktor-faktor yang berlawanan dengan kepribadian anda sendiri.

Bukanlah hal yang tidak biasa jika suatu bagian dari anda (bagian pengambil resiko) ingin merasakan hidup dalam semua variasinya yang tak terbatas, sementara sebagian lain dari diri anda (bagian yang berhati-hati) sangat ingin keluar dari bahaya.

Agar perubahan bisa terjadi, anda harus menemukan suatu cara agar kedua bagian dari diri anda ini bisa seiring sejalan.

  • Takut terhadap perubahan itu biasanya takut terhadap ketidak tahuan.

Saat anda semakin banyak tahu tentang apa yang akan anda hadapi atau orang yang bisa membantu anda menghadapinya, maka sebagian besar situasi akan menjadi semakin kurang menakutkan.

  • Perubahan itu umumnya lebih mudah jika anda menghadapinya secara bertahap.

Meski beberapa perubahan besar dalam hidup mungkin menyerang anda tanpa peringatan, tapi akan membantu untuk menghadapinya selangkah demi selangkah. Anda tidak harus menghadapi semuanya sekaligus.

Anda bisa bergerak dengan kecepatan yang anda pilih untuk mengadaptasi realitas-realitas baru. Berikan diri anda waktu yang diperlukan untuk mengijinkan cara-cara baru agar menjadi lebih familiar dan nyaman.

Jadi pertanyaannya bukanlah apakah anda akan berubah, melainkan berapa banyak dan dalam cara yang bagaimana.

Akankah anda berubah tanpa kesadaran atau kemauan—hanya membiarkan perubahan terjadi tanpa kejelasan atau pemikiran atau pilihan?

Atau akankah anda mengevaluasi dan menyambut perubahan dengan mata dan pikiran terbuka?

Menghadapi Perubahan dengan Sikap yang Tepat

Sama seperti setiap perubahan yang ingin anda capai—entah itu tentang belajar untuk menggali rasa percaya diri atau belajar untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih baik—ada tiga syarat awal untuk mengendalikan rasa takut:

1. Mengakui Rasa Takut Sebagai Suatu Sikap Inti

Untuk melakukan perubahan yang bermakna, anda harus jujur pada diri sendiri. Anda harus berhenti menyalahkan orang lain atas kesulitan anda. Anda perlu berhenti membenarkan rasa takut anda, berhenti percaya bahwa anda tidak punya pilihan lain selain hidup dalam ketakutan.

Anda perlu mengakui bahwa rasa khawatir yang kronis, kepercayaan yang pesimis, pemikiran yang obesif, tidak adanya keputusan, dan suatu kebutuhan tak berujung untuk mengontrol, itu adalah gejala-gejala dari rasa takut maladaptive.

Dengan mengakui masalah membuat anda bisa mengenali bagaimana rasa takut telah membatasi pilihan-pilihan anda, menghisap habis energi anda, dan menghambat kemampuan anda untuk berkembang.

2. Sadari Bahwa Anda Bisa Berubah

Orang umumnya tidak suka menjalani hidup yang penuh kecemasan, terbebani oleh ketakutan. Tapi mereka merasa bahwa mereka tidak punya pilihan lain.

Jika anda masuk ke dalam kategori ini, anda mungkin percaya bahwa rasa takut anda itu adalah kecenderungan dari kepribadian anda, bahwa itu adalah “apa adanya diri anda” dan bahwa anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengubahnya.

Saya anjurkan anda untuk memandang rasa takut bukan sebagai sifat yang mantap, melainkan suatu sikap, suatu kecenderungan, suatu watak, suatu pola hidup yang bisa anda ubah.

Sama seperti anda bisa mendapakan skill-skill fisik, kecerdasan, dan emosional—dari mengendalikan emosi untuk mempelajari teknik-teknik pengendalian diri—anda juga bisa mendapatkan skill-skill yang membantu anda untuk tetap tenang dan menanamkan keberanian.

Percaya bahwa anda bisa mengubah pola hidup anda berarti anda tidak lagi bergantung pada keajaiban atau khayalan—“Andai saja hidup ku berbeda,” “Andai saja aku terlahir sebagai orang yang pemberani,” “Dimana orang yang akan menyelamatkan ku?”—dan menempatkan anda di kursi pengendali.

3. Menyambut Perubahan

Terakhir, perrsiapan untuk berubah itu menyertakan suatu keputusan untuk menyambut perubahan. Anda sudah lama hidup dalam ketakutan; sekarang waktunya untuk menjelajahi cara lain untuk menjalani hidup.

Sekarang waktunya untuk berpindah dari ketidak berdayaan (“Inilah diri ku; Aku tidak bisa berubah atau bahkan mengadaptasi, mengubah, atau menghilangkan respon-respon ku”) ke harapan (“Aku adalah orang yang berkembang, dinamis, cerdas, yang tidak harus terus terperangkap; Aku bisa memodifikasi, memperbaiki, dan mengubah respon-respon rasa takut ku”).

