Ramuan Pemutih Kulit Tradisional

Memiliki warna kulit yang cantik, cerah dan merata, adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Akan tetapi sayangnya, hampir semua orang pasti akan berhadapan dengan yang namanya masalah kulit.

Masalah ini ada yang datang dari proses alami, misalnya mengalami penuaan. Atau datang akibat dari kerusakan yang di timbulkan oleh sinar matahari dan polusi.

Menggelapnya warna kulit adalah akibat dari melanin yang menumpuk, yaitu pigmen yang membuat kulit menjadi tampak gelap.

Pigmen ini di produksi oleh kulit demi memberi perlindungan terhadap radiasi dari sinar ultraviolet.

Untuk mengatasi masalah kulit yang menjadi gelap, atau untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda, kita cenderung untuk bergantung pada produk kemersial misalnya cream pemutih, lotion atau bleach.

Itu membuat kita jadi kurang menyadari fakta bahwa sebenarnya ada banyak bahan lain yang juga efektf jika di gunakan untuk membuat ramuan pemutih kulit yang aman dan efektif.

Nah, berikut ini beberapa contoh ramuan pemutih kulit yang bisa di buat sendiri di rumah:

  • Lemon adalah natural bleach yang bisa mencerahkan kulit. Untuk memutihkan kulit, gunakan jus lemon atau campurkan dengan mawar air. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah, diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Selain itu, jus lemon juga bisa di campur dengan madu, minyak almond, dan susu bubuk.
  • Bubur gandum dan curd adalah dua bahan yang sangat penting. Campurkan keduanya secara merata. Tambahkan jus tomat agar lebih efektif. Usapkan dengan lembut pada wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bersihkan dengan air.
  • Campurkan cuka dengan air dalam jumlah yang sama. Ratakan pada kulit, diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bersihkan.
  • Buat pasta yang terdiri dari kayu cendana, lemon dan tomat. Biarkan mengering pada kulit sebelum di bersihkan.
  • Untuk memperbaiki kerusakan kulit yang di akibatkan oleh sinar matahari, gunakan bubuk kunyit dan jus lemon.
  • Salah bahan pemutih kulit yang paling mudah di gunakan adalah kentang. Tempatkan beberapa potong kentang mentah pada wajah selama beberapa menit. Kentang sangat efektif untuk memperbaiki pigmentasi dan kulit yang bernoda.
  • Buat pasta dari campuran antara tanah dengan madu. Ratakan pada wajah dan biarkan mengering. Lalu bersihkan dengan air. Selain madu, susu juga dapat di gunakan.
  • Giling beberapa potong kulit jeruk, keringkan di bawah sinar matahari dan tambahkan susu untuk membuat pasta. Ratakan pada wajah, dan diamkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bersihkan. Ramuan ini bukan cuma akan memutihkan kulit. Tapi juga akan membantu menghilangkan noda di kulit.
Itu tadi beberapa contoh ramuan pemutih kulit yang sederhana dan mudah di buat di rumah.

Bahan-bahan seperti minyak almond, madu dan susu, sangat efektif jika di gunakan untuk melembabkan kulit dan menghilangkan masalah-masalah yang berhubungan dengan kulit kering.

Sertakan ramuan-ramuan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit, agar kulit tampak lembih cerah, muda dan bersinar. Akan tetapi, perawatan kulit natural atau penggunaan bahan-bahan alami ini saja belum cukup untuk membuat kulit tampak lebih cantik.

Semua itu masih harus di lengkapi dengan diet yang seimbang, yang banyak menyertakan buah dan sayuran segar. Minum air yang cukup juga sangat membantu, karena air berfungsi untuk melembabkan kulit, dan membuang bahan-bahan beracun yang ada di dalam tubuh.