Tingkatkan Keyakinan Diri – Perangi Rasa Kurang Percaya Diri Mu

Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri?

Cukup dengan mengatakan, "Aku tidak peduli apa yang orang lain pikirkan mengenai diri ku!" Ini adalah kunci untuk menjadi orang yang percaya diri dan langkah pertama untuk meningkatkan keyakinan dan membangun rasa percaya diri.

Orang yang yakin dengan dirinya, tidak peduli terhadap apa yang dipikirkan oleh orang lain. Mereka merasa senang dengan dirinya dan menyukai siapa adanya diri mereka.

Coba ingat-ingat apa saja yang kamu sukai dari diri sendiri, atau jika perlu buat daftarnya. Misalnya, apakah kamu orang yang lucu? Apakah kamu sangat menyukai hobby mu? Apakah kamu menguasai dalam bidang olah raga atau ketrampilan tertentu? Apakah kamu punya pekerjaan dan penghasilan yang tinggi? Dan lain-lain.

Pada tahap ini, kamu mungkin tidak bisa melihat sesuatu membahagiakan yang ada di dalam diri mu. Tapi jangan takut, sesuatu akan menampakkan dirinya kepada mu. Teruslah mengingatkan diri mengenai apa yang kamu sukai dari diri mu. Itu akan membantu untuk menambah keyakinan mu, sekaligus membangun rasa percaya diri mu.

Sama seperti orang lain, aku juga terbiasa tidak punya keyakinan diri dan tidak tahu apa yang jadi penyebabnya, dan sangat-sangat perlu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Di tempat kerja, keyakinan diri ku begitu rendah sehingga aku biasanya takut untuk bertemu dengan orang-orang.

Aku takut jika aku menyapa maka mereka mungkin akan mengabaikan dan tidak mau membalas sapaan ku. Ketakutan ini sebenarnya sama sekali tidak rasional. Seberapa sering, saat kita menyapa seseorang, orang tersebut tidak mau membalasnya? Sangat jarang bukan?

Jadi, mengapa aku begitu takut mengenai hal ini, dan sekalipun itu memang terjadi, apakah itu bisa menjadi suatu masalah besar?

Tentu saja tidak. Jika kamu menyapa seseorang yang lewat dihadapan mu, lakukan dengan suara yang keras, jelas dan yakin. Jika mereka tidak mau membalas, katakan pada diri sendiri "terserah," senyum dan teruslah berjalan. Keyakinan diri mu harus diatur dengan cara ini dan kamu harus terus menantang diri sendiri untuk terus berusaha dengan aktif meningkatkan rasa percaya diri.

Salah satu cara lain untuk meningkatkan keyakinan diri adalah dengan tersenyum.

Memang, ini kedengarannya terlalu simple, tapi cara ini cukup efektif. Ini adalah cara terbaik untuk menutupi rasa percaya diri yang kurang.

Orang-orang yang tidak percaya diri, umumnya merasa sangat tidak nyaman saat berada dalam situasi publik atau sosial. Sehingga, tersenyum adalah hal terakhir yang akan mereka lakukan. Jadi, tersenyumlah pada dunia dan katakan "Hai, aku merasa nyaman dan senang berada di sini dan berinteraksi dengan orang-orang."

Pada tahap awal dari perjalanan mu untuk meningkatkan keyakinan dan membangun rasa percaya diri, tujuan utama mu adalah untuk dianggap sebagai orang yang percaya diri.

Begitu orang lain menganggap mu sebagai orang yang percaya diri, maka kamu akan melihat reaksi orang-orang terhadap mu mulai berubah, dan kamu akan melihat reaksi mu terhadap diri sendiri juga ikut berubah, sehingga membuat mu jadi makin percaya diri.

Rasa percaya diri mu tidak lenyap begitu saja dalam waktu semalam. Prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Secara tidak sadar mungkin kamu telah memprogram otak mu untuk berpikir bahwa "tidak ada orang yang menyukai ku", "Aku tidak menarik", "mengapa orang mau berbicara dengan ku?" dan lain-lain.

Itu berarti kamu harus memprogram ulang otak mu sehingga persepsi mu mengenai diri sendiri bisa berubah. Penghalang mental yang melekat di dalam pikiran mu telah mencegah mu untuk melakukan ini, dan kamu membiarkan rasa takut untuk mengendalikan diri mu.

