11 Cara untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri

Adakah bagian dari konsep-diri mu yang tidak kamu sukai? Misalnya, apakah kamu berharap untuk ditolak oleh orang lain? Apakah kamu mengevaluasi kinerja mu dengan cara yang lebih negatif dibanding orang lain? Apakah kamu merasa terancam oleh orang yang kamu anggap lebih unggul dalam hal tertentu?

Jika jawaban mu iya pada salah satu dari pertanyaan diatas, berarti kemungkinan kamu punya rasa rendah diri. Alfred Adler (1870-1937), seorang psycholog dan pendiri dari The School of Individual Psychology menyebutnya sebagai "inferiority complex," yang dia gambarkan sebagai merasa diri tidak berharga.

Jika kamu punya masalah ini, berikut ini 11 cara untuk mengatasi rasa kurang percaya diri, merasa diri tidak berharga, perasaan rendah diri:

1. Jika rasa rendah diri mu berasal dari hubungan yang kamu jalin, maka berhentilah berhubungan dengan orang yang membuat diri mu merasa kecil, tidak berharga, tidak nyaman dengan kondisi dan posisi mu.

2. Jika penyebab rasa rendah diri mu adalah tugas di tempat kerja atau dalam fungsi sosial, berhentilah menerimanya. Ketahui keterbatasan mu dan kembangkan kemampuan mu. Tolak keinginan untuk terlibat dalam apapun hanya karena itu akan menempatkan mu sebagai pusat perhatian untuk sementara waktu tapi tidak bisa kamu jalani dengan baik

3. Jika orang-orang dengan kedudukan atau jabatan tertentu membuat mu merasa kecil, rendah diri, dan tidak berharga, hindari untuk berhubungan dekat dengan mereka. Mengapa menempatkan diri sebagai bayangan mereka? Berhubunganlah dengan orang-orang yang mendekati standard mu dan mereka yang membuat mu merasa nyaman.

4. Hargai diri sendiri, pengetahuan mu, kemampuan mu, martabat mu, dan konsep diri mu. Tolak keinginan untuk menjadi batu pijakan bagi orang lain. Bicaralah. Katakan ketidak nyamanan mu, apa yang kamu sukai, atau yang tidak kamu sukai. Lakukan lagi dan lagi, dan dalam waktu yang tidak lama, ketakutan mu untuk berbicara dan merasa rendah diri akan hilang.

5. Mencari sesuatu yang lebih tinggi itu adalah hal yang patut dilakukan, tapi lakukan itu hanya setelah kamu mempersiapkan diri, dan tidak dengan cara mengurangi rasa percaya diri dan keyakinan diri mu.

6. Jika kamu ingin menyingkirkan rasa rendah diri mu, tetaplah berada dalam batasan-batasan mu, dan jangan terlalu memaksakan diri. Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan dengan sangat baik, kerjakan hal itu dengan tekun kemudian kembangkan setinggi-tingginya.

7. Ketahuilah bahwa faktanya, kamu juga sebaik, semampu, dan sepenting atau bahkan lebih baik (tanpa harus merendahkan orang lain) dari orang-orang yang selalu berhubungan dengan mu.

8. Jika rasa rendah diri mu berasal dari perasaan yang terlalu sensitif atau terlalu mengkritik diri sendiri, itu mungkin disebabkan karena  kamu terlalu serius terhadap diri sendiri. Jangan berasumsi bahwa orang-orang akan selalu memikirkan dan membicarakan mu. Itu tidak benar. Singkirkan pemikiran-pemikiran seperti ini dan kebiasaan mu untuk selalu mengkritik diri sendiri akan lenyap.

9. Jika kamu merasa tidak di sukai atau tidak di butuhkan atau tidak di terima saat mencoba untuk berhubungan dengan orang-orang tertentu, itu mungkin karena mereka berharap terlalu banyak dari mu. Mungkin kamu mengabaikan perasaan mu sendiri dan merasa sakit hati saat orang lain tidak menyadari hal itu.

10. Jika kamu merasa sangat tidak menyukai apa yang kamu lakukan tapi tetap mencoba untuk melakukannya dengan setengah hati karena kamu takut untuk membuat perubahan, berarti kamu telah berbuat tidak adil terhadap diri sendiri dan orang lain. Lakukan perubahan yang diperlukan.

11. Jika kamu menerima saja untuk selalu berada di "posisi kedua"; jika kamu selalu merasa tidak layak untuk mendapatkan apa yang sebenarnya berhak kamu dapatkan, maka, bagaimana mungkin orang lain akan mau menghargai mu? Kamu punya kemampuan yang hanya kamu dan cuma kamu saja yang bisa mengembangkan dan memanfaatkannya.

Jika ada sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan tapi entah kenapa kamu tidak pernah berani melakukannya, lakukan sekarang! Kerjakan sekarang! Itu mungkin tidak mudah, begitu juga dengan memendamnya. Dengan mencoba dan terus mencoba, rasa ketidak mampuan mu akan lenyap dan rasa rendah diri mu akan hilang.

Konsep diri mu sering dibentuk oleh orang-orang yang ada disekitar mu, dan mempengaruhi cara diri mu memandang diri sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Jika kamu merasa rendah diri terhadap orang lain, gunakan 11 cara diatas untuk mengubah konsep diri mu.

Tingkatkan perasaan merasa diri berharga. Dapatkan keyakinan diri saat berinteraksi dengan orang lain. Kalahkan rasa rendah diri mu!