Atasi Rasa Takut dan Cemas Anda

Rasa takut sudah ada selama ribuan tahun sejak kita mengenalnya. Nenek moyang kita yang primitif takut pada petir dan halilintar; takut pada binatang buas dan takut pada sesamanya. Rasa takut sudah ada sejak Nabi Nuh membuat bahteranya.

Kata tersebut muncul dalam kitab suci sebanyak ratusan kali. Saat negara-negara saling berperang, dunia takut konflik semakin berkembang. Ketika tidak ada perang disana, kita takut bahwa perang akan muncul di masa depan.

Diantara keduanya, kita takut para ribuan hal, besar dan kecil, yang melibatkan diri sendiri dan orang lain serta situasi dalam kehidupan sehari-hari. Padahal kita terlahir dengan hanya memiliki rasa takut terhadap dua hal, yaitu takut jatuh dan takut mendengar suara bising. Sisanya kita kembangkan sendiri.

Takut memiliki banyak bentuk. Ada yang namanya:

  • claustrophobia - takut terhadap ruang tertutup;
  • agoraphobia - takut terhadap ruang terbuka;
  • ailurophobia - takut terhadap kucing;
  • astraphobia - takut terhadap kilat dan halilintar;
  • hematophobia - takut terhadap darah;
  • acrophobia - takut terhadap ketinggian;
  • hydrophobia - takut terhadap air;
  • nucophobia - takut terhadap kegelapan;

dan yang terburuk dari semuanya adalah, takut terhadap kegagalan.

Rasa takut adalah perasaan negatif yang bisa menggagalkan setiap percobaan yang anda lakukan untuk membangun rasa percaya diri. Jika anda mengijinkan rasa takut untuk mengontrol kehidupan anda, maka akan menjadi tidak mungkin untuk menciptakan kehidupan yang benar-benar anda hasratkan.

Perbaiki, Bukannya Mengulangi, Kegagalan Anda

Dengan memberikan pemikiran-pemikiran dominan anda pada kegagalan, berarti anda berniat untuk gagal. Kegagalan itu akan menjadi semakin kuat dengan memberikannya perulangan secara konstan.

Berapa banyak waktu yang habiskan setiap hari untuk memikirkan tentang ketidak-berhasilan dan kegagalan?  Apakah anda mengatakan pada orang bahwa anda "tahu" anda akan gagal? Apakah anda sering berpikir, "Aku mengalami kegagalan yang sangat buruk," atau ribuan alasan lain kenapa anda pasti gagal?

Jenis pengulangan negatif seperti ini, jika dikombinasikan dengan pengkondisian masa kecil, membuat anda merespon tantangan dan peluang terbesar dengan mengatakan, "Aku tidak bisa!" Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketakutan kita akan kegagalan?

Pertama, kita harus mau menghadapi kegagalan. Sebelum memulai suatu usaha baru, tanyakan pada diri, "Kemungkinan terburuk seperti apa yang mungkin bisa terjadi?" Lalu persiapkan diri secara mental untuk menghadapi kegagalan yang biasa terjadi. Dan ini tidak sama dengan mengharapkan kegagalan.

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa anda harus berharap untuk gagal, sehingga membuat kegagalan pasti akan terjadi. Maksud saya adalah jika mental sudah siap, anda akan memiliki keyakinan diri untuk mampu dan sukses dalam mengatasi tantangan terbesar.

Kita merasa khawatir terhadap banyak hal, yang disebabkan karena: kita tidak hidup di masa sekarang. Coba pikirkan. Anda hanya bisa khawatir jika anda hanya fokus pada masa depan atau masa lalu. Jika anda hidup di masa kini, maka anda pasti tidak akan merasa khawatir. Tidak percaya?

Baik saya contohkan, apakah anda mengkhawatirkan detik ini? Tentu tidak, betul? Mengapa? Sederhana, karena anda sedang membaca tulisan ini, dan konsentrasi anda menghilangkan kekhawatiran anda terhadap saat ini. Itu karena pikiran tidak bisa memikirkan dua hal secara bersamaan.

Untuk mengatasi rasa takut dan khawatir itu bisa dilakukan dengan menjalani hidup hari demi hari, atau yang lebih baik lagi, waktu demi waktu. Katakan pada diri anda, "Untuk beberapa beberapa menit, jam, atau hari yang akan datang, aku akan... "

Buat sebuah pernyataan positif dan pertahankan janji anda hanya untuk periode waktu tersebut. Lupakan tentang masa depan yang lebih jauh dari itu. Jika anda hidup waktu demi waktu, maka kekhawatiran anda akan lenyap.