Sekarang waktunya untuk bergerak dari fokus pada kelemahan-kelemahan anda (“Aku tidak mampu melakukan ini”) ke fokus pada kelebihan-kelebihan anda (“Aku bisa melakukan ini”).

Sama seperti banyak hal, skill-skill yang akan anda pelajari di sini akan membutuhkan waktu untuk dipahami, diterapkan, dan dikuasai. Butuh waktu untuk menangkap konsep-konsep baru dan mengembangkan skill-skill baru.

Juga butuh waktu untuk menghargai bagaimana mendapatkan skill-skill ini akan membantu mengubah hidup anda. Bersabarlah dan miliki keyakinan bahwa anda akan sampai ke tempat yang ingin anda tuju.

Berbagai Rintangan di Jalan Menuju Perubahan

Ini bukanlah berarti bahwa anda akan tiba ditempat tujuan tanpa berhadapan dengan naik turunnya gelombang yang menghadang. Peringatan adalah persiapan. Berikut ini beberapa kesulitan umum yang mungkin akan anda hadapi.

Jalan yang Bergelombang

Tidak peduli betapa pun anda mengatakan bahwa anda termotivasi untuk berubah, tapi anda bisa merasa yakin bahwa rasa takut anda akan menyerang. Anda mungkin bukan cuma akan merasa ragu dengan usaha yang dibutuhkan untuk berubah, tapi juga merasa ragu dengan keinginan untuk menjadi berani. Kenapa?

Karena apa yang anda inginkan secara sadar mungkin bukanlah agenda utama dari keinginan bawah sadar anda. Mungkin ada sebagian dari diri anda yang tidak ingin berkembang dan harus berhadapan dengan situasi yang menakutkan, beresiko dan tidak menentu.

Mungkin anda hanya ingin masalah anda diatasi oleh orang lain atau berharap mendapatkannya tanpa harus bersusah payah, keamanan tanpa resiko, dan perubahan tanpa usaha.

Terkadang motivasi anda naik turun dalam mengejar proses perubahan. Anda mungkin merasa seolah-olah terperangkap dengan masalah yang sama dalam cara yang sama. Anda mungkin merasa gelisah, terganggu, atau tidak sabar dengan diri sendiri atau orang lain.

Anda mungkin merasa tenang dan nyaman selama satu minggu, kemudian merasa bingung tentang apakah anda sudah mengalami kemajuan. Anda mungkin berada diluar jalur. Anda mungkin merasa bahwa jalannya terlalu menanjak atau jauh, atau bahwa anda sudah mencapai titik batas dan tidak bisa pergi lebih jauh lagi.

Tenanglah. Perubahan itu rumit, dan adalah wajar bagi orang-orang untuk merasa bahwa perkembangan mereka tidak mantap atau mulus. Bahkan, jalan untuk perubahan itu lebih sering tidak rata dan mulus.

Kemunduran akan terjadi, tapi itu tidak berarti anda sudah kalah, melainkan anda cuma perlu kembali ke jalur dan tekun. Yakini prosesnya. Bersabarlah. Perubahan itu hampir selalu terjadi secara perlahan dan bertahap, sedikit demi sedikit, tidak terjadi secara sekaligus lalu mengubah diri anda untuk selama-lamanya.

Frustasi, bingung, dan ragu itu wajar. Jangan biarkan semua itu menghentikan anda untuk terus bergerak maju.

Lupakan Apa yang Sudah Anda Pelajari

Fears are educated into us and can, if we wish, be educated out.

—Karl Menninger, M.D.

Kecuali jika anda baru dilahirkan kemarin, berarti anda sepertinya harus melupakan beberapa hal yang sudah anda pelajari. Ini benar untuk hal-hal besar, misalnya melupakan respon rasa takut, dan ini juga benar untuk hal-hal kecil, misalnya mencoba makanan baru dari pada menolaknya secara otomatis.

Anda mungkin enggan untuk mengubah cara anda berpikir. Anda mungkin menjauh dari kebutuhan untuk mengubah perilaku yang telah tertanam di dalam kepribadian anda.

Tapi jauh di dalam, anda tahu bahwa jika anda terus melakukan hal yang sama dengan cara yang sama, maka anda akan selalu berakhir ditempat yang sama. Dan anda benar-benar tidak ingin terus terperangkap dalam ketakutan, betul?

Ingat, anda tidak harus merasa suka untuk melupakan cara-cara lama; anda hanya harus melakukannya. Kenapa? Karena perulangan adalah satu-satunya cara untuk berubah.

Khawatir Tentang “Kantung-kantung Ketidak tahuan”

Mungkin rasa takut anda untuk berubah itu di dasarkan pada ke khawatiran bahwa situasi-situasi baru akan mengekspose ketidak tahuan anda pada orang lain.