Sebagai contoh, coba-coba ingat-ingat situasi dimana seorang cewek cantik berdiri dihadapan mu. Dalam situasi ini, otak mu mungkin diprogram untuk segera merasa tidak nyaman. Reaksi mu akan diprogram untuk menghindari kontak mata dan berusaha untuk segera mengakhiri situasi tersebut, sehingga kamu bisa kembali merasa tenang. Cewek tersebut akan pergi dan berpikir bahwa kamu tidak tertarik dengannya, tidak bersahabat, dan sangat mudah untuk dilupakan.

Pemrograman ulang dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa memberikan reaksi yang menyenangkan, misalnya dengan menyapa, tersenyum, atau membuat kontak mata dan terlibat dalam percakapan singkat. Dengan begitu, sang cewek tadi akan berpikir, "oh, ternyata dia ramah," "kata-katanya lucu", "dia benar-benar mengesankan." Jika kamu cewek, lakukan yang sebaliknya.

Ini adalah interaksi sosial yang ditujukan untuk memprogram otak mu agar bereaksi dengan cara ini. Cara yang paling efektif untuk menghilangkan penghalang mental ini adalah melalui hypnosis. Dengan memprogram ulang pikiran bawah sadar mu agar bereaksi dengan cara yang berbeda terhadap situasi ini melalui hypnosis, membuat mu bisa mempraktekkan teknik-teknik yang dicontohkan di sini.

Sangat mudah untuk berbicara mengenai teori dari teknik ini. Tapi menerapkannya adalah hal yang tersulit. Bebaskan diri mu dari kekangan rasa percaya diri yang rendah dan mulailah perjalanan mu untuk menjadi orang yang lebih percaya diri.

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keyakinan dan Membangun Rasa Percaya Diri

Kurang percaya diri itu bisa sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi semua aspek dari kehidupan mu. Misalnya pekerjaan, karir, keluarga, kehidupan pribadi, dan seterusnya.

Meski mereka tidak mengatakannya, tapi orang umumya sangat senang berada disekitar orang yang percaya diri, karena getaran yang dipancarkan oleh orang yang percaya diri itu ikut mempengaruhi mereka. Kamu memang tidak bisa mengubah bagaimana orang akan berpikir mengenai diri mu, tapi kamu pasti bisa mengubah bagaimana kamu memandang diri sendiri.

Jadi, jika kamu punya opini yang negatif mengenai diri sendiri, sediakan waktu untuk mengubahnya. Sediakan waktu untuk mencari cara agar keyakinan diri mu bisa meningkat dan mulai membangun rasa percaya diri mu.

Bagi orang yang tidak punya keyakinan diri, cara termudah untuk meningkatkannya adalah bertindak dengan yakin. Yap, hanya itu. Orang-orang disekitar mu tidak akan menyadari bahwa kamu mungkin masih merasa kurang yakin terhadap diri sendiri. Tapi keyakinan mu akan meningkat saat kamu bertindak dengan yakin.

Kamu tidak perlu berpura-pura untuk menjadi orang lain, tapi cobalah untuk menemukan versi lain dari diri mu yang punya keyakinan diri paling tinggi. Bahkan, jika perlu, cobalah untuk mengingat-ingat siapa orang yang kamu tahu yang punya keyakinan diri paling tinggi. Apa yang membuatnya begitu yakin? Cari tahu sifat mereka yang membuat mereka yakin pada diri sendiri, lalu gunakan sifat tersebut.

Cara lain untuk membangu rasa percaya diri adalah dengan berbicara pada orang lain mengenai hal-hal yang membuat mu tertarik. Cari cara untuk membicarakannya dengan mereka dan libatkan mereka dalam percakapan. Ini akan memposisikan mu jadi lebih nyaman dalam situasi yang mungkin membuat mu tidak nyaman.

Hal paling penting mengenai membangun rasa percaya diri adalah dengan membiarkan diri mu untuk membuat kesalahan. Mereka yang tidak percaya diri biasanya takut untuk membuat kesalahan, sebab mereka takut terlihat buruk di depan orang lain.

Kegagalan terjadi itu pada semua orang, dan itu bisa menjadi penyebab utama runtuhnya rasa percaya diri mu. Tapi cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan tersebut, mengatasinya, dan mencobanya lagi, dan lagi, dan lagi.

Jika kamu punya masalah dengan rasa percaya diri, langkah pertamanya adalah dengan bertindak seolah-olah diri mu adalah orang yang percaya diri, hingga pada akhirnya kamu akan benar-benar menjadi orang yang percaya diri.