Rasa humor itu penting untuk dimiliki. Sebab humor adalah katup pengaman. Dia menjauhkan kita dari menjadi terlalu serius. Masalah yang dimiliki oleh sebagian besar orang adalah mereka menanggapi hidup dengan terlalu serius.

Bahkan agama juga terlalu serius. Apa yang seharusnya ringan, menyenangkan, dan menggembirakan, biasanya malah menjadi sebuah pengalaman yang menghasilkan rasa bersalah.

Dan itu mengingatkan kita pada apa yang telah kita pelajari: Jika anda bisa membuat orang lain merasa "lebih rendah dari" atau tidak berharga, maka anda bisa mengontrol mereka. Ini adalah situasi lama dari ketergantungan.

Sang Pencipta saja pasti punya rasa humor. Jika anda memperhatikan alam disekitar anda, maka tidak sulit untuk menyimpulkan bahwa sang Pencipta pasti punya rasa humor. Sang Pencipta memberikan kita rasa humor untuk meredakan ketegangan. Humor mengijinkan kita untuk menertawakan ketakutan kita.

Lagi dan lagi, hadapi apa yang paling anda takuti sehingga, pada akhirnya, ketakutan anda akan mengungkapkan siapa dia sebenarnya, yaitu sebuah ilusi. Ini membantu dalam membangun otot-otot spiritual dan emosional.

Seringkali, rasa takut itu diakibatkan karena kita lebih banyak menggunakan pikiran dibanding tubuh. Jika anda terlalu banyak berpikir dan enggan beraksi, ketakutan anda jadi semakin besar. Arahkan diri anda untuk hidup lebih aktif sehingga waktu untuk merasa khawatir jadi berkurang.

Berjalan-jalanlah untuk meredakan ketegangan. Sebuah pikiran yang terlalu aktif dan tubuh yang kurang aktif, bisa mengarah pada masalah. Saat berjalan-jalan, bawa sebuah buku. Cari tempat yang sunyi, bersantailah dan, tanpa menghiraukan sekeliling, bacalah.

Pikiran bawah sadar akan memandu anda untuk menemukan tempat yang cocok. Baca satu atau dua halaman dan kemudian pulang ke rumah. Saat diperjalanan, pikirkan apa yang baru anda baca, sehingga pikiran dan tubuh anda akan bekerja secara seimbang.

Rasa takut dimulai saat keseimbangan menghilang. Prinsip ini telah diketahui dalam pengembangan tubuh, namun sama sekali dianggap remeh dalam pengembangan pikiran dan keseimbangan.

Perubahan, Sebuah Hukum Alam

Rumah sakit jiwa penuh dengan pasien yang tidak mampu menghadapi perubahan. Orang-orang ini telah menciptakan berbagai cara untuk mencoba dan lari darinya.

Tapi ada satu hal yang jauh lebih pasti dibanding kematian dan pajak, yaitu perubahan. Tidak ada orang yang bisa menghindarinya. Jadi, kita harus belajar untuk menerima dan menyesuaikan diri dengannya.

Bahkan, perubahan itu adalah apa yang anda inginkan. Anda ingin kecantikan dalam hidup; air mineral dan bukan air sumur; mobil dan bukan gerobak; rumah dan bukan gubuk. Dan semua ini hanya bisa anda memiliki jika rasa takut sudah teratasi.

Berubah berarti mengubah cara berpikir anda. Juga kesediaan untuk membuang hal-hal seperti apa adanya mereka, dan untuk memiliki mereka seperti apa adanya mereka. Tidak ada orang lain yang bisa melakukannya untuk anda.

Perubahan Datang dengan Menjadi Berbeda

Jangan salah mengenai hal ini, jika ingin melepaskan diri dari keadaan biasa-biasa saja, maka anda harus memutuskan bahwa anda ingin menjadi berbeda. Semua orang hebat itu berbeda. Mereka berbeda dari kebanyakan. Inilah yang membuat mereka menonjol.