Dengan orang-orang baru, aktivitas-aktivitas baru, atau percakapan-percakapan baru, anda mungkin takut bahwa anda orang lain akan mengetahui betapa tidak layaknya atau tidak kompetennya diri anda sebenarnya.

Selama bertahun-tahun, saya memperhatikan bahwa semua orang—tanpa kecuali—memiliki apa yang saya sebut “kantung-kantung ketidak tahuan.” Yaitu seolah-olah anda absen selama satu minggu di kelas 3 SMP dan entah bagaimana anda tidak pernah mendapat pelajaran yang menjadi bagian dari kurikulum minggu tersebut.

Atau anda berlibur selama satu minggu hingga ketinggalan berita-berita penting, sehingga anda tidak tahu apa yang sepertinya diketahui semua orang. Mungkin anda tidak pernah mempelajari apa arti kata “paradoxical.” Atau mungkin anda tidak tahu siapa itu Luciano Pavarotti.

Atau mungkin anda tidak pernah tahu apa yang anda tidak ketahui, sampai orang lain mulai membicarakan sesuatu dan anda merasa tidak tahu apa-apa.

Dan sekarang anda merasa malu bahwa orang lain akan mengetahuinya, sehingga anda menjauhi situasi atau percakapan tertentu. Pada akhirnya, menghindar jadi suatu kebiasaan. Hingga tanpa anda sadari, anda sudah menghilangkan salah satu aspek dari kehidupan anda.

Hidup bukanlah suatu perlombaan dimana orang yang paling banyak tahu lah yang menang. Yang lebih penting itu adalah terus berkembang dan belajar. Kekalahan sebenarnya adalah saat anda sama sekali melarikan diri, takut bahwa ketidak tahuan anda akan diketahui orang lain.

Mengabaikan Apa yang Anda Ketahui Secara Tidak Sadar

Cara lain dimana anda mungkin menghalangi proses perubahan adalah dengan mengabaikan apa yang anda ketahi secara tidak sadar atau secara insting.

Saya yakin ada banyak hal yang anda ketahui, tapi anda tidak benar-benar tahu bahwa anda mengetahuinya sampai orang lain mengatakannya.

Saat anda belajar untuk menghormati pengetahuan bawah sadar, maka perubahan akan menjadi lebih mudah bagi anda, karena anda akan mampu untuk menghilangkan apa yang jadi masalah yang sebenarnya.

Gary mengatakannya dengan sangat baik saat dia menyatakan, “Ada banyak hal yang aku pelajari dalam terapi yang sudah aku ketahui tapi tidak bisa aku akses. Aku mengetahuinya pada level tidak sadar. Aku tidak benar-benar jernih atau fokus mengenai itu sampai ahli terapi ku mengungkapkannya secara terbuka.”

Kemudian dia memberikan suatu contoh. “Aku biasanya merasa tidak nyaman saat bersama adik tiri ku, tapi aku tidak pernah tahu kenapa. Ahli terapi ku mengatakan, ‘Dia terdengar seperti orang yang mengintimidasi. Saat dia mengatakan sesuatu, anda terdiam. Dugaan saya adalah anda merasa bahwa anda tidak mampu menyaingi dia.’ Begitu ahli terapi ku mengatakan itu, aku tahu bahwa itu benar.”

Begitu Gary memahami masalahnya, kerentanannya jadi berkurang. Bahkan sekalipun dia tidak melakukan apapun, tapi setidaknya dia sudah tahu apa yang terjadi, dan bisa, jika dia mau, mengembangkan suatu arah aksi untuk menghadapinya. 

Saat anda mulai mempercayai apa yang anda tahu dibawah permukaan, maka anda akan merasa perubahan itu lebih mudah.

Apakah Anda Sudah Siap?

Sekarang waktunya untuk menyingsingkan lengan baju dan mulai mempelajari skill-skill yang akan membantu anda mengendalikan rasa takut, mengalahkan ke khawatiran, dan menikmati hidup.

“Tidak ada yang akan pernah berusaha,” tulis Samuel Johnson, “jika semua kemungkinan penolakan harus lebih dulu diatasi.” Sama seperti pernyataan ini benar untuk begitu banyak aspek dari kehidupan, pernyataan ini juga benar untuk mengatasi rasa takut anda.

Anda mungkin memiliki semua jenis alasan untuk kenapa anda tidak bisa berubah. Anda tahu alasan-alasan anda. Anda terlalu sibuk. Anda tidak yakin apakah anda akan sukses. Anda tidak punya harapan. Anda khawatir tentang dampaknya. Anda takut. Tentu saja anda takut, tapi itulah kenapa anda perlu membuat komitmen.

Tapi begitu anda sudah mulai mengambil beberapa langkah pertama, maka proses perubahan sepertinya akan jauh lebih mudah dibanding saat anda berdiri di garis start tanpa suatu petunjuk untuk sukses. Melangkahlah dengan yakin. Baca terus tulisan-tulisan berikut ini!