Bagaimana Cara Menemukan Kecantikan Alami Melalui Bentuk Wajah?

Pernahkah anda menginginkan model rambut yang baru-baru anda lihat, tapi takut bentuk wajah anda tidak cocok dengan gaya rambut tersebut?

Nah, melalui tulisan ini kita akan mencari tahu bagaimana mendefenisikan bentuk wajah, dan mengekspresikan kecantikan alami anda dengan gaya rambut yang sesuai.

Bentuk wajah adalah point yang paling penting dalam menentukan gaya rambut.

Jika potongan rambut anda tidak sesuai dengan bentuk wajah anda, berarti anda telah mengambil resiko yang bisa merusak penampilan anda.

Bentuk wajah, juga sangat menentukan dalam gaya rambut sedu. Karena bentuk wajahnya, Jennifer Aniston hanya menggunakan gaya rambut panjang yang berlapis, dan Jennifer Lopez tampak serasi dengan gaya rambutnya yang bersanggul.

Jadi, jika anda ingin benar-benar terlihat cantik dengan gaya rambut sedu, berarti anda harus menentukan bentuk wajah anda terlebih dulu.

Berikut ini beberapa cara untuk menentukan bentuk wajah:
  1. Tanyakan pada orang lain mengenai definisi bentuk wajah anda. Metode ini membutuhkan trik tersendiri, karena memang sulit menebak bentuk wajah melalui penglihatan mata. Hanya mereka yang benar-benar memiliki keahlian yang bisa melakukannya.
  2. Coba gunakan bentuk pony dan gambar bentuk wajah anda dengan lipstik di kaca. Metode ini memang tidak selalu akurat, karena cermin bisa mengaburkan bentuk wajah anda yang sesungguhnya.
  3. Yang terakhir, anda bisa mengukur wajah anda menggunakan beberapa parameter. Cara ini merupakan cara yang paling baik untuk mendefinisiskan bentuk wajah anda. Dengan data dan angka, anda bisa menemukan bentuk wajah anda yang sesungguhnya.
Untuk mengukur wajah anda, gunakan langkah-langkah berikut ini:
  1. Ukur wajah anda dari dahi ke leher.
  2. Ukur bagian rahang, dari bagian yang paling lebar di sebelah kiri, kebagian yang paling lebar di sebelah kanan.
  3. Ukur bagian dahi dari bagian yang paling lebar. Bagian itu umumnya berada di antara alis dan batas rambut.
  4. Ukur wajah anda dari batas rambut bagian atas sampai ke dagu.
  5. Tuliskan semua ukuran tersebut pada kertas yang terpisah agar anda tidak mencampurkannya dengan perhitungan lain.
Nah, sekarang waktunya untuk mendefinisikan bentuk wajah:
  • Wajah berbentuk oval umumnya memiliki panjang yang sama rata, dan ukurannya setengah dari lebar.
  • Wajah berbentuk bulat memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama.
  • Wajah berbentuk persegi memiliki ukuran panjang yang lebih besar dari ukuran lebar.
  • Wajah berbentuk hati memiliki ukuran yang kecil di bagian rahang dan besar di bagian pipi atau dahi.
  • Wajah berbentuk kotak memiliki ukuran panjang dan lebar yang seimbang.
  • Wajah berbentuk segitiga memiliki ukuran yang besar di bagian rahang dan mengecil di bagian pipi.
  • Wajah berbentuk permata memiliki ukuran yang lebar di bagian pipi, dan mengecil di bagian dahi, dan ukuran rahang seimbang dengan dahi.
Nah, itu tadi cara untuk menentukan bentuk wajah menggunakan beberapa parameter. Tapi tentu saja, cara ini tidak menjamin akan memberikan hasil yang 100% akurat. Karena memang tidak mungkin untuk menentukan bentuk wajah secara akurat.

Untuk menentukan bentuk wajah, para pakar kecantikan umumnya menggunakan teknik pencampuran bentuk wajah. Misalnya, aktris Lindsay Lohan yang wajahnya berbentuk oval, dan memiliki beberapa fitur yang mengarah ke bentuk kotak.

Saat anda sudah yakin mengenai ukuran panjang dan lebar dahi, pipi, dan dagu, penata rambut akan bisa mendefinisikan bentuk dari wajah anda, dan setelah itu, dia bisa memutuskan potongan rambut seperti apa yang cocok untuk anda.

Berikut ini beberapa bentuk wajah dari aktris ternama:
  • Oval: Britney Spears, Angelina Jolie, Hillary Duff, Paris Hilton, Jessica Alba, Jennifer Aniston, Emma Watson, Pamela Anderson;
  • Kotak: Jessica Simpson;
  • Hati: Jennifer Lopez;
  • Oval ke arah segitiga: Halle Berry, Carmen Electra.
Untuk mendefinisikan gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, ikuti beberapa aturan berikut ini:
  1. Jika wajah anda berbentuk oval atau permata, hindari terlalu banyak menutupi wajah dengan rambut. Jika tidak, maka anda beresiko kehilangan bagian terbaik dari wajah anda.
  2. Bagian tengah adalah bagian yang kurang baik pada wajah yang berbentuk persegi, bulat, hati, dan segitiga. Akan lebih baik jika anda lebih menonjolkan bagian yang lain.
  3. Wajah yang berbentuk bulat, kotak, dan hati, akan tampak kurang menarik dengan gaya rambut pendek yang menonjolkan wajah bagian atas.
  4. Wajah berbentuk segitiga akan tampak sempurna dengan potongan rambut pendek, karena akan menonjolkan bagian mata dan menyembunyikan bagian rahang yang lebar.
  5. Wajah berbentuk kotak akan terlihat lebih baik dengan gaya rambut berlapis, dari potongan pendek sampai menengah.
  6. Wajah berbentuk bulat dan kotak juga akan terlihat cantik dengan gaya rambut yang tinggi dan sedikit bergelombang, karena akan membuat wajah anda terlihat lebih panjang.
Tapi tentu saja, cara terbaik untuk menentukan gaya rambut adalah dengan cara memiliki photo dari selebritis yang menjadi favorit. Tapi pastikan bahwa bentuk wajah anda, sama dengan selebritis tersebut.
Trik-trik sederhana ini sebenarnya mudah dilakukan, itu jika anda benar-benar ingin mendapatkan gaya rambut yang paling sesuai.

Dan dengan mengetahui bentuk wajah, anda juga akan tahu cara terbaik untuk mengekspresikan kecantikan alami yang anda miliki. Jadi, gunakan trik-trik sederhana ini saat ingin mencari gaya rambut yang paling cocok.