Anda harus punya keberanian yang cukup untuk mengatakan pada diri, "Aku tidak akan menjadi orang biasa-biasa saja. Sebab aku adalah orang yang luar biasa dengan masa depan yang luar biasa. Kehidupan yang membosankan bukanlah untuk ku." Ulangi pernyataan ini, sekarang!

Jika anda merasa lelah dan takut, itu mungkin karena tidak pernah ada petualangan dalam hidup anda. Tidak ada yang lebih buruk selain tenggelam dalam kebiasaan.

Untuk tidur ditempat tidur yang sama setiap malam, makan direstaurant yang sama, melihat orang yang sama, pergi ke tempat kerja yang sama, melakukan hal-hal yang sama setiap hari itu adalah kegilaan.

Kesamaan menghancurkan kreativitas dan mempercepat keharusan anda untuk menemui psikiater. Orang-orang yang terjebak dalam perulangan seperti ini adalah budak dari kesamaan, mereka sangat takut terhadap perubahan.

Saat anda merasa frustasi dengan rutinitas harian, ubahlah. Berubah tidak berarti mengabaikan orang lain atau merasa superior. Berubah berarti mengklaim hak untuk berbicara dan bertindak untuk diri sendiri serta melakukan apa yang perlu untuk membuat anda bahagia.

Confucius menyimpulkannya dengan cara berikut ini.

"Mereka harus sering mengubah orang yang ingin selalu berada dalam kebahagiaan."

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti memerangi perubahan. Belajarlah untuk hidup dengannya dan menikmatinya. Cuaca akan selalu berubah. Perusahaan anda akan berubah. Pemerintah akan berubah. Begitu juga dengan orang-orang disekitar anda.

Semua hal dan semua orang akan berubah, jadi kenapa memeranginya? Mengapa tidak menjadi salah satu dari mereka yang mengatakan, "Mari kita lihat apa yang bisa aku ubah untuk meningkatkan berbagai hal."

Buat perubahan yang benar. Perubahan yang benar itu selalu positif. Mulailah dengan mengubah hal-hal kecil sehari-hari sampai perubahan menjadi cara hidup.

Jangan menetap pada satu gaya hidup. Ubah perabotan atau gaya atau pakaian anda. Putar hal-hal yang ada disekitar kamar, ruangan, atau rumah anda. Jangan biarkan semuanya selalu sama. Teruslah megubah berbagai hal untuk membuatnya menarik.

Apakah anda menemukan diri menolak hal ini? Jika iya, itu karena anda merasa terancam oleh perubahan. Ingat, satu-satunya cara untuk mengatasi ketakutan adalah dengan melakukan hal-hal yang paling anda takuti. Dan itu berarti perubahan, maka anda harus berubah!

Ubah warna dan tata rias rambut anda. Cobalah beberapa makanan baru. Jika tidak puas dengan penampilan anda, pergi ke salon dan lakukan perubahan. Sebuah penampilan baru mungkin akan memperindah kepribadian anda. Kagetkan diri dan teman-teman anda dengan mengubah diri anda.

Perubahan adalah kebiasaan. Seluruh kehidupan anda dibentuk oleh kebiasaan. Sejak kecil anda sudah dilatih untuk merespon dengan cara anda. Mengubah hidup berarti mengubah kebiasaan. Terkadang itu tidak menyenangkan, namun proses mengubah kebiasaan hanya bersifat temporer.

Untuk mengatasi ketakutan terhadap perubahan, pikirkan mengenai manfaat terbesar yang akan anda terima. Konsentrasikan pada manfaatnya, dan bukan pada ketakutan atau asumsi bahwa perubahan pasti akan mengakibatkan penderitaan.

Tuliskan manfaat tersebut. Baca setiap hari dan lihat bagaimana perubahan itu menguntungkan anda. Pandanglah semua yang datang dalam kehidupan anda itu sebagai perubahan untuk mengubahnya menjadi lebih baik.

Jika anda akan dipindahkan, atau jika kantor anda ditutup, atau posisi pekerjaan anda dihilangkan, sang kekasih meninggalkan anda, anda harus pindah ke tempat lain, atau mobil anda akhirnya berhenti berjalan, dari pada berpikir negatif, lebih baik pikirkan dampak positif yang mungkin terjadi.

Jika anda berhenti menolak, menerima perubahan dan melihat ke depan untuk pengalaman baru dan lebih baik, maka sesuatu yang baik akan terjadi. Hal-hal baik akan datang saat anda sudah siap untuk berubah.